misa.lagu-gereja.com
 

Mengenal Katolik

BULAN-BULAN BERDEVOSI & Hari-Hari Kudus KATOLIK

Perziarahan Gereja selama  2000 tahun tidak terlepas dari praktik kesalehan umat setempat. Gereja memandangnya sebagai suatu yang baik dan dapat menumbuhkan semangat beriman. Gereja Katolik yang Kudus mendedikasikan bulan januari  sampai bulan desember kepada Allah dan Para Kudus  guna menghayati karya penyelamatan Allah lewat devosi - devosi pada bulan tertentu.

* Bulan Januari


Menurut kalender Liturgi Tradisional - Misale Romanum 1962 (Oleh Paus St. Yohanes XXIII), peringatan wajib ini dirayakan pada tanggal 2 Januari. Peringatan ini sempat dihapus dalam pembaharuan liturgi (Misa Novus Ordo). Bulan maret 2002 peringatan wajib ini dimasukkan kembali sebagai peringatan fakultatif dan diperingati pada tanggal 3 Januari

Devosi kepada Nama Kudus berakar dalam Kitab Suci, terutama dalam Kisah Para Rasul. Devosi ini dipromosikan secara khusus oleh St Bernard, St. Bernardinus dari Siena, St. Yohanes Capistrano dan oleh Ordo Fransiskan. Diperluas ke seluruh Gereja pada tahun 1727 selama kepausan  Innocent XIII. Bulan Januari secara tradisional  didedikasikan untuk Nama Yesus.

* Bulan Februari



Februari - Keluarga Kudus Yesus Maria Yosep
Bulan februari didedikasikan untuk Keluarga Kudus Yesus Maria Yosep. Devosi Keluarga Kudus ini dimulai pada abad ke- 17. Devosi ini dimulai di Kanada dan Prancis: Asosiasi Keluarga Kudus didirikan di Montreal tahun 1663, dan oleh Putri Keluarga Kudus di Paris tahun 1674. Devosi ini tersebar dan pada tahun 1893, Paus Leo XIII merestui devosi ini. Pesta ini disambut baik  sebagai sarana efektif untuk membawa orang - orang Kristen mencontohi Keluarga Kudus Nazaret, dan pemulihan semangat kehidupan keluarga.

Dalam kata-kata Paus Leo XIII, "Tidak ada yang benar-benar bisa lebih baik atau ampuh bagi keluarga Kristen untuk merenungkan kehidupan Keluarga Kudus, yang mencakup kesempurnaan dan kelengkapan semua kebajikan dalam berumah tangga."

* Bulan Maret


Bulan Maret didedikasikan untuk St. Yosep. Tanggal 19 maret sepanjang tahun, Gereja merayakan Pesta St. Yosep yang diyakini sebagai hari kematiannya. Pesta ini ditetapkan pada abad ke-15 dan diperluas ke seluruh Gereja oleh Paus Gregorius XV pada tahun 1621. Pada 8 Desember 1870, Paus Pius IX menaikkan tingkat perayaan dari tingkat pesta menjadi Hari Raya.

* Bulan April


Gereja Katolik mendedikasikan bulan april untuk Sakramen Maha Kudus. Sejak abad ke - 16, Umat Katolik telah melakukan kesalehan seluruh hari dalam bulan untuk ibadat khusus. Gereja tradisional mendorong di bulan april untuk meningkatkan devosi kepada Yesus dalam Ekaristi kudus. "Dalam Ekaristi, Putera Allah datang untuk menjumpai kita dan menghendaki untuk menjadi satu dengan kita. Adorasi Ekaristi adalah konsekuensi yang kodrati dari perayaan Ekaristi, yang adalah ibadah Adorasi tertinggi bagi Gereja. Menerima Ekaristi artinya menyembah Dia yang kita terima. Hanya dengan cara ini kita menjadi satu dengan Dia, dan kita diberikan, seolah-olah, kesempatan mencicipi keindahan liturgi surgawi. Ibadah Adorasi di luar Misa memperpanjang dan memperdalam semua yang terjadi di sepanjang perayaan liturgi itu sendiri. Sungguh, hanya dalam penyembahanlah, penerimaan yang mendalam dan tulus akan bertumbuh dewasa. Perjumpaan pribadi dengan Tuhanlah yang memperkuat misi sosial yang terkandung dalam Ekaristi, yang meruntuhkan tidak saja dinding-dinding yang memisahkan Allah dengan diri kita, tetapi juga dan secara khusus, dinding-dinding yang memisahkan kita satu sama lain." (SC, 66) - Paus Benediktus XVI

