misa.lagu-gereja.com
 

Renungan Katolik 2022
Minggu, 25 September 2022
Renungan Katolik Minggu, 25 September 2022 - Lukas 16:19-31 - BcO Yudit 2:1-6; 3:6; 4:1-2,9-15 - HARI MINGGU BIASA XXVI

Minggu, 25 September 2022
HARI MINGGU BIASA XXVI
Am 6:1a,4-7; Mzm. 146:7,8-9a,9bc-10; 1Tim. 6:11-16;
Lukas 16:19-31
BcO Yudit 2:1-6; 3:6; 4:1-2,9-15
Warna Liturgi Hijau
MT/BPI Edisi Baru: 117, 963 Lama: 838, 963
Saran Nyanyian: PS 376, 540, 646, 661, 664, 676, 702

Lukas 16:19-31
Orang kaya dan Lazarus yang miskin
16:19 "Ada seorang kaya yang selalu berpakaian jubah ungu dan kain halus, dan setiap hari ia bersukaria dalam kemewahan. 16:20 Dan ada seorang pengemis bernama Lazarus, badannya penuh dengan borok, berbaring dekat pintu rumah orang kaya itu, 16:21 dan ingin menghilangkan laparnya dengan apa yang jatuh dari meja orang kaya itu. Malahan anjing-anjing datang dan menjilat boroknya. 16:22 Kemudian matilah orang miskin itu, lalu dibawa oleh malaikat-malaikat ke pangkuan Abraham. 16:23 Orang kaya itu juga mati, lalu dikubur. Dan sementara ia menderita sengsara di alam maut ia memandang ke atas, dan dari jauh dilihatnya Abraham, dan Lazarus duduk di pangkuannya. 16:24 Lalu ia berseru, katanya: Bapa Abraham, kasihanilah aku. Suruhlah Lazarus, supaya ia mencelupkan ujung jarinya ke dalam air dan menyejukkan lidahku, sebab aku sangat kesakitan dalam nyala api ini. 16:25 Tetapi Abraham berkata: Anak, ingatlah, bahwa engkau telah menerima segala yang baik sewaktu hidupmu, sedangkan Lazarus segala yang buruk. Sekarang ia mendapat hiburan dan engkau sangat menderita. 16:26 Selain dari pada itu di antara kami dan engkau terbentang jurang yang tak terseberangi, supaya mereka yang mau pergi dari sini kepadamu ataupun mereka yang mau datang dari situ kepada kami tidak dapat menyeberang. 16:27 Kata orang itu: Kalau demikian, aku minta kepadamu, bapa, supaya engkau menyuruh dia ke rumah ayahku, 16:28 sebab masih ada lima orang saudaraku, supaya ia memperingati mereka dengan sungguh-sungguh, agar mereka jangan masuk kelak ke dalam tempat penderitaan ini. 16:29 Tetapi kata Abraham: Ada pada mereka kesaksian Musa dan para nabi; baiklah mereka mendengarkan kesaksian itu. 16:30 Jawab orang itu: Tidak, bapa Abraham, tetapi jika ada seorang yang datang dari antara orang mati kepada mereka, mereka akan bertobat. 16:31 Kata Abraham kepadanya: Jika mereka tidak mendengarkan kesaksian Musa dan para nabi, mereka tidak juga akan mau diyakinkan, sekalipun oleh seorang yang bangkit dari antara orang mati."

Penjelasan:

* Luk 16:19 - Ada seorang kaya yang selalu berpakaian jubah ungu dan kain halus, dan setiap hari ia bersukaria dalam kemewahan // Kain halus // Bersukaria
Ada seorang kaya yang selalu berpakaian jubah ungu dan kain halus, dan setiap hari ia bersukaria dalam kemewahan. Kain wol yang dicelup warna ungu merupakan pakaian yang mahal dan hanya mampu dibeli orang yang kaya saja. Kain halus yang dipakai sebagai pakaian dalam, juga mahal harganya. Bersukaria. Hidup riang gembira. Bagi dia hidup ini senantiasa merupakan sebuah pesta, bebas dari segala penderitaan dan kebosanan.

* Luk 16:20 - Lazarus // Dekat pintu rumah
Lazarus. Satu-satunya perumpamaan Yesus yang memakai nama. Dekat pintu rumah. Para sahabat Lazarus menempatkannya di situ untuk menggugah rasa belas kasihan orang kaya itu.

