|
Jumat, 24 April 2020 Pemahaman Katolik Timur terhadap dogma Maria Dikandung Tanpa Noda#tag:BAGAIMANA ORANG KATOLIK TIMUR MEMAHAMI DOGMA MARIA DIKANDUNG TANPA NODA? APAKAH PEMAHAMAN ITU BERBEDA DARI PEMAHAMAN BARAT? oleh: Dr. Anthony Dragani Mengenai pemahaman Katolik Timur terhadap dogma Maria Dikandung Tanpa Noda, saya akan menyampaikan sebuah tinjauan singkat mengenai masalah ini. Pertama, benih teologis dari dogma ini berasal dari Timur, dan kemudian menyebar ke Barat. Sejak abad-abad pertama Gereja-gereja Timur telah merayakan "St. Anna mengandung Sang Theotokos" pada tanggal 9 Desember. Baru kemudian pesta ini dirayakan juga di Barat, pada tanggal 8 Desember. Dalam Gereja-gereja Katolik Timur kami banyak memelihara warisan teologis dari Bapa-bapa Gereja Timur. Kami mencoba untuk menjadi sangat Patristik dalam teologi kami, dan secara umum menata pendekatan teologis kami mengikuti para Bapa-bapa Timur yang besar. Di Barat teologi telah berkembang dengan suatu cara yang berbeda. Dimulai pada abad ke-12 dan abad ke-13 dikembangkan suatu gaya baru dalam berteologi, yang kemudian disebut sebagai Skolastisime. Skolastisime menggunakan sejumlah konsep filsafat dari tulisan-tulisan Aristoteles. Pada dasarnya sistem ini menciptakan suatu cara baru untuk menjawab masalah-masalah teologis, dan menjawabnya dengan konsep-konsep filsafat yang sangat spesifik. Skolastisisme merupakan sistem teologi yang dominan di Gereja Barat sampai awal abad ke 20. Tahun 1854 Paus Pius IX secara meriah menyatakan dogma Maria Dikandung Tanpa Noda. Sebagai seorang teolog Barat yang ahli, ia menggunakan sejumlah konsep skolastik dalam definisinya. Ini adalah definisi beliau, dengan penekanan pada konsep skolastiknya dari saya: "Kami menyatakan, mengumumnkan dan mendefinisikan bahwa ajaran yang menyatakan bahwa Santa Perawan Maria, sejak dari saat pertama terkandungnya, dilindungi dari segala NODA dosa asal oleh suatu rahmat khusus dan keistimewaan dari Allah yang mahakuasa dan berkat JASA Yesus Kristus penebus umat manusia, adalah dogma yang diwahyukan oleh Allah dan karena alasan ini, ajaran ini harus dipegang teguh dan terus-menerus dipercayai oleh semua umat beriman." Ada dua konsep yang digunakan dalam definisi ini yang sepenuhnya asing bagi teologi Kristen Timur: "jasa" dan "noda". Kedua konsep ini berasal dari masa yang kemudian, dan memiliki arti yang sangat spesifik dalam sistem skolastik. Tetapi bagi kami, orang Kristen Timur, yang masih hanya menggunakan ungkapan-ungkapan teologis dari Bapa-bapa Gereja, konsep-konsep ini sepenuhnya asing. Jadi apakah ini sebuah masalah, atau apakah ini bukan suatu masalah? Saya tidak percaya bahwa ini adalah sebuah masalah. Jika sesuatu ditulis dalam bahasa yang tidak kamu mengerti, kamu tinggal MENERJEMAHKANNYA saja! Dengan sedikit pengetahuan dasar mengenai konsep-konsep teologi skolastik, apa yang dikatakan oleh Paus