* Bulan Mei



Gereja Katolik mendedikasikan bulan Mei untuk Bunda Maria. Pada tahun 1809, Paus Pius VII ditangkap oleh para serdadu Napoleon, dan dipenjara. Di dalam penjara, Paus memohon dukungan doa Bunda Maria, agar ia dapat dibebaskan dari penjara. Paus berjanji bahwa jika ia dibebaskan, maka ia akan mendedikasikan perayaan untuk menghormati Bunda Maria. Lima tahun kemudian, pada tanggal 24 Mei, Bapa Paus dibebaskan, dan ia dapat kembali ke Roma. Tahun berikutnya ia mengumumkan hari perayaan Bunda Maria, Penolong umat Kristen. Demikianlah devosi kepada Bunda Maria semakin dikenal, dan ketika Paus Pius IX mengumumkan dogma "Immaculate Conception/ Bunda Maria yang dikandung tidak bernoda" pada tahun 1854, devosi bulan Mei sebagai bulan Maria telah dikenal oleh Gereja universal.

* Bulan Juni


Bulan Juni didedikasikan untuk Hati Kudus Yesus. Gereja merayakan Pesta Hati Kudus Yesus pada hari Jumat setelah Minggu kedua setelah Pentakosta. Selain perayaan liturgi, banyak devosi yang berhubungan dengan Hati Kudus Yesus. Dari semua devosi, devosi kepada Hati Kudus itu, dan tetap, salah satu yang paling luas dan populer di Gereja.

Dipahami dalam terang Kitab Suci, istilah "Hati Kudus Yesus" menunjukkan seluruh misteri Kristus, totalitas keberadaannya, dan pribadi-Nya yang paling intim penting: Anak Allah, kebijaksanaan diciptakan; amal yang tak terbatas, pokok keselamatan dan pengudusan umat manusia. Hati Kudus adalah Kristus, Firman yang menjelma, Juruselamat, intrinsik mengandung, dalam Roh, kasih ilahi-manusia yang tak terbatas untuk Bapa dan saudara-saudaranya.

* Bulan Juli


Bulan juli didedikasikan untuk Darah Mulia. Pesta Darah Mulia Tuhan kita disahkan pada tahun 1849 oleh Paus Pius IX. Para Bapa Gereja mengatakan bahwa Gereja lahir dari sisi luka Kristus, dan bahwa sakramen-sakramen yang melahirkan melalui Darah-Nya.

"Bapa yang kekal, ku persembahkan kepadaMu tubuh dan darah, jiwa dan Keallahan Putera-Mu yang terkasih Tuhan kami Yesus Kristus sebagai perdamaian untuk dosa kami dan seluruh dunia" - Doa Koronka

* Bulan Agustus


Gereja mendedikasikan bulan agustus untuk Hati Maria yang tidak bernoda. Sejak abad ke - 16, praktik kesalehan dilakukan secara khusus di bulan agustus dalam ibadat khusus. Devosi ini juga diterima oleh Visioner dari Fatima yang bernama Lucia di biara Tuy, Spanyol pada tagyb 1925 dan 1926. Bunda Maria meminta praktek sabtu pertama dalam bulan untuk membantu menebus pelanggaran yang dilakukan terhadap hatinya dengan hujatan dan tidak berterima kasih oleh manusia. Pada tanggal 31 Oktober 21942, Paus Pius XII mengkonsekrasikan Gereja dan seluruh dunia kepada Hati Maria yang tidak bernoda.

* Bulan September


Gereja mendedikasikan bulan September untuk tujuh duka Bunda Maria. "Maria adalah Ratu Para Martir, oleh karena kemartirannya jauh lebih lama dan lebih dahsyat dari yang diderita semua martir lainnya." Oleh St. Alfonsus Maria de Liguori.

