|
Sabtu, 28 Oktober 2017 (Lukas 6:12-19)Khotbah Katolik Sabtu, 28 Oktober 2017 - Lukas 6:12-19 - BcO Kisah Para Rasul 5:12-32 atau 2Kor 1:17-2:5 atau 1 Kor 4:1-16 - Pesta St. Simon dan Yudas RasulPesta St. Simon dan Yudas Rasul Ef. 2:19-22; Mzm. 19:2-3,4-5; Lukas 6:12-19 BcO Kisah Para Rasul 5:12-32 atau 2Kor 1:17-2:5 atau 1 Kor 4:1-16 warna liturgi Merah Lukas 6:12-19 Yesus memanggil kedua belas rasul 6:12 Pada waktu itu pergilah Yesus ke bukit untuk berdoa dan semalam-malaman Ia berdoa kepada Allah. 6:13 Ketika hari siang, Ia memanggil murid-murid-Nya kepada-Nya, lalu memilih dari antara mereka dua belas orang, yang disebut-Nya rasul: 6:14 Simon yang juga diberi-Nya nama Petrus, dan Andreas saudara Simon, Yakobus dan Yohanes, Filipus dan Bartolomeus, 6:15 Matius dan Tomas, Yakobus anak Alfeus, dan Simon yang disebut orang Zelot, 6:16 Yudas anak Yakobus, dan Yudas Iskariot yang kemudian menjadi pengkhianat. Yesus mengajar dan menyembuhkan banyak orang 6:17 Lalu Ia turun dengan mereka dan berhenti pada suatu tempat yang datar: di situ berkumpul sejumlah besar dari murid-murid-Nya dan banyak orang lain yang datang dari seluruh Yudea dan dari Yerusalem dan dari daerah pantai Tirus dan Sidon. 6:18 Mereka datang untuk mendengarkan Dia dan untuk disembuhkan dari penyakit mereka; juga mereka yang dirasuk oleh roh-roh jahat beroleh kesembuhan. 6:19 Dan semua orang banyak itu berusaha menjamah Dia, karena ada kuasa yang keluar dari pada-Nya dan semua orang itu disembuhkan-Nya. Penjekasan: * Yesus Memilih Kedua Belas Rasul (6:12-19) Di dalam ayat-ayat ini, diceritakan tentang Tuhan Yesus yang berada di tempat tersembunyi, bersama keluarga-Nya, dan di antara banyak orang. Dalam ketiganya, Ia bersikap seperti diri-Nya sendiri. I. Kita lihat bagaimana Ia berdoa kepada Allah di tempat tersembunyi (ay. 12). Lukas sering kali mencatat bagaimana Kristus menyendiri untuk memberi kita contoh supaya berdoa di tempat tersembunyi, memelihara persekutuan dengan Allah setiap hari, dan tanpa hal ini, jiwa kita tidak mungkin sejahtera. Pada waktu itu, ketika lawan-lawan Kristus sangat murka dengan-Nya dan berunding hendak melakukan sesuatu terhadap-Nya, Ia pergi untuk berdoa. Dengan begitu Ia memenuhi apa yang telah dikatakan Daud sebelumnya (Mzm. 109:4), Sebagai balasan terhadap kasihku mereka menuduh aku, sedang aku mendoakan mereka. Perhatikanlah: . Dia berada seorang diri dengan Allah. Ia pergi ke bukit untuk berdoa, tempat di mana Ia takkan terganggu. Kita tidak pernah lebih sendirian dibanding bila kita seorang diri bersama Allah. Bagi saya, sangat tidak jelas apakah di bukit itu dibangun tempat khusus bagi orang-orang saleh untuk menyendiri dalam saat teduh pribadi seperti yang diduga sebagian orang. Juga tidak jelas apakah he proseuche tou theou di sini dimaksudkan sebagai kapel atau tempat untuk berdoa itu. Ia pergi ke bukit untuk menyendiri, dan mungkin oleh sebab itu Ia tidak akan pergi ke tempat yang sering dikunjungi orang. . Lama Ia sendirian bersama Allah, semalam-malaman Ia berdoa. Bagi kita, waktu setengah jam itu sudah terasa sangat lama untuk menjalankan kewajiban seorang diri di tempat tertutup. Akan tetapi, Kristus semalam-malaman berdoa sendirian di tempat tersembunyi. Ada banyak hal yang bisa kita kerjakan