Pius IX sangat jelas: Sejak awal keberadaannya, Maria dipelihara secara ajaib dari segala dosa. Kami orang Timur bahkan akan melangkah lebih jauh: Beliau tidak hanya dilindungi dari dosa, tetapi dikaruniai dengan berdiamnya Roh Kudus. Definisi ini juga berbicara tentang maria yang "bebas dari semua noda dosa asal." Di Timur kami selalu berbicara tentang kekudusan sempurna Maria. Bahasa "bebas dari semua noda dosa asal" adalah suatu ungkapan yang negatif dibandingkan kekudusan sempurna Maria. Definisi Paus Pius berbicara tentang Maria sebagai yang "tidak memiliki sesuatu" (noda dosa), sementara kami akan mengatakan Maria "dipenuhi sesuatu" (Roh Kudus)." Berkenaan dengan hal ini saya pikir pendekatan Timur telah memiliki kontribusi besar dalam memahami dogma ini sebagaimana dikatakan oleh Paus Yohanes Paulus II: "Sesungguhnya, rumusan negatif tentang keistimewaan Maria, yang merupakan hasil dari kontroversi yang lebih awal mengenai dosa asal yang muncul di Barat, harus selalu dilengkapi dengan ungkapan positif mengenai kesucian Maria yang secara eksplisit dinyatakan dalam tradisi Timur." (Paus Yohanes Paulus II, Audiensi Umum, 12 Juni 1996). Ortodoks Timur memercayai Maria tidak pernah berbuat dosa namun memiliki dosa asal. Bagaimana dengan Katolik Timur? Jadi, Bapa Suci setuju bahwa pemahaman Timur mengenai Maria Dikandung Tanpa Noda membantu untuk menjelaskan gagasan yang ada dalam definisi dogma tersebut. Perselisihan dengan Ortodoks mengenai Maria Dikandung Tanpa Noda kebanyakan bersifat semantik. Secara tradisional, Kekristenan Barat dan Timur memiliki definisi yang berbeda mengenai "dosa asal", yang berarti bahwa kita mendekati keadaan tidak bernoda Maria dari sudut yang berbeda. Orang Kristen Katolik dan Ortodoks mengakui bahwa Maria tidak pernah berdosa, sebagaimana kamu ketahui dari temanmu. Menurut definisi Barat, dosa asal adalah suatu kodrat berdosa, dan siapa pun yang memilikinya tidak berdaya untuk berhenti berdosa. Karena Maria tidak berdosa, maka dia pasti tidak punya dosa asal. Sebaliknya, Bapa-bapa Timur mendefinisikan dosa asal pertama dan terutama sebagai masuknya kefanaan dan kematian. Karena Maria meninggal sebelum tubuhnya terangkat ke surga, jadi ia harus memiliki dosa asal, dan jika beliau tidak memiliki dosa asal maka beliau tidak akan menjadi tua dan akan menjadi abadi. Maka kebanyakan teolog Ortodoks Timur menyimpulkan bahwa Maria memiliki dosa asal, namun tetap tidak berdosa karena rahmat Allah. Sebagaimana kamu lihat, keseluruhan pertentangan ini kembali kepada bagaimana seseorang memilih untuk mendefinisikan "dosa asal." Karena Gereja-gereja Katolik Timur mengikuti bimbingan Paus Roma, kami percaya bahwa Maria dibebaskan dari dosa asal sejak saat permulaan keberadaannya. Diterjemahkan dari: https://east2west.org/faq/doctrine/#IC
