misa.lagu-gereja.com        
 
Minggu, 29 Mei 2022
HARI MINGGU PASKAH VII
Hari Minggu Komunikasi Sedunia
Kis. 7:55-60; Mzm. 97:1,2b,6,7c,9; Why. 22:12-14,16-17,20;
Yohanes 17:20-26
BcO Kis. 24:1-6,8b-27
Warna Liturgi Putih
MT/BPI Edisi Baru: 134, 956 Lama: 836, 956
Saran Nyanyian: PS 428, 551, 617, 618, 619, 620

Daily Reading for Sunday May 29, 2022
Reading 1, Acts 7:55-60
Responsorial Psalm, Psalms 97:1-2, 6-7, 9
Gospel, John 17:20-26
Reading 2, Revelation 22:12-14, 16-17, 20

Gospel, John 17:20-26
-----------------------------
17:20 "I do not pray for these alone, but also for those who will believe in Me through their word;
17:21 "that they all may be one, as You, Father, [are] in Me, and I in You; that they also may be one in Us, that the world may believe that You sent Me.
17:22 "And the glory which You gave Me I have given them, that they may be one just as We are one:
17:23 "I in them, and You in Me; that they may be made perfect in one, and that the world may know that You have sent Me, and have loved them as You have loved Me.
17:24 "Father, I desire that they also whom You gave Me may be with Me where I am, that they may behold My glory which You have given Me; for You loved Me before the foundation of the world.
17:25 "O righteous Father! The world has not known You, but I have known You; and these have known that You sent Me.
17:26 "And I have declared to them Your name, and will declare [it], that the love with which You loved Me may be in them, and I in them."

Yohanes 17:20-26
-----------------------------
Bahasa Kupang, NTT:
Tuhan Yesus sambayang kasi sang samua orang parcaya
20Yesus sambayang tamba, bilang, “Beta sambayang bukan cuma kasi sang dong yang ada sakarang sa. Ma Beta ju sambayang kasi sang orang yang nanti parcaya sang Beta, tagal ini orang dong pung omong.
21Bapa. Beta minta ko dong samua bisa ta'ika jadi satu, sama ke Kotong ju ta'ika jadi satu. Beta ju mau ko dong ta'ika jadi satu deng Kotong, ko biar orang laen di ini dunya bisa parcaya, bilang, Bapa sandiri yang su utus sang Beta. 22Bapa su kasi tunju Beta pung hebat sang orang dong. Ais, Beta su angka tinggi-tinggi sang dong, sama ke Beta. Deng bagitu, dong ta'ika jadi satu, sama ke Kotong ju ta'ika jadi satu. 23Beta ta'ika deng dong. Bapa ju ta'ika deng Beta. Dong musti ta'ika jadi satu bagitu, sampe dong idop satu hati deng batúl. Te kalo dong idop satu hati bagitu, orang laen di ini dunya nanti dapa tau, bilang, Bapa yang sayang sang dong, sama ke Bapa sayang sang Beta. Deng bagitu dong ju tau, bilang, Bapa yang utus sang Beta.
24Bapa. Beta kapingin ko samua orang yang Bapa su sarakan sang Beta tu, ada sama-sama deng Beta. Te Beta mau ko dong bisa lia Bapa angka tinggi-tinggi sang Beta. Te Bapa su sayang memang sang Beta, waktu Kotong balóm bekin ini dunya.
25Bapa Bo'i pung hati lurus. Ma orang di ini dunya dong sonde kanál sang Bapa. Beta yang kanál sang Bapa. Deng Beta pung orang dong ju tau, bilang, Bapa yang utus sang Beta datang di ini dunya. 26Beta su kasi tau sang dong, Bapa tu, Sapa. Deng Beta nanti kasi tau tarús sang dong bagitu, tagal Beta mau ko dong bisa rasa batúl Bapa pung sayang. Te itu sayang yang dong rasa tu, sama ke Bapa pung sayang yang Bapa kasi sang Beta. Ko biar Beta ta'ika tarús deng dong.”