di hadapan takhta anugerah, dan seharusnya kita suka bersekutu dengan Allah. Dua hal ini terkadang bisa membuat kita menghabiskan banyak waktu dalam doa. II. Dalam keluarga-Nya, kita dapati Dia menunjuk pengiring-pengiring dekat-Nya yang harus senantiasa menjadi pendengar semua pengajaran-Nya dan saksi mata atas mujizat-mujizat-Nya, supaya sesudah itu mereka dapat diutus ke seluruh dunia sebagai rasul atau utusan-Nya untuk memberitakan Injil kepada dunia dan mendirikan jemaat di dunia ini (ay. 13). Sesudah berdoa semalam-malaman, orang akan menyangka bahwa ketika hari siang, Ia tentunya akan beristirahat dan tidur sejenak. Namun, ternyata tidak demikian halnya. Begitu orang baru mulai terbangun, Ia memanggil murid-murid-Nya kepada-Nya. Dalam melayani Allah, kita harus hati-hati agar tidak kehilangan waktu. Begitu selesai dengan suatu tugas, kita harus segera mulai dengan tugas yang baru lagi. Para pelayan harus dilantik dengan doa dan bukan sekadar dengan upacara yang biasa saja. Jumlah rasul ada dua belas orang. Nama-nama mereka dicatat di sini. Inilah ketiga kalinya kita membaca nama-nama mereka, dan dalam urutan nama yang berbeda-beda, untuk mengajar para pelayan Tuhan dan orang Kristen agar tidak mementingkan pengutamaan, apalagi sampai menginginkannya. Sebaliknya, kita harus memandang pengutamaan itu sebagai sesuatu yang tidak layak untuk diperhatikan. Biarlah apa yang utama itu muncul dengan sendirinya ketika ia bersinar. Murid yang dalam Injil Markus disebut Tadeus, dan dalam beberapa naskah kuno Injil Matius disebut Lebbeus dengan nama keluarga Tadeus, di sini disebut Yudas anak Yakobus, yang menulis Surat Yudas. Simon yang dalam Injil Matius dan Markus disebut orang Kanaan, di sini disebut Simon orang Zelot, boleh jadi karena semangatnya yang tinggi dalam hal rohani. Mengenai kedua belas orang yang namanya tercantum di sini, kita punya alasan untuk berkata seperti yang dikatakan ratu Syeba tentang para pegawai Salomo, berbahagialah para pegawaimu ini yang selalu melayani engkau dan menyaksikan hikmatmu. Belum pernah ada orang yang beroleh hak begitu istimewa seperti ini. Namun, salah satu dari antara mereka dikuasai Iblis dan menjadi seorang pengkhianat (ay. 16). Bagaimanapun, saat memilih dia, Kristus tidak terkecoh. III. Di antara orang banyak, kita melihat Dia memberitakan Injil dan menyembuhkan, dan Ia membagi waktu untuk melakukan kedua pekerjaan besar itu (ay. 17). Ia turun dari bukit bersama kedua belas rasul-Nya itu dan berhenti pada suatu tempat yang datar, siap menerima orang-orang yang datang berbondong-bondong kepada-Nya. Di situ hadir bukan saja sejumlah besar dari murid-murid-Nya yang biasa mengiring Dia, tetapi juga banyak orang lain dari seluruh Yudea dan dari Yerusalem. Walaupun jarak dari Yerusalem ke Galilea, tempat di mana Kristus sekarang berada berpuluh kilometer jauhnya, dan walaupun di Yerusalem tersedia banyak guru terkenal yang punya nama besar dan terhormat, orangorang itu tetap datang juga untuk mendengarkan Kristus. Mereka juga datang dari pantai Tirus dan Sidon. Meskipun orang-orang yang tinggal di situ kebanyakan adalah pengusaha serta tinggal berbatasan dengan orang Kanaan, mereka cukup menyukai Kristus. Begitulah, mereka semua tersebar di berbagai kawasan. . Mereka