misa.lagu-gereja.com
 

Renungan Katolik 2022
Senin, 5 September 2022
Renungan Katolik Senin, 5 September 2022 - Lukas 6:6-11 (Penjelasan) - BcO 2 Petrus 1:12-21 (Penjelasan) - Peringatan fakultatif St. Teresa dr Kalkuta

Senin, 5 September 2022
Peringatan fakultatif
St. Teresa dr Kalkuta
1Kor. 5:1-8; Mzm. 5:5-6,7,12;
Lukas 6:6-11
BcO 2 Petrus 1:12-21
Warna Liturgi Hijau

Lukas 6:6-11
Yesus menyembuhkan orang pada hari Sabat
6:6 Pada suatu hari Sabat lain, Yesus masuk ke rumah ibadat, lalu mengajar. Di situ ada seorang yang mati tangan kanannya. 6:7 Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi mengamat-amati Yesus, kalau-kalau Ia menyembuhkan orang pada hari Sabat, supaya mereka dapat alasan untuk mempersalahkan Dia. 6:8 Tetapi Ia mengetahui pikiran mereka, lalu berkata kepada orang yang mati tangannya itu: "Bangunlah dan berdirilah di tengah!" Maka bangunlah orang itu dan berdiri. 6:9 Lalu Yesus berkata kepada mereka: "Aku bertanya kepada kamu: Manakah yang diperbolehkan pada hari Sabat, berbuat baik atau berbuat jahat, menyelamatkan nyawa orang atau membinasakannya?" 6:10 Sesudah itu Ia memandang keliling kepada mereka semua, lalu berkata kepada orang sakit itu: "Ulurkanlah tanganmu!" Orang itu berbuat demikian dan sembuhlah tangannya. 6:11 Maka meluaplah amarah mereka, lalu mereka berunding, apakah yang akan mereka lakukan terhadap Yesus.

Penjelasan:


* Bukti-Bukti Kuasa-Nya (5:1-6:11).
Bagian berikut dalam Injil Lukas melanjutkan pembuktian tentang kuasa Yesus, selaku persiapan untuk lebih menekankan pengajaran kepada umum.

* Luk 6:7 - Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi mengamat-amati Yesus
Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi mengamat-amati Yesus. Marah karena dikalahkan dalam berdebat tentang memelihara hari Sabat dan karena berbagai pernyataan yang mereka anggap congkak, para ahli Taurat dan orang Farisi kini sial) untuk menjebak Yesus.

* Luk 6:9 - Manakah yang diperbolehkan pada hari Sabat, berbuat baik atau berbuat jahat?
Manakah yang diperbolehkan pada hari Sabat, berbuat baik atau berbuat jahat? Sebab pada hari Sabat diperbolehkan untuk berbuat baik, dan sebab penyembuhan merupakan perbuatan baik, maka tindakan penyembuhan itu tidak dapat dicela.

* Luk 6:11 - Meluaplah amarah mereka
Meluaplah amarah mereka. Dikalahkan dalam perdebatan dan kini dipermalukan di hadapan banyak orang, musuh-musuh Yesus menjadi marah sekali. Ayat ini menandai awal dari permusuhan di antara Kristus dengan para pemimpin Yahudi yang berlangsung sepanjang sisa karier-Nya.