* Luk 16:21 - Ingin menghilangkan laparnya dengan apa yang jatuh dari meja orang kaya itu // Mrk // Anjing-anjing ... menjilat boroknya
Ingin menghilangkan laparnya dengan apa yang jatuh dari meja orang kaya itu. Sisa-sisa makanan dilemparkan kepada anjing atau diberikan kepada pengemis (bdg. Mrk. 7:28). Anjing-anjing ... menjilat boroknya. Anjing merupakan hewan pemakan bangkai di jalan-jalan di dunia Timur, dan umumnya galak. Pengemis ini terlalu lemah untuk mengusir hewan-hewan tersebut dan karenanya membiarkan saja anjing-anjing itu menjilati boroknya. Dia mungkin takut akan senasib dengan Izebel (II Raj. 9:35, 36).

* Luk 16:22 - Matilah orang miskin itu // Pangkuan Abraham // a. Orang kaya itu juga mati, lalu dikubur
Matilah orang miskin itu. Tidak disebutkan bahwa ia dikubur, tidak berarti bahwa mayatnya dibiarkan begitu saja, tetapi dia mungkin dimakamkan di kuburan pengemis tanpa upacara. Pangkuan Abraham. Tamu ini berbaring di sebelah kanan Abraham, tempat yang terhormat. 23a. Orang kaya itu juga mati, lalu dikubur. Perumpamaan ini mengisahkan bahwa si pengemis itu dibawa oleh malaikat masuk ke surga; sedangkan hal terbaik yang dapat dikatakan mengenai orang kaya tersebut ialah bahwa dia dikubur.

* Luk 16:23 - b. Di alam maut // Jurang yang tak terseberangi
Di alam maut (Yunani: hades). Kata ini, yang artinya sama dengan kata Ibrani sheol, bisa berarti dunia yang tidak kelihatan secara umum atau tempat hukuman. Hades berisi gehena dan juga surga. 26. Jurang yang tak terseberangi. Jurang di antara surga dan neraka tidak dapat diseberangi dan bersifat permanen.

* Luk 16:29 - Ada pada mereka kesaksian Musa dan para nabi
Ada pada mereka kesaksian Musa dan para nabi. Hukum Taurat berisi penyataan Allah yang cukup untuk mengajar mereka.

* Luk 16:31 - Jika mereka tidak mendengarkan kesaksian Musa dan para nabi
Jika mereka tidak mendengarkan kesaksian Musa dan para nabi. Mukjizat sendiri tidak menghasilkan iman. Kata-kata Yesus merupakan nubuat. sebab ketika Dia bangkit dari antara orang mati, musuh-musuh-Nya tidak menjadi lebih menerima-Nya ketimbang sebelumnya.


BcO Yudit 2:1-6; 3:6; 4:1-2,9-15

Panglima Holofernes dikirim ke barat
1
    Dalam tahun kedelapan belas pada tanggal dua puluh dua bulan pertama tersiarlah kabar di istana Nebukadnezar, raja orang-orang Asyur, bahwa raja hendak menghukum seluruh bumi, sebagaimana telah dikatakannya.
2
    Raja mengumpulkan semua pejabat serta pembesarnya, lalu mengadakan musyawarah rahasia dengan mereka. Raja sendiri memutuskan malapetaka bumi semesta.
3
    Para pejabat serta pembesarnyapun menetapkan pula bahwa semua orang yang tidak menuruti titah raja mesti dibasmi.
4
    Selesai musyawarah itu maka Nebukadnezar, raja orang-orang Asyur, memanggil panglima besar tentaranya, yaitu Holofernes, orang kedua sesudah raja.
5
    Berkatalah raja kepadanya: "Beginilah titah raja agung yang dipertuan di seluruh bumi: Camkanlah! Engkau harus pergi dari hadapanku dan membawa serta orang-orang yang percaya pada kekuatannya sendiri, yaitu pasukan jalan sampai seratus dua puluh ribu orang dan sejumlah besar kuda serta penunggang, sampai dua belas ribu orang.
6
    Engkau harus maju perang melawan seluruh wilayah barat, karena mereka telah memberontak terhadap titahku.

3:6
    Maka Holofernes bersama dengan tentaranya turun ke pantai. Di dalam kota-kota berbenteng ditempatkannya pendudukan dan dari antara penduduknya diambilnya orang-orang pilihan sebagai bala bantuan.

Yudit 4 - Orang-orang Yahudi dapat tahu
Orang-orang Yahudi dapat tahu
1
    Adapun orang Israel yang diam di daerah Yudea mendengar tentang kesemuanya yang dilakukan Holofernes, panglima besar Nebukadnezar, raja Asyur, kepada semua bangsa. Mereka mendengar juga bagaimana tempat-tempat suci dirampasi olehnya dan diserahkan untuk dibasmi.
2
    Maka mereka sangat ketakutan kepadanya dan gelisahlah mereka oleh karena Yerusalem dan Bait Allah, Tuhan mereka.