datang untuk mendengarkan Dia dan Ia pun mengajar mereka. Orang-orang yang tidak memperoleh pengajaran yang baik di lingkungan tempat tinggal mereka, lebih suka melakukan perjalanan jauh guna mendapatkannya daripada tidak. Sungguh sepadan untuk menempuh jarak jauh guna mendengarkan perkataan Kristus dan mengesampingkan hal-hal lain supaya mendapatkannya. . Mereka datang untuk disembuhkan oleh-Nya, dan Ia menyembuhkan mereka. Ada beberapa yang mempunyai masalah dengan tubuh, dan ada pula yang dengan pikiran. Beberapa menderita penyakit, dan beberapa lagi dirasuk oleh roh-roh jahat. Namun, apa pun yang mereka derita, begitu memohon kepada Kristus, mereka langsung disembuhkan, sebab Ia memiliki kuasa atas penyakit dan roh-roh jahat (ay. 17-18), baik atas akibat maupun penyebabnya. Bahkan lebih dari itu, sepertinya, orang-orang yang tidak sakit apa-apa pun mendapati bahwa dengan turut mengambil bagian dalam kuasa yang keluar dari pada-Nya, kesehatan dan tenaga mereka dipulihkan dan disegarkan. Sebab (ay. 19), semua orang banyak itu berusaha menjamah Dia, baik mereka yang sehat maupun yang sakit. Mereka semua merasa lebih baik, karena semua orang itu disembuhkan-Nya. Memangnya, siapa sih yang tidak mau disembuhkan dari hal apa saja? Di dalam Kristus terdapat kepenuhan anugerah dan kuasa kesembuhan yang siap mengalir keluar dari diri-Nya, cukup bagi semua orang, dan cukup bagi setiap orang. BcO Kisah Para Rasul 5:12-32 Tanda-tanda dan mujizat-mujizat 5:12 Dan oleh rasul-rasul diadakan banyak tanda dan mujizat di antara orang banyak. Semua orang percaya selalu berkumpul di Serambi Salomo dalam persekutuan yang erat. 5:13 Orang-orang lain tidak ada yang berani menggabungkan diri kepada mereka. Namun mereka sangat dihormati orang banyak. 5:14 Dan makin lama makin bertambahlah jumlah orang yang percaya kepada Tuhan, baik laki-laki maupun perempuan, 5:15 bahkan mereka membawa orang-orang sakit ke luar, ke jalan raya, dan membaringkannya di atas balai-balai dan tilam, supaya, apabila Petrus lewat, setidak-tidaknya bayangannya mengenai salah seorang dari mereka. 5:16 Dan juga orang banyak dari kota-kota di sekitar Yerusalem datang berduyun-duyun serta membawa orang-orang yang sakit dan orang-orang yang diganggu roh jahat. Dan mereka semua disembuhkan. Rasul-rasul dilepaskan dari penjara 5:17 Akhirnya mulailah Imam Besar dan pengikut-pengikutnya, yaitu orang-orang dari mazhab Saduki, bertindak sebab mereka sangat iri hati. 5:18 Mereka menangkap rasul-rasul itu, lalu memasukkan mereka ke dalam penjara kota. 5:19 Tetapi waktu malam seorang malaikat Tuhan membuka pintu-pintu penjara itu dan membawa mereka ke luar, katanya: 5:20 "Pergilah, berdirilah di Bait Allah dan beritakanlah seluruh firman hidup itu kepada orang banyak." 5:21 Mereka mentaati pesan itu, dan menjelang pagi masuklah mereka ke dalam Bait Allah, lalu mulai mengajar di situ. Sementara itu Imam Besar dan pengikut-pengikutnya menyuruh Mahkamah Agama berkumpul, yaitu seluruh majelis tua-tua bangsa Israel, dan mereka menyuruh mengambil rasul-rasul itu dari penjara. 5:22 Tetapi ketika pejabat-pejabat datang ke penjara, mereka tidak menemukan rasul-rasul itu di situ. Lalu mereka kembali dan memberitahukan, 5:23 katanya: "Kami mendapati penjara terkunci dengan sangat rapihnya dan semua pengawal ada di tempatnya di muka pintu, tetapi setelah kami membukanya, tidak seorangpun yang kami temukan di dalamnya." 