BcO 2 Petrus 1:12-21
1:12 Karena itu aku senantiasa bermaksud mengingatkan kamu akan semuanya itu, sekalipun kamu telah mengetahuinya dan telah teguh dalam kebenaran yang telah kamu terima. 1:13 Aku menganggap sebagai kewajibanku untuk tetap mengingatkan kamu akan semuanya itu selama aku belum menanggalkan kemah tubuhku ini. 1:14 Sebab aku tahu, bahwa aku akan segera menanggalkan kemah tubuhku ini, sebagaimana yang telah diberitahukan kepadaku oleh Yesus Kristus, Tuhan kita. 1:15 Tetapi aku akan berusaha, supaya juga sesudah kepergianku itu kamu selalu mengingat semuanya itu.
Nubuat tentang kemuliaan Kristus telah digenapi
1:16 Sebab kami tidak mengikuti dongeng-dongeng isapan jempol manusia, ketika kami memberitahukan kepadamu kuasa dan kedatangan Tuhan kita, Yesus Kristus sebagai raja, tetapi kami adalah saksi mata dari kebesaran-Nya. 1:17 Kami menyaksikan, bagaimana Ia menerima kehormatan dan kemuliaan dari Allah Bapa, ketika datang kepada-Nya suara dari Yang Mahamulia, yang mengatakan: "Inilah Anak yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan." 1:18 Suara itu kami dengar datang dari sorga, ketika kami bersama-sama dengan Dia di atas gunung yang kudus. 1:19 Dengan demikian kami makin diteguhkan oleh firman yang telah disampaikan oleh para nabi. Alangkah baiknya kalau kamu memperhatikannya sama seperti memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing dan bintang timur terbit bersinar di dalam hatimu. 1:20 Yang terutama harus kamu ketahui, ialah bahwa nubuat-nubuat dalam Kitab Suci tidak boleh ditafsirkan menurut kehendak sendiri, 1:21 sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah.

Penjelasan:


* 2Ptr 1:12 - Aku senantiasa bermaksud mengingatkan kamu ... sekalipun kamu telah mengetahuinya ... dan telah teguh
Aku senantiasa bermaksud mengingatkan kamu ... sekalipun kamu telah mengetahuinya ... dan telah teguh. Dalam bahasa Yunaninya, pengertiannya adalah, "Saya bermaksud untuk selalu mengingatkanmu." Bahkan ketika sudah ada pengetahuan dan keteguhan, tetap diperlukan motivasi dan nasihat.

* 2Ptr 1:13-15 - Selama aku belum meninggalkan kemah tubuhku // Sesudah kepergianku
Selama aku belum meninggalkan kemah tubuhku. Kristus waktu menugaskan Petrus sesudah kebangkitan-Nva, telah menyinggung bahwa sang rasul akan mati sebagai martir (Yoh. 21:18). inilah yang mungkin dimaksudkan olehnya di ayat 14. Kesadaran akan singkatnya masa tugas yang masih tersisa menambah bobot kepada perasaan tanggung jawab terhadap para pembacanya. Sesudah kepergianku. Surat-surat Petrus akan berfungsi untuk memperluas perhatian dan nasihatnya kepada sesama saudara seiman.

* 2Ptr 1:16-18 - Kami tidak mengikuti dongeng-dongeng isapan jempol manusia ... tetapi kami adalah saksi mata // Inilah Anak yang Ku-kasihi
Kami tidak mengikuti dongeng-dongeng isapan jempol manusia ... tetapi kami adalah saksi mata. Keaslian dari kesaksian rasuli diperkuat dengan kesaksian tersebut. Petrus di sini berbicara tentang pelayanan sebelumnya kepada orang-orang ini. Mungkin yang dimaksudkan adalah khotbahnya pada hari Pentakosta, ketika mana beberapa di antara mereka hadir, atau bisa juga saat pelayanannya di Asia Kecil. Inilah Anak yang Ku-kasihi. Acuan kepada saat Yesus dimuliakan ini sangat mungkin merupakan sebuah teguran implisit terhadap para guru palsu yang jika saat Kolose melukiskan satu keadaan yang sama, cenderung menyembah malaikat, dengan demikian merendahkan keunggulan Kristus. Karena pada peristiwa pemuliaan Yesus di bukit itu yang hadir hanya Petrus. Yakobus dan Yohanes, maka pernyataan ini juga memperkuat pengakuan bahwa surat ini ditulis oleh Petrus.

