|
Kamis, 5 Januari 2023 Renungan Katolik Kamis, 5 Januari 2023 - Yohanes 1:43-51 (Penjelasan) - BcO Kolose 4:2-18 (Penjelasan) - Hari biasa Masa NatalKamis, 5 Januari 2023 Hari biasa Masa Natal 1Yoh. 3:11-21; Mzm. 100:1-2,3,4,5; Yohanes 1:43-51 BcO Kolose 4:2-18 Warna Liturgi Putih ---------------------------------------------- Catholic Daily Readings for Thursday, January 5 2023, Memorial of Saint John Neumann, Bishop 1st Reading 1 John 3:11-21 Responsorial Psalm Psalms 100:1B-2, 3, 4, 5 Gospel John 1:43-51 Yohanes 1:43-51 1:43 Pada keesokan harinya Yesus memutuskan untuk berangkat ke Galilea. Ia bertemu dengan Filipus, dan berkata kepadanya: "Ikutlah Aku!" 1:44 Filipus itu berasal dari Betsaida, kota Andreas dan Petrus. 1:45 Filipus bertemu dengan Natanael dan berkata kepadanya: "Kami telah menemukan Dia, yang disebut oleh Musa dalam kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret." 1:46 Kata Natanael kepadanya: "Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?" 1:47 Kata Filipus kepadanya: "Mari dan lihatlah!" Yesus melihat Natanael datang kepada-Nya, lalu berkata tentang dia: "Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!" 1:48 Kata Natanael kepada-Nya: "Bagaimana Engkau mengenal aku?" Jawab Yesus kepadanya: "Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara." 1:49 Kata Natanael kepada-Nya: "Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!" 1:50 Yesus menjawab, kata-Nya: "Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu." 1:51 Lalu kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia." Penjelasan: * Yoh 1:43 - hari // ikut Kembali dicatat tentang perubahan hari (bdg. 1:29, 35: kontras dengan ketiadaan hal ini pada bagian Prolog). Kali ini Yesuslah yang menemukan (bdg. Luk. 19:10), dan memerintahkan Filipus untuk ikut (kontras dengan Yoh. 1:37). * Yoh 1:45-51 - Musa // para nabi // Yesus dari Nazaret // anak Yusuf // sesuatu yang baik, Filipus mempertahankan kepercayaan Yesus kepadanya sebagai seorang murid dengan cara menemukan Natanael dan menyampaikan kepadanya bahwa Yesus dari Nazaret adalah Oknum yang sudah lama dinantikan yang menggenapi semua nubuat Musa dan para nabi. Orang bisa saja bersaksi tentang Tuhan sekalipun pemahamannya tidak lengkap atau bahkan keliru. Tidak lama kemudian Yesus dari Nazaret memperkenalkan diri-Nya sebagai Anak Manusia yang surgawi (ay. 51). Bahkan Natanael cepat bisa memahami bahwa anak Yusuf itu adalah Anak Allah (ay. 49). Reaksi pertama Natanael ialah meragukan bahwa Nazaret sanggup menghasilkan sesuatu yang baik, apalagi menghasilkan Mesias (ay. 46). Pandangan ini tidak selalu berarti bahwa Nazaret mempunyai reputasi yang jelek, tetapi lebih menunjukkan keadaan kota itu yang tidak mantap. Mari dan lihatlah. Pengalaman lebih baik daripada argumentasi. Israel sejati yang di dalam dirinya tidak ada kepalsuan merupakan kontras dengan Yakub, yang menjadi Israel baru sesudah mengalami pertobatan. Ketajaman yang sama yang membaca isi hati Simon (ay. 42) seperti membaca sebuah buku terbuka serta menembus kehidupan batin Natanael (ay. 47, 48) kini secara hangat diakui dalam pengakuan yang belakangan - Anak Allah ... Raja orang Israel. Bayangan pohon ara, yang merupakan tempat retret yang tenang bagi jiwa yang saleh, secara diam-diam juga dinikmati oleh Kristus yang tajam pandangan-Nya. Filipus sadar bahwa guru ini pasti lebih hebat daripada yang dapat dilihatnya. Dan itu semua belumlah akhir, sebab sang Juruselamat menjanjikan hal-hal yang lebih besar. Yakub masih menjadi latar belakang (ay. 51). Penglihatannya tentang malaikat di Betel akan dilampaui ketika para murid (engkau) melihat di dalam diri Anak Manusia Oknum yang bagi-Nya langit terbuka (bdg. Mat. 3:16) dan Oknum yang, selaku Perantara, menghubungkan langit dan bumi. Anak Manusia. Sebuah gelar