Tujuh duka Bunda Maria:
    Dukacita Pertama: Nubuat Nabi Simeon
    Dukacita Kedua: Melarikan Yesus ke Mesir
    Dukacita Ketiga: Hilangnya Yesus di Bait Allah
    Dukacita Keempat: Perjumpaan Bunda Maria dengan Yesus saat Ia Menjalani Hukuman Mati
    Dukacita Kelima: Yesus Wafat
    Dukacita Keenam: Lambung Yesus Ditikam dan Jenazah-Nya Diturunkan dari Salib
    Dukacita Ketujuh: Yesus Dimakamkan

* Bulan Oktober


Gereja Katolik mendedikasikan bulan oktober sebagai bulan Rosario suci. Dalam tahun 1571 sebuah armada Turki yang luar biasa besar berlayar menuju Eropa. Sasarannya menaklukkan Kota Abadi Roma. Dari pihak Eropa dikerahkan sebuah armada gabungan, namun kecil jumlahnya dan sederhana persenjataannya, dipimpin oleh Don Yuan dari Austria. Waktu itu Pimpinan Gereja tertinggi adalah Paus Pius V. Beliau menyerukan kepada semua orang Katolik di Eropa untuk memohon bantuan Bunda Allah dengan gelarnya Pertolongan Orang Kristen dengan berdoa rosario tanpa henti. Dalam saat-saat yang amat kritis, pada saat pertempuran berat sebelah dan armada Kristen tak berdaya, tiba-tiba angin yang amat besar datang dan bertiup menerjang armada Turki. Armada yang kuat itu tenggelam dan hancur berantakan. Kemudian utusan Don Yuan tiba di Roma membawa berita gembira tersebut tanggal 7 Oktober 1571. Satu hari penuh dipersembahkan untuk menghormati Bunda Maria Bunda Segala Kemenangan. Tahun berikutnya 7 Oktober ditetapkan sebagai Pesta Ratu Rosario Yang Tersuci. Pada tahun 1815, seruan Santa Perawan Maria Pertolongan Orang Kristen ditambahkan dalam Litani Bunda Maria dari Loretto.

* Bulan November


Bulan November didedikasikan untuk jiwa - jiwa Kudus di Api penyucian. Gereja memperingati semua anak setia yang telah berpulang dari kehidupan ini, tetapi belum mencapai sukacita surgawi.  Gereja selalu mengajarkan kita untuk berdoa bagi orang-orang yang telah pergi ke dalam kekekalan. Bahkan dalam Perjanjian Lama doa dan sedekah yang dipersembahkan  bagi jiwa-jiwa orang mati telah dipraktekkan (Kitab 2 Makabe 12: 38-45)

* Bulan Desember



Gereja mendedikasikan bulan Desember untuk Bunda Maria yang dikandung tanpa noda. Tepatnya pada tanggal 8 Desember Gereja merayakannya secara meriah. Bunda Maria dikandung tanpa noda karena Allah mengkehendaki  takhta diriNya suci, sebab Ia adalah suci.



Hari-Hari Kudus:

-Minggu:Tri Tunggal Yang Maha Kudus hal ini menunjukkan bahwa hari Minggu merupakan
                 Hari Tuhan sehingga sebaiknya kita gunakan untuk menghormati Tri Tunggal Kudus
                 dengan mengikuti ekaristi,adorasi,devosi,dan lain sebagainya.

-Senin:Roh Kudus maksudnya adalah agar kita ingat pada Roh yang selalu membimbing kita
            terutama pada saat bekerja dan bergaul.

-Selasa:Para Kudus dan Malaikat hal ini bertujuan untuk mengingatkan kita bahwa kita punya
             sosok inspiratif dan pelindung kita di dunia yang telah sukses menjadi anak Allah dan
             Pelayan Allah yaitu para Kudus dan Malaikat Pelindung. Sebaiknya kita melakukan devosi
             atau sekedar berdoa.