Bahasa Indonesia:
17:20 Dan bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka; 17:21 supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku. 17:22 Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu: 17:23 Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku. 17:24 Ya Bapa, Aku mau supaya, di manapun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku, mereka yang telah Engkau berikan kepada-Ku, agar mereka memandang kemuliaan-Ku yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab Engkau telah mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan. 17:25 Ya Bapa yang adil, memang dunia tidak mengenal Engkau, tetapi Aku mengenal Engkau, dan mereka ini tahu, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku; 17:26 dan Aku telah memberitahukan nama-Mu kepada mereka dan Aku akan memberitahukannya, supaya kasih yang Engkau berikan kepada-Ku ada di dalam mereka dan Aku di dalam mereka."  

Penjelasan:



* Yoh 17:20-21 - DI DALAM KITA
Doa itu meluas hingga mencakup orang-orang yang mau percaya karena kesaksian orang-orang ini (bdg. 10:16: Kis. 18:10). iman merupakan syarat yang diperlukan untuk menikmati hidup dari Allah dan karena itu juga untuk memasuki kesatuan yang mula-mula terdapat di dalam ke-Allahan dan kemudian di dalam Tubuh Kristus, yaitu Gereja. Kesatuan itu pada dasarnya bersifat pribadi - di dalam kita. Efeknya ialah mendatangkan iman pada orang-orang yang ada di dunia (bdg. 13:35).

* Yoh 17:22 - KEMULIAAN
Kemuliaan. Tidak, diragukan lagi bahwa yang dimaksudkan ialah kedudukan surgawi dari gereja, tetapi juga termasuk hak istimewa untuk melayani dan menderita, sebagaimana Bapa telah memberikan tugas ini kepada Anak. Hak istimewa ini membantu mempersatukan orang-orang kudus ketika hak itu digunakan dalam kaitan dengan Kristus pendahulu kita di belakang tabir.

* Yoh 17:23 - SEMPURNA MENJADI SATU
Sempurna menjadi satu. Tidak dapat dicapai dengan usaha manusia, tetapi dengan perluasan penuh kemurahan dari kesatuan ke-Allahan sehingga meliputi orang-orang milik Kristus. Kesatuan ini bukan kesatuan mekanis. Perekatnya ialah kasih Allah yang dicurahkan alas manusia, yaitu kasih yang sama (sangat indah untuk dikisahkan) seperti yang diberikan Bapa untuk Anak.

* Yoh 17:24 - AKU MAU // DI MANAPUN AKU BERADA, MEREKA JUGA BERADA
Permohonan terakhir. Aku mau. Sikap dari Sang Inkarnasi ialah, Bukan kehendak-Ku tetapi kehendak-Mu jadilah. Yesus pasti berdoa dengan mengingat karya-Nya yang sudah selesai, sehingga membuat Dia berhak mengungkapkan diri dengan cara ini. Tentu kehendak-Nya jangan dipikirkan sebagai sesuatu yang sama sekali terlepas dari kehendak Allah. Permohonan ini justru berlandaskan pada kehendak Allah. Mengambil bagian dalam kasih Allah di dalam Kristus pasti menghasilkan keberadaan bersama-sama Kristus - di manapun Aku berada, mereka juga berada. Kesatuan membawa kepada persekutuan, suatu persekutuan kasih yang diungkapkan di tengah-tengah kemuliaan (bdg. ay. 5).

* Yoh 17:25 - BAPA YANG ADIL
Bapa yang adil. Dia adil (1) waktu Dia tidak memasukkan dunia dalam kemuliaan itu, karena dunia tidak mengenal Dia sehingga tidak mengasihi-Nya, dan karena itu tidak bisa memperoleh tempat dalam kesatuan akhir tersebut, dan (2) waktu Dia memasukkan orang-orang yang telah mengenal Dia melalui pengenalan yang dimiliki oleh Kristus dan ditanamkan oleh Kristus.

* Yoh 17:26 MENANAMKAN KASIH
Menanamkan pengenalan akan Allah berarti menanamkan kasih, sebab Allah adalah kasih. Hal ini bukan sekadar slogan atau sifat yang dingin tak berarti. Kristus mengetahui kenyataan dan kuasa dari kasih Bapa bagi diri-Nya dan Kristus memohon agar kasih ini dapat mencerahkan dan menghangatkan kehidupan orang-orang yang adalah milik-Nya. dengan siapa hidup-Nya sekarang demikian terkait.