* 2Ptr 1:19-21 - Kami makin diteguhkan oleh Firman yang telah disampaikan para nabi
Kami makin diteguhkan oleh Firman yang telah disampaikan para nabi. Bersama dengan apa yang dikemukakan di ayat 21, yang diacu oleh ayat-ayat ini rupanya adalah Perjanjian Lama. Merupakan suatu penilaian yang menakjubkan tentang keabsahan Kitab Suci ketika Petrus menyatakan bahwa Kitab Suci lebih dapat diandalkan dibandingkan dengan suara dari surga yang didengar dengan telinga jasmani. Tersimpul di dalamnya teguran kepada para pengajar yang bertindak jauh melampaui apa yang dikatakan dalam Kitab Suci, dengan menyusun teori-teori mistik menurut kehendak sendiri. Oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah atau berbicara dari Allah, dengan didorong oleh Roh Kudus. Nas ini secara kuat mengingatkan kita akan ulasan mengenai pengilhaman nubuat yang terdapat dalam I Petrus 1:10-12, sebuah kaitan lagi di antara kedua surat ini.






Daftar Label dari Kategori Renungan Katolik 2022




Nama-Nama Bayi Katolik Terlengkap

Kalender Liturgi Katolik September 2022 dan Saran Nyanyian


Orang Kudus Katolik Dirayakan September

MAZMUR TANGGAPAN & BAIT PENGANTAR INJIL
- PRAPASKAH
- TRIHARI
- PASKAH



NEXT:
Renungan Katolik Selasa, 6 September 2022 - Lukas 6:12-19 - BcO 2 Petrus 2:1-8 - Hari Biasa

PREV:
Renungan Katolik Minggu, 4 September 2022 Hari Minggu Kitab Suci Nasional - Lukas 14:25-33 (Penjelasan) - BcO 2 Petrus 1:1-11 (Penjelasan) - HARI MINGGU BIASA XXIII





Arsip Renungan Katolik 2022..



Jadwal Misa Gereja Seluruh Indonesia
1. Map/Peta Gereja Katolik di Jakarta
2. Map/Peta Gereja Katolik di Surabaya
3. Map/Peta Gereja Katolik di Makassar
4. Map/Peta Gereja Katolik di Bandung
5. Map/Peta Gereja Katolik di Medan
6. Map/Peta Gereja Katolik di Depok
Agustus - Hati Maria Yang Tidak Bernoda(3)
April - Sakramen Maha Kudus (6)
Bulan Katekese Liturgi(5)
Bulan November - Jiwa-jiwa Kudus di Api penyucian(4)
Bulan Oktober - Bulan Rosario suci(4)
Desember - Bunda Maria yang dikandung tanpa noda(4)
Februari - Keluarga Kudus Yesus Maria Yosep(5)
Ibadah(1)
Januari - Bulan menghormati Nama Yesus(5)
Juli - Darah Mulia(2)
Juni - Hati Kudus Yesus(10)
Maret - Pesta St. Yosep(3)
Mei - Bulan Maria(8)
Penutup Bulan Rosario(1)
Peringatan Arwah(2)
Rabu Abu(1)
SEPTEMBER - TUJUH DUKA MARIA(7)


  • Vatikan
  • K W I
  • Keuskupan Bogor
  • Keuskupan Jakarta
  • Katedral Bandung
  • Keuskupan Semarang
  • Keuskupan Malang
  • Keuskupan Sibolga
  • Keuskupan Tj. Karang
  • Keuskupan Sintang
  • Keuskupan Jayapura

  • Hierarchy: Catholic Hierarchy
  • Hierarchy: Giga Catholic
  • Hierarchy: The See of Peter (EWTN)
  • Liturgy: Catholic Liturgical Library
  • Music: MusicaSacra
  • Music: Ordinarium Gregorian
  • Music: Gregorian untuk Misa
  • Music: Cantemus Domino
  • Society: Adoremus
  • Society: FSSP
  • Society: Opus Dei
  • Society: OSB Norcia
  • Society: Una Voce America
  • Vatican: Kitab Suci Bahasa Latin
  • Vatican: Official Newspaper
  • Vatican: Official Online Bookstore
  • Vatican: Official Photographer
  • Vatican: Official Radio
  • Vatican: Official Television
  • Vatican: Official Website
  • Vatican: Official YouTube