|
Sabtu, 18 Mei 2019 (Yohanes 14:7-14)Sabtu, 18 Mei 2019 - Yohanes 14:7-14 - BcO Why. 18:1-20 - Yohanes I (Paus), Leonardus Murialdo, Willem Toulouse, Feliks dari Cantalice - warna liturgi PutihYohanes I (Paus), Leonardus Murialdo, Willem Toulouse, Feliks dari Cantalice Kis. 13:44-52; Mzm. 98:1,2-3ab,3cd-4; Yohanes 14:7-14 BcO Why. 18:1-20 warna liturgi Putih Yohanes 14:7-14 14:7 Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia." 14:8 Kata Filipus kepada-Nya: "Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami." 14:9 Kata Yesus kepadanya: "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami. 14:10 Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya. 14:11 Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri. 14:12 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa; 14:13 dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. 14:14 Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya." Penjelasan: * Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia." Sebagai kelanjutan dari pernyataan yang mengejutkan, yaitu "Akulah jalan...", Tuhan Yesus menegur mereka, karena mereka belum mengenal Dia sebagaimana seharusnya, sehingga memang mereka bingung mengenai tujuan-Nya, yaitu Allah Bapa sendiri. Namun setelah teguran itu ada penghiburan yang besar, bahwa mereka yang sudah sekian lama bersekutu dengan Tuhan Yesus sungguh mengenal Allah Bapa. Penghiburan ini sesuai dengan pasal 1:18, yang berkata "Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya." Dalam ayat ini ada pernyataan yang lebih mengejutkan, bahwa mereka telah melihat Allah, suatu konsep yang luar biasa baik di kalangan orang Yahudi maupun di kalangan orang Yunani. * Kata Filipus kepada-Nya, "Tuan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami." Dalam pasal 1:18 kita membaca, "Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya." Lagipula tema ini dikembangkan dalam seluruh Injil Yohanes, karena di dalamnya Tuhan Yesus menyatakan Allah, dengan perkataan, tanda, penyaliban, dan kebangkitan. Dalam Keluaran 33:18 Musa minta, "Perlihatkanlah kiranya kemuliaan-Mu kepadaku." Sebagai tanggapan pada pernyataan Tuhan Yesus, bahwa mereka "telah melihat Dia" Filipus lebih berani lagi. Kesalahpahamannya dipakai Tuhan Yesus untuk mengajar lebih lanjut mengenai hubungan antara Allah Bapa dan Tuhan Yesus. * Yoh 14:9 Kata Yesus kepadanya, "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau belum mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami. Sejak pasal 1:43 Filipus menemani Tuhan Yesus, namun Filipus belum mengenal Dia. Rasanya Tuhan Yesus agak sedih mengucapkan ini. Memang mereka yang melawan Dia tidak mengerti siapa Dia, tetapi tampaknya murid-murid-Nya, yang setia pun, belum mengenal Dia sebagaimana seharusnya. Sepertinya pelayanan-Nya sekian lama adalah sia-sia. Penjelasan-Nya sangat sederhana, juga sangat mengherankan: Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa. Penjelasan ini lebih mengherankan daripada apa yang dikatakan dalam pasal 1:18, bahwa Tuhan Yesus "menyatakan" Allah Bapa. Rahasia ketritunggalan Allah didekati dalam nas ini. Hubungan antara Bapa dan Yesus (dan Roh pun) pasti begitu mulia sehingga tidak terjangkau oleh akal manusia, namun Tuhan Yesus memberi petunjuk bagi kita, supaya kita dapat memahami sebanyak mungkin mengenai identitas-Nya. Dalam kalimat bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, istilah engkau diberi tekanan, sehingga ada kesan bahwa Filipus ditegur lagi. Seharusnya Filipus lebih mengerti. * Yoh 14:10 Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya. Pasal ini dibuka dengan himbauan, "percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku". Kunci keberhasilan mereka, dan kunci damai sejahtera mereka, adalah iman pada Yesus Kristus sebagai yang mempunyai hubungan dengan Allah Bapa yang diuraikan dalam bagian ini. Tanpa iman itu mereka pasti dibelenggu dengan ketakutan, dan gagal melayani Dia. Dalam pasal 10:37-38 Tuhan Yesus berkata kepada mereka yang melawan Dia, "Jikalau Aku