BcO Kisah Para Rasul 24:1-6,8b-27
-----------------------------
Bahasa Kupang, NTT:
Orang Yahudi dong datang baparkara deng Paulus di Kaisarea
1Lewat lima hari ju, orang-orang Yahudi yang mau baparkara deng Paulus datang sampe di kota Kaisarea. Di itu rombongan ada Ananias, andia kapala agama Yahudi pung bos bésar. Bos-bos laen dong ju ada iko. Dong ju datang deng satu orang laen, nama Tertulus. Dia tu, pintar omong. Andia ko dong pake sang dia jadi dong pung jubir ko lawan sang Paulus. 2-3Waktu orang dong samua su bakumpul di tampa urus parkara, ju gubernor suru bawa maso sang Paulus. Ais Tertulus bangun badiri, ko mau omong kasi jato sang Paulus. Dia kasi hormat sang gubernor, ais dia angka omong, bilang,
“Bapa gubernor yang beta hormat! Su bagini lama ni, mulai dari bapa pegang parenta di sini, bapa su tau lebe dolo apa yang bae kasi sang botong. Ais bapa ju su bekin bae banya hal, sampe botong orang Yahudi su bisa idop aman, sanáng, deng tanáng. Jadi, botong mau pake ini waktu ko minta tarima kasi bam-banya sang bapa gubernor. Ko sapa lai yang bisa bekin bae bagitu banya di mana-mana sama ke bapa. 4Ma biar beta sonde usa pake waktu talalu banya, beta omong langsung di dia pung isi sa. Jadi, beta minta bapa dengar bae-bae hal-hal yang beta mau kasi tau so'al Paulus ni.
5Bagini, bapa. Buat botong orang Yahudi, Paulus ni, sama ke satu panyaki yang pinda dari satu tampa pi tampa laen. Dia suka lawan botong pung agama, deng tukang bekin kaco botong pung adat di mana-mana. Di mana sa dia pi, pasti orang Yahudi dong baparkara satu deng satu. Dia ni, satu kapala tukang propaganda dari partei agama yang iko satu orang dari Nasaret, yang botong bilang ‘partei Nasarani’. Ma apa yang dong ajar tu, batasala bésar deng apa yang botong pung agama ajar. 6Ini orang su coba mau bekin kamomos botong pung Ruma Sambayang Pusat yang barisi tu, deng dia bawa orang kafir pi di dalam. Andia ko botong tangkap sang dia. [Iko botong pung mau, botong mau hukum sang dia pake botong pung atoran sandiri.