yang menunjuk kepada tokoh surgawi yang adikodrati dalam Daniel 7:13 dan dalam kitab-kitab apokaliptik Yahudi; merupakan cara yang dipilih Yesus untuk menyebut diri-Nya, menurut kitab-kitab Injil. Nama ini lebih baik daripada "Mesias" sebab tidak menunjukkan aspirasi politik yang menyangkut suatu kerajaan bersifat sementara seperti yang dinanti-nantikan sebagian orang-orang Yahudi. Kemuliaan Sang Anak (Yoh. 1:14), yang dilihat sebagian oleh para pengikut mula-mula (ay. 39, 46), akan lebih tersingkap lagi. BcO Kolose 4:2-18 4:2 Bertekunlah dalam doa dan dalam pada itu berjaga-jagalah sambil mengucap syukur. 4:3 Berdoa jugalah untuk kami, supaya Allah membuka pintu untuk pemberitaan kami, sehingga kami dapat berbicara tentang rahasia Kristus, yang karenanya aku dipenjarakan. 4:4 Dengan demikian aku dapat menyatakannya, sebagaimana seharusnya. 4:5 Hiduplah dengan penuh hikmat terhadap orang-orang luar, pergunakanlah waktu yang ada. 4:6 Hendaklah kata-katamu senantiasa penuh kasih, jangan hambar, sehingga kamu tahu, bagaimana kamu harus memberi jawab kepada setiap orang. Penutup dan salam 4:7 Semua hal ihwalku akan diberitahukan kepada kamu oleh Tikhikus, saudara kita yang kekasih, hamba yang setia dan kawan pelayan dalam Tuhan. 4:8 Ia kusuruh kepadamu dengan maksud, supaya kamu tahu akan hal ihwal kami dan supaya ia menghibur hatimu. 4:9 Ia kusuruh bersama-sama dengan Onesimus, saudara kita yang setia dan yang kekasih, seorang dari antaramu. Mereka akan memberitahukan kepadamu segala sesuatu yang terjadi di sini. 4:10 Salam kepada kamu dari Aristarkhus, temanku sepenjara dan dari Markus, kemenakan Barnabas -- tentang dia kamu telah menerima pesan; terimalah dia, apabila dia datang kepadamu -- 4:11 dan dari Yesus, yang dinamai Yustus. Hanya ketiga orang ini dari antara mereka yang bersunat yang menjadi temanku sekerja untuk Kerajaan Allah; mereka itu telah menjadi penghibur bagiku. 4:12 Salam dari Epafras kepada kamu; ia seorang dari antaramu, hamba Kristus Yesus, yang selalu bergumul dalam doanya untuk kamu, supaya kamu berdiri teguh, sebagai orang-orang yang dewasa dan yang berkeyakinan penuh dengan segala hal yang dikehendaki Allah. 4:13 Sebab aku dapat memberi kesaksian tentang dia, bahwa ia sangat bersusah payah untuk kamu dan untuk mereka yang di Laodikia dan Hierapolis. 4:14 Salam kepadamu dari tabib Lukas yang kekasih dan dari Demas. 4:15 Sampaikan salam kami kepada saudara-saudara di Laodikia; juga kepada Nimfa dan jemaat yang ada di rumahnya. 4:16 Dan bilamana surat ini telah dibacakan di antara kamu, usahakanlah, supaya dibacakan juga di jemaat Laodikia dan supaya surat yang untuk Laodikia dibacakan juga kepadamu. 4:17 Dan sampaikanlah kepada Arkhipus: Perhatikanlah, supaya pelayanan yang kauterima dalam Tuhan kaujalankan sepenuhnya. 4:18 Salam dari padaku, Paulus. Salam ini kutulis dengan tanganku sendiri. Ingatlah akan belengguku. Kasih karunia menyertai kamu. Penjelasan: * Kol 4:2-4 - Doa // Berjaga-jagalah // Pintu untuk pemberitaan kami // rahasia Kristus Doa orang Kristen harus memiliki ciri adanya sikap berterima kasih (lih. taf. 1:11). Berjaga-jagalah (gregoreo, "waspada") memberikan kesan sadar dan siaga (bdg. Mrk. 14:37, 38). Doa orang Kristen jangan ditandai oleh keadaan tidak sadar secara seremonial atau perkataan bertele-tele. melainkan oleh perhatian dan ketenangan hati (bdg. I Ptr. 5:8). Berjaga-jagalah (gregoreo) sering kali dipakai sehubungan dengan sikap orang Kristen dalam menantikan kedatangan kembali Kristus (mis. Mrk. 13:33 dst.; I Tes. 5:6; Why. 16:15). Pintu untuk pemberitaan kami. Sebuah kesempatan, atau mungkin - suatu kemampuan untuk berbicara tentang rahasia Kristus dengan jelas (bdg. 1:26; Ef. 6:19, 20). * Kol 4:5-6 - Hikmat // kata-kata, Hikmat bukan hanya mencakup pemahaman dan kemampuan untuk