Daftar Label dari Kategori Mengenal Katolik Agustus - Hati Maria Yang Tidak Bernoda(3) April - Sakramen Maha Kudus (6) Bulan Katekese Liturgi(5) Bulan November - Jiwa-jiwa Kudus di Api penyucian(4) Bulan Oktober - Bulan Rosario(1) Bulan Oktober - Bulan Rosario suci(4) Desember - Bunda Maria yang dikandung tanpa noda(4) Februari - Keluarga Kudus Yesus Maria Yosep(5) Ibadah(1) Januari - Bulan menghormati Nama Yesus(5) Juli - Darah Mulia(2) Juni - Hati Kudus Yesus(10) Maret - Pesta St. Yosep(3) Mei - Bulan Maria(8) Penutup Bulan Rosario(1) Peringatan Arwah(2) Rabu Abu(1) SEPTEMBER - TUJUH DUKA MARIA(7) Pembuatan Tata Ibadah: Pembuatan Tata Ibadah Katolik, Lagu Perkawinan Katolik, Kalender Liturgi Katolik 2016, Khotbah Katolik 2016, | Nama-Nama Bayi Katolik Terlengkap Orang Kudus Katolik Dirayakan Desember Santo-Santa 13 Desember - Santa Lusia (Perawan dan Martir), Santa Odilia atau Ottilia (Pengaku Iman) MAZMUR TANGGAPAN & BAIT PENGANTAR INJIL - PASKAH - KENAIKAN - PENTAKOSTA - BIASA NEXT: DOSA BERAT DAN DOSA RINGAN PREV: PAUS FRANSISKUS DAN PENGAWAL SWISS 18 Maret 2024 Yesus membuka pintu Allah - Paus Benediktus XVI 18 Maret 2024 Puasa mengangkat pikiran kepada Allah - St. Fransiskus dari Sales Kamis, 28 Maret 2024 UPACARA PENCUCIAN ALTAR DI BASILIKA SANTO PETRUS PADA KAMIS PUTIH Kamis, 12 Oktober 2023 Panduan Dalam Memakai Rosario |
Links:
lagu-gereja.com,
bible.,
perkantas,
gbi,
GKII,
gkj,
hkbp,
MISA,
gmim,
toraja,
gmit,
gkp,
gkps,
gbkp,
Hillsong,
PlanetShakers,
JPCC Worship,
Symphony Worship,
Bethany Nginden,
Christian Song,
Lagu Rohani,
ORIENTAL WORSHIP,
Lagu Persekutuan
Jadwal Misa Gereja Seluruh Indonesia 01 Jadwal Misa Gereja di Jakarta Pusat 1. Map/Peta Gereja Katolik di Jakarta02 Jadwal Misa Gereja di Jakarta Barat 03 Jadwal Misa Gereja di Jakarta Timur 04 Jadwal Misa Gereja di Jakarta Utara 05 Jadwal Misa Gereja di Jakarta Selatan 06 Jadwal Misa Gereja di Tangerang 07 Jadwal Misa Gereja di Bekasi - Karawang 08 Jadwal Misa Gereja di Bandung 10 Jadwal Misa Gereja di Bogor - Depok 16 Jadwal Misa Gereja di Makassar 18 Jadwal Misa Gereja di Medan 21 Jadwal Misa Gereja di Palembang 2. Map/Peta Gereja Katolik di Surabaya 3. Map/Peta Gereja Katolik di Makassar 4. Map/Peta Gereja Katolik di Bandung 5. Map/Peta Gereja Katolik di Medan 6. Map/Peta Gereja Katolik di Depok Agustus - Hati Maria Yang Tidak Bernoda(3) April - Sakramen Maha Kudus (6) Bulan Katekese Liturgi(5) Bulan November - Jiwa-jiwa Kudus di Api penyucian(4) Bulan Oktober - Bulan Rosario(1) Bulan Oktober - Bulan Rosario suci(4) Desember - Bunda Maria yang dikandung tanpa noda(4) Februari - Keluarga Kudus Yesus Maria Yosep(5) Ibadah(1) Januari - Bulan menghormati Nama Yesus(5) Juli - Darah Mulia(2) Juni - Hati Kudus Yesus(10) Maret - Pesta St. Yosep(3) Mei - Bulan Maria(8) Penutup Bulan Rosario(1) Peringatan Arwah(2) Rabu Abu(1) SEPTEMBER - TUJUH DUKA MARIA(7) |
popular pages | Register | Login | e-mail: admin@lagu-gereja.com © 2012 . All Rights Reserved. |