8b jadi sakarang, botong datang di sini, ko bapa pareksa ini parkara. Nanti bapa sandiri dapa tau, bilang, samua yang botong omong ni, memang batúl.
Bagitu sa. Makasi, bapa.”
9Tertulus omong abis bagitu, ju orang Yahudi laen dong sokong dia pung omong, bilang, “Batúl, bapa! Memang bagitu.”
Paulus bela diri di muka Feliks
10Ais gubernor kasi sein ko Paulus mulai omong, bilang, “Sakarang, beta kasi loos sang lu ko bela diri.”
Ais Paulus badiri, ju dia angka omong, bilang, “Bapa gubernor! Bapa su parenta di botong pung propinsi ni, su bagini lama. Jadi, bapa su mangarti batúl botong orang Yahudi pung dudu-badiri di sini. Tagal itu, beta sonde taku bela diri di bapa pung muka. 11Kira-kira dua blas hari yang su lewat ni, beta ada pi di Yerusalem ko sambayang di Ruma Sambayang Pusat. Bapa bisa tanya sa deng orang-orang yang ada iko sambayang itu waktu. 12Di Ruma Sambayang Pusat tu, beta sonde basambung mulu deng sapa-sapa. Deng di ruma sambayang laen dong, beta sonde kumpul orang ko bekin kaco. Bagitu ju di Yerusalem, beta sonde bekin onar apa-apa.
13Ma sakarang, ini orang dong mau kasi jato sang beta. Apa yang dong omong tadi tu, ju sonde ada pung bukti apa-apa. 14Bagini, bapa gubernor. Beta musti mangaku sang bapa satu hal. Beta ada iko satu partei baru yang orang kasi nama, bilang, ‘Tuhan Yesus pung Jalan Idop’. Beta sambayang sang Tuhan Allah, sama deng beta pung nene-moyang dong sambayang sang Dia. Beta ju iko ba'i Musa pung atoran dong samua, deng parcaya batúl apa yang Tuhan Allah pung jubir dolu-dolu dong su tulis kasi tenga sang botong. 15Beta ada harap sang Tuhan Allah sama ke ini orang dong ju, yang sakarang ada badiri di sini ko lawan sang beta. Botong parcaya, bilang, nanti Tuhan Allah kasi idop orang mati: orang bae ko, orang jahat ko, sama sa. 16Andia ko beta salalu usaha deng karás ko biar beta bisa idop deng hati lurus di Tuhan Allah deng manusia pung muka. Deng bagitu, sonde ada orang yang bisa bekin jato sang beta.
17Beta ada karjá barapa taon di luar tana Isra'el, baru beta pulang pi di Yerusalem. Waktu beta datang, beta ada bawa doi yang orang dong ada kumpul kasi, ko bantu botong pung orang-orang yang idop susa. Abis, beta ju pi di Ruma Sambayang Pusat ko mau sambayang, deng mau kasi korban macam-macam sang Tuhan Allah di situ. 18Waktu beta ada bekin barisi diri di Ruma Sambayang Pusat iko botong pung atoran adat, ju dong datang ko mau tangkap sang beta. Ma itu waktu, sonde ada orang banya di situ, deng sonde ada yang bekin kaco apa-apa ju!a 19Yang ada, cuma barapa orang Yahudi yang datang dari propinsi Asia ko mau sambayang ju di situ. Jadi, kalo memang dong ada so'al deng beta, na, dong tu, yang musti bekin parkara deng beta di sini. Bukan ini bapa-bapa dong! 20Ma itu orang dong sonde datang. Jadi, Bapa tanya coba sang ini orang dong, beta pung sala apa? Tempo hari, waktu dong pareksa sang beta di tampa urus parkara agama, dong sonde dapa beta pung sala satu ju. Bapa tanya sang dong sa! 21Cuma mangkali ada satu hal sa, bapa, yang bekin dong kaco, deng sonde sanáng sang beta. Waktu beta omong deng suara karás, bilang, ‘Bosong mau hukum sang beta, tagal beta parcaya, bilang, Tuhan Allah bisa kasi idop orang mati!’”b
22Paulus omong bagitu, ma tagal gubernor Feliks ju su tau banya, so'al ‘Tuhan Yesus pung Jalan Idop’, ju dia tutu sidang, bilang, “Bagini! Beta mau pange sang komandán Lisias, ko dengar dia pung carita dolo. Kalo beta su omong abis deng dia, baru beta bisa putus ini parkara.” 23Ais dia suru parwira satu ko pi tahan sang Paulus. Ma dia parenta ko kasi sadiki bebas sang dia, deng jang larang dia pung tamán dong ko datang layani sang dia.
Paulus omong deng Feliks deng dia pung bini Drusila
24Gubernor Feliks pung bini, orang Yahudi, nama Drusila. Su lewat barapa hari, ju dia cari kans, ko dia deng dia pung bini mau omong-omong deng Paulus. Jadi, dia suru bawa sang Paulus ko mangada sang dong dua. Ju Paulus kasi tau sang dong, jalan karmana ko orang dapa parcaya sang Yesus Kristus, andia Orang yang Tuhan su janji memang dari dolu. 25Dia ju kasi tau jalan karmana ko orang dapa idop lurus, deng karmana ko orang bisa jaga diri ko jang bekin sala. Dia ju kasi tau, bilang, nanti Tuhan Allah mau hukum sang samua orang.
Waktu Feliks dengar bagitu, ju dia taku satenga mati. Ais dia bilang sang Paulus, “Paulus. Su cukup. Sampe di sini sa, suda! Nanti kalo ada waktu, beta pange sang lu lai.” 26Itu waktu, Feliks ada cari-cari salák ko Paulus sogok sang dia deng doi, ko dia lapás sang dia. Ais dia maen pange Paulus ko omong-omong deng dia tarús.
27Ma di sablá laen, gubernor Feliks ju ada ame hati sang orang Yahudi pung bos-bos dong. Andia ko dia sonde putus capát Paulus pung parkara. Dia kasi tenga itu parkara tarendam sampe dua taon. Abis itu, ada gubernor baru yang datang ganti sang Feliks. Dia pung nama Porkius Festus. Ma dong ju masi tahan tarús sang Paulus.