5:24 Ketika kepala pengawal Bait Allah dan imam-imam kepala mendengar laporan itu, mereka cemas dan bertanya apa yang telah terjadi dengan rasul-rasul itu. 5:25 Tetapi datanglah seorang mendapatkan mereka dengan kabar: "Lihat, orang-orang yang telah kamu masukkan ke dalam penjara, ada di dalam Bait Allah dan mereka mengajar orang banyak." Rasul-rasul di hadapan Mahkamah Agama -- Nasihat Gamaliel 5:26 Maka pergilah kepala pengawal serta orang-orangnya ke Bait Allah, lalu mengambil kedua rasul itu, tetapi tidak dengan kekerasan, karena mereka takut, kalau-kalau orang banyak melempari mereka. 5:27 Mereka membawa keduanya dan menghadapkan mereka kepada Mahkamah Agama. Imam Besar mulai menanyai mereka, 5:28 katanya: "Dengan keras kami melarang kamu mengajar dalam Nama itu. Namun ternyata, kamu telah memenuhi Yerusalem dengan ajaranmu dan kamu hendak menanggungkan darah Orang itu kepada kami." 5:29 Tetapi Petrus dan rasul-rasul itu menjawab, katanya: "Kita harus lebih taat kepada Allah dari pada kepada manusia. 5:30 Allah nenek moyang kita telah membangkitkan Yesus, yang kamu gantungkan pada kayu salib dan kamu bunuh. 5:31 Dialah yang telah ditinggikan oleh Allah sendiri dengan tangan kanan-Nya menjadi Pemimpin dan Juruselamat, supaya Israel dapat bertobat dan menerima pengampunan dosa. 5:32 Dan kami adalah saksi dari segala sesuatu itu, kami dan Roh Kudus, yang dikaruniakan Allah kepada semua orang yang mentaati Dia." Penjelasan: * Kis 5:12 Orang-orang Kristen mula-mula tidak memiliki gedung sendiri untuk beribadah, tetapi bertemu di Serambi Salomo, yang berbatasan dengan bagian timur wilayah Bait Allah yang luas. * Kis 5:13-14 14. Kematian Ananias dan Safira memiliki pengaruh yang demikian memurnikan sehingga tidak seorang pun berani bergabung dalam persekutuan baru ini dengan alasan-alasan manusiawi semata. Bagaimanapun juga, gereja sangat dihormati oleh masyarakat. Hanya orang-orang yang sungguh-sungguh mengalami karya penyelamatan oleh Allah sajalah yang berani bergabung dengan gereja; tetapi terdapat sejumlah besar orang percaya semacam itu. * Perlawanan Kedua Dari Para Pemimpin Yahudi (5:17-42). Popularitas orang-orang percaya kembali membuat mereka diperhatikan oleh Imam Besar dan orang-orang Saduki. Salah satu tema pokok dari kitab Kisah Para Rasul ialah penolakan Injil oleh bangsa Yahudi. Bagian ini menelusuri langkah selanjutnya dalam penolakan dan penganiayaan oleh para pejabat Yahudi. * Kis 5:17 - Mazhab Mazhab (sekte) hanya berarti golongan dan sama sekali tidak mengandung konotasi negatif sebagaimana arti kata sekte saat ini. * Kis 5:18 Kali ini semua rasul ditangkap dan dimasukkan penjara selama semalam untuk disidangkan di Sanhedrin keesokan harinya. * Kis 5:19-20 - Hidup itu Para rasul itu dibebaskan secara adikodrati pada malam harinya dan diberi semangat untuk terus bersaksi kepada orang-orang tentang jalan hidup dan keselamatan. Hidup itu. Sebutan yang tidak biasa bagi amanat Kristen. * Kis 5:21 - Menjelang pagi // Mahkamah Agama // majelis tua-tua Menjelang pagi Sanhedrin atau Mahkamah Agama (juga dinamakan majelis tua-tua), yang terdiri