tidak melakukan pekerjaan-pekerjaan Bapa-Ku, janganlah percaya kepada-Ku, tetapi jikalau Aku melakukannya dan kamu tidak mau percaya kepada-Ku, percayalah akan pekerjaan-pekerjaan itu, supaya kamu boleh mengetahui dan mengerti, bahwa Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Bapa." Hal itu diharapkan dari mereka yang melawan, apa lagi murid-Nya. Baik dalam pasal 10:37-38 maupun dalam pasal 14:10, kesatuan antara Tuhan Yesus Kristus dan Allah Bapa didukung oleh pekerjaan Allah Bapa, yang terwujud melalui Tuhan Yesus. * Yoh 14:11 Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri. Ayat ini menghimbau supaya mereka percaya. Lebih baik kalau iman mereka berdasarkan perkataan Tuhan Yesus, tetapi kalau itu terlalu berat, iman boleh juga berdasarkan tanda-tanda yang Dia lakukan. Dua dasar iman yang sama juga terlihat dalam pasal 10:37-38. Tampaknya Dia lebih menghargai iman yang muncul dari kesaksian, tetapi hal itu tidak membuktikan adanya "iman yang tidak menyelamatkan". * Yoh 14:12 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa; Janji ini luar biasa. Mari kita mengamatinya dengan teliti dan mengimaninya dengan setia. Nas ini, terutama ayat 1, 10, dan 11 menghimbau supaya murid-murid-Nya meningkatkan iman mereka. Ayat ini menceritakan salah satu berkat yang menyertai iman yang demikian. Ayat 13-14 menjelaskan bahwa doa adalah cara untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang disebutkan dalam ayat ini. Ayat 15 mengemukakan unsur kasih dan ketaatan, dan ayat 16-19 mengemukakan peranan Roh Kudus dalam kehidupan murid-murid-Nya. Jika kita membaca Kisah Para Rasul, kita melihat murid-murid Tuhan Yesus mengadakan mukjizat-mukjizat yang diadakan oleh Tuhan Yesus, seperti membangkitkan orang dari maut, tetapi kita tidak melihat mereka mengadakan mukjizat-mukjizat yang lebih mengherankan lagi, jadi mungkin ungkapan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu merujuk pada jumlah perbuatan, dan bukan tingkat keheranan atau keajaiban perbuatan itu. Kepergian Tuhan Yesus kepada Bapa memungkinkan pelaksanaan pekerjaan-pekerjaan itu. Ayat 16-17 menjelaskan bahwa Roh Kudus akan diutus dari Allah Bapa, sehingga Roh Kudus mempunyai peranan yang amat penting dalam hal ini. Dalam bahasan ini, pasal 20:21, "Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu", harus juga diingat. Carson menolak pengertian Morris bahwa pekerjaan-pekerjaan murid-murid-Nya adalah lebih besar dari pada itu karena pekerjaan-pekerjaan itu lebih banyak. Bagi Carson, jumlah pekerjaan-pekerjaan itu pasti lebih banyak, karena dilakukan oleh banyak murid. Menurut Carson, pekerjaan-pekerjaan menjadi lebih besar karena pekerjaan-pekerjaan mereka berada dalam orde baru, suatu zaman di mana segala sesuatu yang dilakukan oleh Tuhan Yesus - yang masih agak samar-samar - masih terjadi, tetapi tidak samar-samar lagi, karena Tuhan Yesus sudah disalibkan dan sudah bangkit dari antara orang-orang mati. Selain itu, nas ini juga dapat merujuk pada keberhasilan penginjilan sedunia yang dilakukan oleh jemaat-jemaat Kristus, setelah Tuhan Yesus pergi kepada Allah Bapa dan mengutus Roh-Nya. Mungkinkah mukjizat pertobatan dan keselamatan bangsa-bangsa bukan Yahudi merupakan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar? * dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. Janji ini menguraikan janji yang ada dalam ayat 12. "Pekerjaan-pekerjaan" itu dilakukan melalui doa dalam nama Tuhan Yesus. Ungkapan "dalam nama Tuhan Yesus" tidak boleh dipakai sebagai suatu mantra Kristen. Doa yang digambarkan dalam Injil Yohanes tidak membeo kata-kata apapun. Doa seperti itu terdapat di kalangan agama lama, bukan di kalangan kita. Ayat ini tidak berjanji bahwa kita berdoa menurut keingingan diri kita sendiri, dan - asalkan kita memakai ungkapan "dalam nama Yesus" - doa kita dikabulkan. Ayat ini mengajak kita untuk ikut serta dalam pekerjaan Tuhan Yesus, dengan juga ikut serta dalam sifat hati dan tujuan-Nya. Doa yang demikian mempermuliakan Allah