Bahasa Indonesia:
Paulus di hadapan Feliks 24:1 Lima hari kemudian datanglah Imam Besar Ananias bersama-sama dengan beberapa orang tua-tua dan seorang pengacara bernama Tertulus. Mereka menghadap wali negeri dan menyampaikan dakwaan mereka terhadap Paulus. 24:2 Paulus dipanggil menghadap dan Tertulus mulai mendakwa dia, katanya: "Feliks yang mulia, oleh usahamu kami terus-menerus menikmati kesejahteraan, dan oleh kebijaksanaanmu banyak sekali perbaikan yang telah terlaksana untuk bangsa kami. 24:3 Semuanya itu senantiasa dan di mana-mana kami sambut dengan sangat berterima kasih. 24:4 Akan tetapi supaya jangan terlalu banyak menghabiskan waktumu, aku minta, supaya engkau mendengarkan kami sebentar dengan kemurahan hatimu yang terkenal itu. 24:5 Telah nyata kepada kami, bahwa orang ini adalah penyakit sampar, seorang yang menimbulkan kekacauan di antara semua orang Yahudi di seluruh dunia yang beradab, dan bahwa ia adalah seorang tokoh dari sekte orang Nasrani. 24:6 Malahan ia mencoba melanggar kekudusan Bait Allah. Oleh karena itu kami menangkap dia dan hendak menghakiminya menurut hukum Taurat kami.

24:8b dapatlah engkau mengetahui segala sesuatu yang kami tuduhkan kepadanya." 24:9 Dan juga orang-orang Yahudi menyokong dakwaan itu dengan mengatakan, bahwa perkara itu sungguh demikian. 24:10 Lalu wali negeri itu memberi isyarat kepada Paulus, bahwa ia boleh berbicara. Maka berkatalah Paulus: "Aku tahu, bahwa sudah bertahun-tahun lamanya engkau menjadi hakim atas bangsa ini. Karena itu tanpa ragu-ragu aku membela perkaraku ini di hadapanmu: 24:11 Engkau dapat memastikan, bahwa tidak lebih dari dua belas hari yang lalu aku datang ke Yerusalem untuk beribadah. 24:12 Dan tidak pernah orang mendapati aku sedang bertengkar dengan seseorang atau mengadakan huru-hara, baik di dalam Bait Allah, maupun di dalam rumah ibadat, atau di tempat lain di kota. 24:13 Dan mereka tidak dapat membuktikan kepadamu apa yang sekarang dituduhkan mereka kepada diriku. 24:14 Tetapi aku mengakui kepadamu, bahwa aku berbakti kepada Allah nenek moyang kami dengan menganut Jalan Tuhan, yaitu Jalan yang mereka sebut sekte. Aku percaya kepada segala sesuatu yang ada tertulis dalam hukum Taurat dan dalam kitab nabi-nabi. 24:15 Aku menaruh pengharapan kepada Allah, sama seperti mereka juga, bahwa akan ada kebangkitan semua orang mati, baik orang-orang yang benar maupun orang-orang yang tidak benar. 24:16 Sebab itu aku senantiasa berusaha untuk hidup dengan hati nurani yang murni di hadapan Allah dan manusia. 24:17 Dan setelah beberapa tahun lamanya aku datang kembali ke Yerusalem untuk membawa pemberian bagi bangsaku dan untuk mempersembahkan persembahan-persembahan. 24:18 Sementara aku melakukan semuanya itu, beberapa orang Yahudi dari Asia mendapati aku di dalam Bait Allah, sesudah aku selesai mentahirkan diriku, tanpa orang banyak dan tanpa keributan. 24:19 Merekalah yang sebenarnya harus menghadap engkau di sini dan mengajukan dakwaan mereka, jika mereka mempunyai sesuatu terhadap aku. 24:20 Namun biarlah orang-orang yang hadir di sini sekarang menyatakan kejahatan apakah yang mereka dapati, ketika aku dihadapkan di Mahkamah Agama. 24:21 Atau mungkinkah karena satu-satunya perkataan yang aku serukan, ketika aku berdiri di tengah-tengah mereka, yakni: Karena hal kebangkitan orang-orang mati, aku hari ini dihadapkan kepada kamu." 24:22 Tetapi Feliks yang tahu benar-benar akan Jalan Tuhan, menangguhkan perkara mereka, katanya: "Setibanya kepala pasukan Lisias di sini, aku akan mengambil keputusan dalam perkaramu." 24:23 Lalu ia menyuruh perwira itu tetap menahan Paulus, tetapi dengan tahanan ringan, dan tidak boleh mencegah sahabat-sahabatnya melayani dia. 24:24 Dan setelah beberapa hari datanglah Feliks bersama-sama dengan isterinya Drusila, seorang Yahudi; ia menyuruh memanggil Paulus, lalu mendengar dari padanya tentang kepercayaan kepada Yesus Kristus. 24:25 Tetapi ketika Paulus berbicara tentang kebenaran, penguasaan diri dan penghakiman yang akan datang, Feliks menjadi takut dan berkata: "Cukuplah dahulu dan pergilah sekarang; apabila ada kesempatan baik, aku akan menyuruh memanggil engkau." 24:26 Sementara itu ia berharap, bahwa Paulus akan memberikan uang kepadanya. Karena itu ia sering memanggilnya untuk bercakap-cakap dengan dia. 24:27 Tetapi sesudah genap dua tahun, Feliks digantikan oleh Perkius Festus, dan untuk mengambil hati orang Yahudi, ia membiarkan Paulus tetap dalam penjara.  