dari orang Farisi dan Saduki. berkumpul dan memerintahkan agar para rasul dihadapkan kepada mereka. * Kis 5:22-23 Para pengawal pergi ke penjara dan menemukan segala sesuatu di dalam keadaan yang wajar, pintu-pintu tahanan tetap terkunci dan para penjaga tetap waspada: tetapi para rasul itu sudah menghilang. * Kis 5:24 - Kepala pengawal Bait Allah // Imam-imam kepala Kepala pengawal Bait Allah adalah anggota Sanhedrin. Imam-imam kepala. Pemimpin dari beberapa keluarga Imam Besar dan imam-imam yang sebelumnya memegang jabatan Imam Besar dan yang terus mempertahankan gelar itu. Para pejabat Sanhedrin ini tampaknya berpikir bahwa orang-orang Kristen telah berhasil membuat bertobat beberapa anggota pengawal Bait Allah, dan kelihatannya gerakan baru ini akan berkembang secara tidak terkendali. * Kis 5:25 - mengajar orang banyak Di tengah-tengah perundingan, sampailah sebuah berita di Sanhedrin bahwa para rasul kembali mengajar orang banyak di Bait Allah. * Kis 5:26 - Kepala pengawal, Kepala pengawal, dengan bawahannya. membujuk para rasul itu untuk ikut secara sukarela menghadap Sanhedrin. Kepala pengawal tidak berani menggunakan kekerasan waktu mengambil para rasul itu karena takut reaksi keras masyarakat yang sangat menghormati para pengkhotbah dam penyembuh ini. * Kis 5:27 Para rasul mengikuti para pengawal meninggalkan wilayah Bait Allah menuju ke tempat pertemuan Sanhedrin. Imam Besar menuduh mereka dengan dua tuduhan: pertama, mereka tidak menaati perintah Sanhedrin sebelumnya untuk berhenti mengajar dalam nama Yesus. Kedua, mereka berusaha menuduh Sanhedrin sebagai yang bertanggung jawab atas penyaliban Yesus. Para rasul, tentu saja, tidak memiliki maksud demikian, tetapi khotbah mereka mengenai salib memberikan kesan semacam itu. * Kis 5:29 Petrus menjawab bahwa keputusan Sanhedrin itu menghadapkan mereka dengan pilihan menaati manusia atau menaati Allah. * Kis 5:30 - Allah nenek moyang kita, Di dalam situasi semacam itu, hanya satu pilihan yang dapat diambil, terutama karena Allah telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati. Yesus yang telah dibunuh oleh para pemimpin Yahudi itu. Melalui ungkapan. Allah nenek moyang kita, Petrus menunjukkan bahwa dia masih menganggap dirinya orang Yahudi. Gereja mula-mula tidak memutuskan persekutuan dengan orang-orang Yahudi, tetapi berada sebagai suatu persekutuan di dalam Yudaisme. * Kis 5:31 - Pemimpin // Juruselamat Sekalipun orang Yahudi telah merendahkan Yesus melalui penyaliban (Ul. 21:23), Allah telah memberikan kehormatan tertinggi kepada-Nya dengan menjadikan Dia Pemimpin atau Pangeran dan Juruselamat. * Kis 5:32 Pemberitaan para rasul dilandaskan pada kenyataan bahwa mereka telah menyaksikan hal-hal yang mereka kemukakan. Lagi pula, mereka tidak berbicara hanya sebagai individu-individu secara pribadi, tetapi kesaksian mereka diberi kuasa oleh Roh Kudus yang berbicara melalui mereka. Roh Kudus diberikan bukan hanya kepada para rasul, tetapi kepada semua orang yang mau menaati Dia. Label: Lukas 6:12-19