Bapa. * Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya." Janji yang indah itu diulangi di sini dan juga diulangi dalam pasal 15:7, 16; 16:23, dan 24. Tata bahasa ayat ini sejajar dengan tata bahasa ayat yang berikut yang menegaskan pertanggung jawaban kita.1020 Kesejajaran ini menguraikan arti ungkapan dalam nama-Ku. Orang yang mampu berdoa dalam nama Tuhan Yesus, yaitu orang yang memahami hati dan karya Tuhan Allah, dan yang terbeban untuk mendukung hati dan karya Tuhan Allah, adalah orang yang mengasihi Dia. Orang yang tidak mengasihi Tuhan Allah tidak memahami urusan-urusan yang berada dalam lingkungan nama Yesus. Label: Yohanes 14:7-14
Daftar Label dari Kategori Materi Khotbah Katolik 2019 Lukas 10:1-9(1) Lukas 15:1-3.11-32(1) Lukas 18:9-14(1) Lukas 1:1-4;4:14-21(1) Lukas 22:14-23:56(1) Lukas 24:13-35(1) Lukas 2:22-40(1) Lukas 4:1-13(1) Lukas 4:21-30(1) Lukas 5:1-11(1) Lukas 5:27-32(1) Lukas 6:27-38(1) Lukas 6:39-45(1) Lukas 9:11b-17(1) Lukas 9:28b-36(1) Lukas 9:51-62(1) Markus 10:13-16(1) Markus 16:9-15(1) Markus 6:30-34(1) Markus 9:2-13(1) Matius 16:13-19(1) Matius 5:43-48(1) Matius 6:24-34(1) Yohanes 10:27-30(1) Yohanes 11:1-45(1) Yohanes 11:45-56(1) Yohanes 13:31-33a,34-35(1) Yohanes 14:15-26 14:15-16,23b-26(1) Yohanes 14:23-29(1) Yohanes 14:7-14(1) Yohanes 15:18-21(1) Yohanes 16:23b-28(1) Yohanes 17:20-26(1) Yohanes 21:1-19(1) Yohanes 21:20-25(1) Yohanes 2:1-11 (1) Yohanes 4:5-42(1) Yohanes 6:16-21(1) Yohanes 6:60-69(1) Yohanes 7:40-53(1) Yohanes 9:1-41(1) Pembuatan Tata Ibadah: Pembuatan Tata Ibadah Katolik, Lagu Perkawinan Katolik, Kalender Liturgi Katolik 2016, Khotbah Katolik 2016, | Nama-Nama Bayi Katolik Terlengkap Orang Kudus Katolik Dirayakan Desember Santo-Santa 13 Desember - Santa Lusia (Perawan dan Martir), Santa Odilia atau Ottilia (Pengaku Iman) MAZMUR TANGGAPAN & BAIT PENGANTAR INJIL - PASKAH - KENAIKAN - PENTAKOSTA - BIASA NEXT: Minggu, 19 Mei 2019 - Perintah baru - Yohanes 13:31-33a,34-35 - BcO Why. 18:21-19:10 - HARI MINGGU PASKAH V - warna liturgi Putih PREV: Minggu, 12 Mei 2019 - Yohanes 10:27-30 - BcO Why. 12:1-17 - HARI MINGGU PASKAH IV, Hari Minggu Panggilan - warna liturgi Putih 18 Maret 2024 Yesus membuka pintu Allah - Paus Benediktus XVI 18 Maret 2024 Puasa mengangkat pikiran kepada Allah - St. Fransiskus dari Sales Kamis, 28 Maret 2024 UPACARA PENCUCIAN ALTAR DI BASILIKA SANTO PETRUS PADA KAMIS PUTIH Kamis, 12 Oktober 2023 Panduan Dalam Memakai Rosario |
Links:
lagu-gereja.com,
bible.,
perkantas,
gbi,
GKII,
gkj,
hkbp,
MISA,
gmim,
toraja,
gmit,
gkp,
gkps,
gbkp,
Hillsong,
PlanetShakers,
JPCC Worship,
Symphony Worship,
Bethany Nginden,
Christian Song,
Lagu Rohani,
ORIENTAL WORSHIP,
Lagu Persekutuan
Jadwal Misa Gereja Seluruh Indonesia 01 Jadwal Misa Gereja di Jakarta Pusat 1. Map/Peta Gereja Katolik di Jakarta02 Jadwal Misa Gereja di Jakarta Barat 03 Jadwal Misa Gereja di Jakarta Timur 04 Jadwal Misa Gereja di Jakarta Utara 05 Jadwal Misa Gereja di Jakarta Selatan 06 Jadwal Misa Gereja di Tangerang 07 Jadwal Misa Gereja di Bekasi - Karawang 08 Jadwal Misa Gereja di Bandung 10 Jadwal Misa Gereja di Bogor - Depok 16 Jadwal Misa Gereja di Makassar 18 Jadwal Misa Gereja di Medan 21 Jadwal Misa Gereja di Palembang 2. Map/Peta Gereja Katolik di Surabaya 3. Map/Peta Gereja Katolik di Makassar 4. Map/Peta Gereja Katolik di Bandung 5. Map/Peta Gereja Katolik di Medan 6. Map/Peta Gereja Katolik di Depok Agustus - Hati Maria Yang Tidak Bernoda(3) April - Sakramen Maha Kudus (6) Bulan Katekese Liturgi(5) Bulan November - Jiwa-jiwa Kudus di Api penyucian(4) Bulan Oktober - Bulan Rosario(1) Bulan Oktober - Bulan Rosario suci(4) Desember - Bunda Maria yang dikandung tanpa noda(4) Februari - Keluarga Kudus Yesus Maria Yosep(5) Ibadah(1) Januari - Bulan menghormati Nama Yesus(5) Juli - Darah Mulia(2) Juni - Hati Kudus Yesus(10) Maret - Pesta St. Yosep(3) Mei - Bulan Maria(8) Penutup Bulan Rosario(1) Peringatan Arwah(2) Rabu Abu(1) SEPTEMBER - TUJUH DUKA MARIA(7) |
popular pages | Register | Login | e-mail: admin@lagu-gereja.com © 2012 . All Rights Reserved. |