-Rabu:Santo Yusuf sebagai pendamping dari Bunda Maria dan menjadi sosok yang tetap teguh
            dan setia mendampingi bunda Maria meskipun dia bukan istrinya demi menjalankan firman
            dan rencana Tuhan. Santo Yusuf dapat kita jadikan sebagai pengantara devosi atau Novena
            untuk menghantarkan doa kita pada Tuhan.

-Kamis:Sakramen Maha Kudus sebagai tubuh Tuhan dalam rupa Roti maka Hosti atau Sakramen
              Maha Kudus adalah sesuatu yang wajib kita hormati. Biasanya dilakukan dengan adorasi,
              Novena,Devosi,dan lain-lain

-Jumat:Hati Yesus Yang Maha Kudus hari yang diyakini sebagai hari dimana Tuhan
              mengorbankan nyawa-Nya demi menebus dosa kita memang pantas dirayakan. Pada hari
              Jumat Biasanya dilakukan jalan salib,koronka,rosario,devosi kepada Hati Yesus,maupun
              Novena.

-Sabtu:Santa Maria sebagai Bunda Allah, maka layak sudah kita memberikan penghormatan pada
             sosok yang mau mengandung dan melahirkan seorang anak meskipun ia belum menikah
             demi menjalankan perintah Tuhan ini. Doa yang biasa didoakan untuk menghormati Bunda
             Maria adalah rosario,Novena,dan devosi.


Bulan-Bulan Kudus:

-Januari: Nama Yesus sungguh baik apabila kita mengawali tahun dengan mengingat Nama Tuhan
  kita yang telah lahir di dunia dan mau menjadi manusia dan menebus dosa kita.Maka Gereja
  menjadikan Bulan Januari sebagai bulan untuk menghormati Nama Yesus

-Februari: Sengsara Yesus awal masa prapaskah (Rabu Abu) yang biasanya berada pada bulan
  Februari menjadikan bulan Februari sebagai bulan dimana kita mengenang betapa besar
  Kasih Allah pada manusia.

-Maret: Santo Yusuf bulan yang penuh kasih akan menjadi lebih indah apabila kita dapat mengingat  kasih Santo Yusuf kepada Maria istrinya agar Maria tidak di kucilkan dan membantunya
 menjalankan rencana Tuhan.

-April: Sakramen Maha Kudus bulan April oleh gereja Katolik di persembahkan kepada Sakramen
  Maha Kudus agar kita dapat menghormati Tubuh Tuhan dalam Rupa Roti yang kita makan
  pada setiap komuni pada perayaan Ekaristi.

-Mei: Santa Perawan Maria pada awalnya bulan Mei merupakan bulan pemujaan pada dewa-dewi  namun semenjak banyaknya pengikut Kristus maka bulan mei berganti alih menjadi bulan untuk menghormati Santa Perawan Maria sebagai Bunda Allah.

-Juni: Hati Kudus Yesus pada pertengahan tahun kita diingatkan kembali akan Tuhan kita terlebih
 pada Hati Kudus-Nya yang tak pernah ternodai dosa bahkan ketika menjadi manusia.

-Juli: Tubuh dan Darah Tuhan Yesus sebagai pengingat bahwa Tuhan telah memberikan tubuh
 dan Darah-Nya kepada kita sebagai lambang keselamatan yang dapat kita kenang kembali pada perayaan Ekaristi.

-Agustus: Hati Tersuci Santa Perawan Maria bulan Agustus oleh Gereja dipersembahkan untuk devosi kepada Hati tersuci Maria yang mau menemani Yesus anaknya dalam kondisi apapun.

-September: Santa Perawan Maria Berduka Cita bunda Maria adalah manusia yang memiliki banyak penderitaan sebagai contoh 9 duka Maria yang pada saat itu merupakan beban yang sangat berat namun ia tetap menjalankan perintah Tuhan bagaimanapun keadaannya.

-Oktober: Rosario Suci salah satu doa khas umat Katolik ini menjadi kegiatan yang sebaiknya wajib pada bulan ini meskipun tidak harus setiap hari, tetapi minimal kita ingat akan berdoa rosario .