Daftar Label dari Kategori Khotbah Katolik 2017 Lukas 10:13-16(1) Lukas 10:17-24(1) Lukas 10:25-37(1) Lukas 11:27-28(1) Lukas 14:1,7-11(1) Lukas 18:1-8(1) Lukas 1:39-56(1) Lukas 20:27-40(1) Lukas 24:13-35(1) Lukas 2:22-40(1) Lukas 6:12-19(1) Lukas 6:43-49(1) Lukas 7:1-10(1) Lukas 8:16-18(1) Lukas 8:4-15(1) Lukas 9:43b-45(1) Markus 13:33-37(1) Matius 10:17-22(1) Matius 10:26-33(1) Matius 10:37-42(1) Matius 13:1-23(1) Matius 13:24-43(1) Matius 16:13-20(1) Matius 17:1-9(2) Matius 18:1-5,10(1) Matius 1:1-25(1) Matius 20:1-16a(1) Matius 21:28-32(1) Matius 21:33-43(1) Matius 25:31-46(1) Matius 4:1-11(1) Matius 4:12-23(1) Matius 5:13-16(1) Matius 5:17-37(1) Matius 5:38-48(1) Matius 6:24-34(1) Matius. 5:1-12(1) Yohanes 10:1-10(1) Yohanes 11:1-45(1) Yohanes 14:1-12(1) Yohanes 14:15-21(1) Yohanes 1:1-18(1) Yohanes 1:29-34(1) Yohanes 20:19-23(1) Yohanes 3:16-18(1) Yohanes 4:5-42(1) Yohanes 9:1-41(1) Pembuatan Tata Ibadah: Pembuatan Tata Ibadah Katolik, Lagu Perkawinan Katolik, Kalender Liturgi Katolik 2016, Khotbah Katolik 2016, | Nama-Nama Bayi Katolik Terlengkap Orang Kudus Katolik Dirayakan Desember Santo-Santa 12 Desember - Santa Yohanna Fransiska Fremio de Chantal (Janda), Santo Hoa (Pengaku Iman) MAZMUR TANGGAPAN & BAIT PENGANTAR INJIL - PASKAH - KENAIKAN - PENTAKOSTA - BIASA NEXT: Khotbah Katolik Minggu, 29 Oktober 2017 - Matius 22:34-40 - BcO Yeremia 23:9-17,21-29 - Hari Minggu Biasa XXX PREV: Khotbah Katolik Senin, 23 Oktober 2017 - Lukas 12:13-21 - BcO Nahum 1:1-8;3:1-7, 12-15a - Yohanes dari Kaperstrano, Gulielmus, Erem , Yohanes Bonom Ursulin dari Valenciennes All Garis Besar 18 Maret 2024 Yesus membuka pintu Allah - Paus Benediktus XVI 18 Maret 2024 Puasa mengangkat pikiran kepada Allah - St. Fransiskus dari Sales Kamis, 28 Maret 2024 UPACARA PENCUCIAN ALTAR DI BASILIKA SANTO PETRUS PADA KAMIS PUTIH Kamis, 12 Oktober 2023 Panduan Dalam Memakai Rosario |
Links:
lagu-gereja.com,
bible.,
perkantas,
gbi,
GKII,
gkj,
hkbp,
MISA,
gmim,
toraja,
gmit,
gkp,
gkps,
gbkp,
Hillsong,
PlanetShakers,
JPCC Worship,
Symphony Worship,
Bethany Nginden,
Christian Song,
Lagu Rohani,
ORIENTAL WORSHIP,
Lagu Persekutuan
Jadwal Misa Gereja Seluruh Indonesia 01 Jadwal Misa Gereja di Jakarta Pusat 1. Map/Peta Gereja Katolik di Jakarta02 Jadwal Misa Gereja di Jakarta Barat 03 Jadwal Misa Gereja di Jakarta Timur 04 Jadwal Misa Gereja di Jakarta Utara 05 Jadwal Misa Gereja di Jakarta Selatan 06 Jadwal Misa Gereja di Tangerang 07 Jadwal Misa Gereja di Bekasi - Karawang 08 Jadwal Misa Gereja di Bandung 10 Jadwal Misa Gereja di Bogor - Depok 16 Jadwal Misa Gereja di Makassar 18 Jadwal Misa Gereja di Medan 21 Jadwal Misa Gereja di Palembang 2. Map/Peta Gereja Katolik di Surabaya 3. Map/Peta Gereja Katolik di Makassar 4. Map/Peta Gereja Katolik di Bandung 5. Map/Peta Gereja Katolik di Medan 6. Map/Peta Gereja Katolik di Depok Agustus - Hati Maria Yang Tidak Bernoda(3) April - Sakramen Maha Kudus (6) Bulan Katekese Liturgi(5) Bulan November - Jiwa-jiwa Kudus di Api penyucian(4) Bulan Oktober - Bulan Rosario(1) Bulan Oktober - Bulan Rosario suci(4) Desember - Bunda Maria yang dikandung tanpa noda(4) Februari - Keluarga Kudus Yesus Maria Yosep(5) Ibadah(1) Januari - Bulan menghormati Nama Yesus(5) Juli - Darah Mulia(2) Juni - Hati Kudus Yesus(10) Maret - Pesta St. Yosep(3) Mei - Bulan Maria(8) Penutup Bulan Rosario(1) Peringatan Arwah(2) Rabu Abu(1) SEPTEMBER - TUJUH DUKA MARIA(7) |
popular pages | Register | Login | e-mail: admin@lagu-gereja.com © 2012 . All Rights Reserved. |