memberitakan rahasia itu (1:9), namun juga pengetahuan tentang cara memberitakannya dengan berhasil. Hanya dengan demikian maka tujuan penebusan waktu ini, yang oleh Allah telah ditentukan menjadi "saat yang tepat" (kairos; bdg. Oscar Cullmann, Christ and Time, hlm. 39 dst., 225), dapat dimanfaatkan dengan berhasil guna. Cara yang ofensif atau yang tidak bermutu kemungkinan tidak banyak berhasil. Karena itu, dalam kehidupan dan kata-kata, kesaksian orang Kristen hendaknya menarik perhatian - bukan untuk sesama orang Kristen, tetapi untuk kalangan non-Kristen. * Rekomendasi untuk Para Pembawa Surat (4:7-9) Para pembawa surat. Tikhikus dan Onesimus akan menyampaikan berita yang tidak tercantum didalam surat dan tidak diragukan lagi akan menafsirkannya bagi para penerima surat, dengan menjawab setiap pertanyaan yang mungkin mereka ajukan. Onesimus, pokok bahasan dalam surat kepada Filemon, diduga merupakan orang yang mengumpulkan surat-surat Paulus (bdg. John Knox, Philemon Among the Letters of Paul, hlm. 98 dst.). Pujian Paulus untuknya di sini dimaksudkan untuk mempermudah kepulangan hamba yang kabur ini dan mengingatkan para pembaca di dalam Kristus bahwa kini dia adalah seorang saudara seiman. * Salam dari Rekan-rekan Sekerja Paulus (4:10-14) Epafras. Lihat tafsiran 1:7. Mengenai rekan yang lain, Aristarkhus dan Markus dikenal dari Kisah Rasul (15:36-39; 19:29; 20:4; 27:2). Markus, sesudah mengundurkan diri dari perjalanan pertama pemberitaan Injil oleh Paulus (Kis. 15:36-39) kini sudah pulih hubungannya dengan sang rasul. Sekalipun F. C. Grant meragukannya (The Earliest Gospel, hlm. 52, 53), Markus hampir dapat dipastikan adalah rekan Petrus (I Ptr. 5:13) dan juga penulis Injil yang kedua. Lukas, dengan demikian memiliki hubungan pribadi, di samping hubungan antara penulis dengan Markus. Karena Lukas tidak disebutkan di antara mereka yang bersunat, pada umumnya disimpulkan bahwa dia adalah orang bukan Yahudi - satu-satunya penulis Perjanjian Baru yang bukan orang Yahudi. Identitasnya sebagai tabib ditegaskan di dalam kosakata yang dipakainya dalam menulis Kitab Lukas - Kisah Para Rasul. Demas. Bandingkan II Tim. 4:10, 11. * Kol 4:15 - Jemaat yang ada di rumah Jemaat yang ada di rumah cukup tersebar baik dalam jemaat-jemaat yang didirikan oleh Paulus maupun jemaat secara umum (Kis. 12:12; 16:15, 40; Rm. 16:5, 23; I Kor. 16:19; Flm. 2). * Kol 4:16 Surat Paulus kepada jemaat di Laodikea telah menimbulkan banyak spekulasi. Pada abad kedua sebuah surat apokrifa disusun untuk menutup kesenjangan yang ada; akhir-akhir ini surat tersebut diidentifikasi sebagai surat Efesus (mis.: Lightfoot; demikian pula Marcion tahun 140 M) atau Filemon (mis. Goodpseed). * Kol 4:17 - Arkhipus // dalam Tuhan Catatan pribadi kepada Arkhipus yang mungkin adalah putra Filemon (ay. 2) mengingatkan kita pada tuduhan sang rasul terhadap Timotius (II Tim. 1:6). Ungkapan dalam Tuhan menunjukkan bahwa pelayanan Arkhipus adalah "karunia rohani" dan bukan sekadar pekerjaan organisasi saja (bdg. Rm. 12:6-8; I Kor. 12:5; Ef. 4:12). Yang dipikirkan ialah agar suara Paulus senantiasa ada di dalam kehidupan gereja: bahayanya bukan kekurangan karunia rohani, melainkan karunia rohani yang akibat dosa pribadi, tekanan organisasi, atau beragam pengaruh non-rohani menjadi terhalang, diselewengkan dan tidak dipenuhi. * Kol 4:18 - belenggu Sesudah mengimlakan surat ini, Paulus menegaskan keasliannya, sebagai kebiasaannya (bdg. I Kor. 16:21; Gal. 6:11; II Tes. 3:17; Flm. 19), dengan salam yang ditulisnya sendiri (bdg. Deiss, LAE, hlm. 171, 172). Sambil mengacu kepada belenggu-nya Paulus mengingatkan para pembaca bahwa "dia yang menderita karena Kristus memiliki hak untuk berbicara atas nama Kristus" (Lightfoot). Dengan nada yang menyentuh ini sang rasul mengakhiri suratnya.