-November: Jiwa-Jiwa di Purgatorium purgatorium atau api penyucian adalah tempat dimana jiwa-jiwa manusia di bersihkan dari dosa agar pantas masuk kedalam kerajaan Allah. Oleh sebab itu, untuk mendukung dan membantu saudara-saudara kita, maka sebaiknya dalam bulan november kita mendoakan mereka yang masih di Api Penyucian.

-Desember: Kanak-Kanak Yesus saat dimana Tuhan mau menjadi manusia adalah saat yang menunjukkan betapa besar kasih Tuhan pada manusia. Oleh sebab itu, pada bulan desember kita menghormati Kanak-Kanak Yesus yang datang ke dunia.





Daftar Label dari Kategori Mengenal Katolik
Agustus - Hati Maria Yang Tidak Bernoda(3)
April - Sakramen Maha Kudus (6)
Bulan Katekese Liturgi(5)
Bulan November - Jiwa-jiwa Kudus di Api penyucian(4)
Bulan Oktober - Bulan Rosario suci(4)
Desember - Bunda Maria yang dikandung tanpa noda(4)
Februari - Keluarga Kudus Yesus Maria Yosep(5)
Ibadah(1)
Januari - Bulan menghormati Nama Yesus(5)
Juli - Darah Mulia(2)
Juni - Hati Kudus Yesus(10)
Maret - Pesta St. Yosep(3)
Mei - Bulan Maria(8)
Penutup Bulan Rosario(1)
Peringatan Arwah(2)
Rabu Abu(1)
SEPTEMBER - TUJUH DUKA MARIA(7)




Nama-Nama Bayi Katolik Terlengkap

Kalender Liturgi Katolik Juli 2022 dan Saran Nyanyian


Orang Kudus Katolik Dirayakan Juli

MAZMUR TANGGAPAN & BAIT PENGANTAR INJIL
- PRAPASKAH
- TRIHARI
- PASKAH




Arsip Mengenal Katolik..






Jadwal Misa Gereja Seluruh Indonesia
1. Map/Peta Gereja Katolik di Jakarta
2. Map/Peta Gereja Katolik di Surabaya
3. Map/Peta Gereja Katolik di Makassar
4. Map/Peta Gereja Katolik di Bandung
5. Map/Peta Gereja Katolik di Medan
6. Map/Peta Gereja Katolik di Depok
Agustus - Hati Maria Yang Tidak Bernoda(3)
April - Sakramen Maha Kudus (6)
Bulan Katekese Liturgi(5)
Bulan November - Jiwa-jiwa Kudus di Api penyucian(4)
Bulan Oktober - Bulan Rosario suci(4)
Desember - Bunda Maria yang dikandung tanpa noda(4)
Februari - Keluarga Kudus Yesus Maria Yosep(5)
Ibadah(1)
Januari - Bulan menghormati Nama Yesus(5)
Juli - Darah Mulia(2)
Juni - Hati Kudus Yesus(10)
Maret - Pesta St. Yosep(3)
Mei - Bulan Maria(8)
Penutup Bulan Rosario(1)
Peringatan Arwah(2)
Rabu Abu(1)
SEPTEMBER - TUJUH DUKA MARIA(7)


  • Vatikan
  • K W I
  • Keuskupan Bogor
  • Keuskupan Jakarta
  • Katedral Bandung
  • Keuskupan Semarang
  • Keuskupan Malang
  • Keuskupan Sibolga
  • Keuskupan Tj. Karang
  • Keuskupan Sintang
  • Keuskupan Jayapura

  • Hierarchy: Catholic Hierarchy
  • Hierarchy: Giga Catholic
  • Hierarchy: The See of Peter (EWTN)
  • Liturgy: Catholic Liturgical Library
  • Music: MusicaSacra
  • Music: Ordinarium Gregorian
  • Music: Gregorian untuk Misa
  • Music: Cantemus Domino
  • Society: Adoremus
  • Society: FSSP
  • Society: Opus Dei
  • Society: OSB Norcia
  • Society: Una Voce America
  • Vatican: Kitab Suci Bahasa Latin
  • Vatican: Official Newspaper
  • Vatican: Official Online Bookstore
  • Vatican: Official Photographer
  • Vatican: Official Radio
  • Vatican: Official Television
  • Vatican: Official Website
  • Vatican: Official YouTube