Ibadah permohonan
9
    Semua laki-laki Israel berseru kepada Allah dengan asyik sekali dan juga merendahkan diri dengan sangat asyiknya.
10
    Mereka sendiri, isteri serta kanak-kanak mereka, juga ternak, segala perantau, orang upahan dan budak belian mereka mengenakan kain kabung pada pinggangnya.
11
    Semua laki-laki, perempuan dan anak Israel yang diam di Yerusalem, meniarap di depan Bait Allah, menaburi kepalanya dengan abu dan membentangkan kain kabungnya di hadapan Tuhan.
12
    Juga mezbah diselimuti dengan kain kabung. Dalam pada itu mereka sehati berseru dengan asyiknya kepada Allah Israel, supaya Ia jangan menyerahkan kanak-kanak mereka untuk dirampas, isteri mereka untuk dijarah, kota milik-Nya sendiri untuk dibinasakan dan Bait Suci untuk dicemarkan dan dinistakan, sehingga bangsa-bangsa lain bersenang hati.
13
    Seruan mereka didengarkan oleh Tuhan yang dengan kasihan memandang kesesakan mereka. Beberapa hari lamanya umat di seluruh Yudea berpuasa dan juga di Yerusalem di hadapan Bait Suci Tuhan Yang Mahakuasa.
14
    Imam besar Yoyakim dan semua imam yang menyelenggarakan kebaktian di hadapan Tuhan dan semua orang yang berbakti kepada Tuhan dengan disabuki kain kabung, mempersembahkan korban bakaran tetap serta doa dan sumbangan sukarela dari rakyat.
15
    Abu tertabur di atas serban mereka. Dengan sekuat tenaga berserulah mereka kepada Tuhan, semoga Tuhan mengunjungi seluruh kaum Israel dengan kebaikan hati-Nya.






Daftar Label dari Kategori Renungan Katolik 2022




Nama-Nama Bayi Katolik Terlengkap

Kalender Liturgi Katolik September 2022 dan Saran Nyanyian


Orang Kudus Katolik Dirayakan September

MAZMUR TANGGAPAN & BAIT PENGANTAR INJIL
- PRAPASKAH
- TRIHARI
- PASKAH



NEXT:
Renungan Katolik Senin, 26 September 2022 - Luk. 9:46-50. BcO Ydt. 5:1-21. - Peringatan fakultatif St. Kosmas dan St. Damianus

PREV:
Renungan Katolik Sabtu, 24 September 2022 - Luk. 9:43b-45. BcO Tb. 10:7c-11:15 - Hari Biasa





Arsip Renungan Katolik 2022..



Jadwal Misa Gereja Seluruh Indonesia
1. Map/Peta Gereja Katolik di Jakarta
2. Map/Peta Gereja Katolik di Surabaya
3. Map/Peta Gereja Katolik di Makassar
4. Map/Peta Gereja Katolik di Bandung
5. Map/Peta Gereja Katolik di Medan
6. Map/Peta Gereja Katolik di Depok
Agustus - Hati Maria Yang Tidak Bernoda(3)
April - Sakramen Maha Kudus (6)
Bulan Katekese Liturgi(5)
Bulan November - Jiwa-jiwa Kudus di Api penyucian(4)
Bulan Oktober - Bulan Rosario suci(4)
Desember - Bunda Maria yang dikandung tanpa noda(4)
Februari - Keluarga Kudus Yesus Maria Yosep(5)
Ibadah(1)
Januari - Bulan menghormati Nama Yesus(5)
Juli - Darah Mulia(2)
Juni - Hati Kudus Yesus(10)
Maret - Pesta St. Yosep(3)
Mei - Bulan Maria(8)
Penutup Bulan Rosario(1)
Peringatan Arwah(2)
Rabu Abu(1)
SEPTEMBER - TUJUH DUKA MARIA(7)


  • Vatikan
  • K W I
  • Keuskupan Bogor
  • Keuskupan Jakarta
  • Katedral Bandung
  • Keuskupan Semarang
  • Keuskupan Malang
  • Keuskupan Sibolga
  • Keuskupan Tj. Karang
  • Keuskupan Sintang
  • Keuskupan Jayapura

  • Hierarchy: Catholic Hierarchy
  • Hierarchy: Giga Catholic
  • Hierarchy: The See of Peter (EWTN)
  • Liturgy: Catholic Liturgical Library
  • Music: MusicaSacra
  • Music: Ordinarium Gregorian
  • Music: Gregorian untuk Misa
  • Music: Cantemus Domino
  • Society: Adoremus
  • Society: FSSP
  • Society: Opus Dei
  • Society: OSB Norcia
  • Society: Una Voce America
  • Vatican: Kitab Suci Bahasa Latin
  • Vatican: Official Newspaper
  • Vatican: Official Online Bookstore
  • Vatican: Official Photographer
  • Vatican: Official Radio
  • Vatican: Official Television
  • Vatican: Official Website
  • Vatican: Official YouTube