Daftar Label dari Kategori Renungan Katolik 2023 Pembuatan Tata Ibadah: Pembuatan Tata Ibadah Katolik, Lagu Perkawinan Katolik, Kalender Liturgi Katolik 2016, Khotbah Katolik 2016, | Nama-Nama Bayi Katolik Terlengkap Orang Kudus Katolik Dirayakan Desember Santo-Santa 13 Desember - Santa Lusia (Perawan dan Martir), Santa Odilia atau Ottilia (Pengaku Iman) MAZMUR TANGGAPAN & BAIT PENGANTAR INJIL - PASKAH - KENAIKAN - PENTAKOSTA - BIASA NEXT: Renungan Katolik Jumat, 6 Januari 2023 - Markus 1:7-11 - BcO Yesaya 42:1-9 - Hari biasa Masa Natal PREV: Renungan Katolik Rabu, 4 Januari 2023 - Yohanes 1:35-42 (Penjelasan) - BcO Kolose 3:17-4:1 (Penjelasan) - Hari biasa Masa Natal 18 Maret 2024 Yesus membuka pintu Allah - Paus Benediktus XVI 18 Maret 2024 Puasa mengangkat pikiran kepada Allah - St. Fransiskus dari Sales Kamis, 28 Maret 2024 UPACARA PENCUCIAN ALTAR DI BASILIKA SANTO PETRUS PADA KAMIS PUTIH Kamis, 12 Oktober 2023 Panduan Dalam Memakai Rosario |
Links:
lagu-gereja.com,
bible.,
perkantas,
gbi,
GKII,
gkj,
hkbp,
MISA,
gmim,
toraja,
gmit,
gkp,
gkps,
gbkp,
Hillsong,
PlanetShakers,
JPCC Worship,
Symphony Worship,
Bethany Nginden,
Christian Song,
Lagu Rohani,
ORIENTAL WORSHIP,
Lagu Persekutuan
Jadwal Misa Gereja Seluruh Indonesia 01 Jadwal Misa Gereja di Jakarta Pusat 1. Map/Peta Gereja Katolik di Jakarta02 Jadwal Misa Gereja di Jakarta Barat 03 Jadwal Misa Gereja di Jakarta Timur 04 Jadwal Misa Gereja di Jakarta Utara 05 Jadwal Misa Gereja di Jakarta Selatan 06 Jadwal Misa Gereja di Tangerang 07 Jadwal Misa Gereja di Bekasi - Karawang 08 Jadwal Misa Gereja di Bandung 10 Jadwal Misa Gereja di Bogor - Depok 16 Jadwal Misa Gereja di Makassar 18 Jadwal Misa Gereja di Medan 21 Jadwal Misa Gereja di Palembang 2. Map/Peta Gereja Katolik di Surabaya 3. Map/Peta Gereja Katolik di Makassar 4. Map/Peta Gereja Katolik di Bandung 5. Map/Peta Gereja Katolik di Medan 6. Map/Peta Gereja Katolik di Depok Agustus - Hati Maria Yang Tidak Bernoda(3) April - Sakramen Maha Kudus (6) Bulan Katekese Liturgi(5) Bulan November - Jiwa-jiwa Kudus di Api penyucian(4) Bulan Oktober - Bulan Rosario(1) Bulan Oktober - Bulan Rosario suci(4) Desember - Bunda Maria yang dikandung tanpa noda(4) Februari - Keluarga Kudus Yesus Maria Yosep(5) Ibadah(1) Januari - Bulan menghormati Nama Yesus(5) Juli - Darah Mulia(2) Juni - Hati Kudus Yesus(10) Maret - Pesta St. Yosep(3) Mei - Bulan Maria(8) Penutup Bulan Rosario(1) Peringatan Arwah(2) Rabu Abu(1) SEPTEMBER - TUJUH DUKA MARIA(7) |
popular pages | Register | Login | e-mail: admin@lagu-gereja.com © 2012 . All Rights Reserved. |