Daftar Label dari Kategori Renungan Katolik 2022




Nama-Nama Bayi Katolik Terlengkap

Kalender Liturgi Katolik 2024 dan Saran Nyanyian

Kalender Liturgi Katolik Desember 2023 dan Saran Nyanyian


Orang Kudus Katolik Dirayakan Desember
Santo-Santa 13 Desember - Santa Lusia (Perawan dan Martir), Santa Odilia atau Ottilia (Pengaku Iman)

MAZMUR TANGGAPAN & BAIT PENGANTAR INJIL
- PASKAH
- KENAIKAN
- PENTAKOSTA
- BIASA



NEXT:
Renungan Katolik Senin, 30 Mei 2022 - Yohanes 16:29-33 - BcO Kis. 25:1-27 - Gospel, John 16:29-33 - Hari Biasa Pekan VII Paskah

PREV:
Renungan Katolik Sabtu, 28 Mei 2022 - Yohanes 16:23b-28 - BcO Kisah Para Rasul 23:12-35 - Hari Biasa Pekan VI Paskah





Arsip Renungan Katolik 2022..


Jadwal Misa Gereja Seluruh Indonesia
1. Map/Peta Gereja Katolik di Jakarta
2. Map/Peta Gereja Katolik di Surabaya
3. Map/Peta Gereja Katolik di Makassar
4. Map/Peta Gereja Katolik di Bandung
5. Map/Peta Gereja Katolik di Medan
6. Map/Peta Gereja Katolik di Depok
Agustus - Hati Maria Yang Tidak Bernoda(3)
April - Sakramen Maha Kudus (6)
Bulan Katekese Liturgi(5)
Bulan November - Jiwa-jiwa Kudus di Api penyucian(4)
Bulan Oktober - Bulan Rosario(1)
Bulan Oktober - Bulan Rosario suci(4)
Desember - Bunda Maria yang dikandung tanpa noda(4)
Februari - Keluarga Kudus Yesus Maria Yosep(5)
Ibadah(1)
Januari - Bulan menghormati Nama Yesus(5)
Juli - Darah Mulia(2)
Juni - Hati Kudus Yesus(10)
Maret - Pesta St. Yosep(3)
Mei - Bulan Maria(8)
Penutup Bulan Rosario(1)
Peringatan Arwah(2)
Rabu Abu(1)
SEPTEMBER - TUJUH DUKA MARIA(7)