|
Minggu, 29 Januari 2017 (Matius. 5:1-12)Khotbah Katolik Minggu, 29 Januari 2017 - Matius. 5:1-12a. BcO Roma 11:25-36 Hari Minggu Biasa IVHari Minggu Biasa IV Zef. 2:3; 3:12-13; Mzm. 146:1,7,8-9a,9bc-10; 1Kor. 1:26-31; Matius. 5:1-12a. BcO Roma 11:25-36 warna liturgi Hijau Matius. 5:1-12 Ucapan bahagia 5:1 Ketika Yesus melihat orang banyak itu, naiklah Ia ke atas bukit dan setelah Ia duduk, datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya. 5:2 Maka Yesuspun mulai berbicara dan mengajar mereka, kata-Nya: 5:3 "Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga. 5:4 Berbahagialah orang yang berdukacita, karena mereka akan dihibur. 5:5 Berbahagialah orang yang lemah lembut, karena mereka akan memiliki bumi. 5:6 Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan. 5:7 Berbahagialah orang yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan. 5:8 Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah. 5:9 Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah. 5:10 Berbahagialah orang yang dianiaya oleh sebab kebenaran, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga. 5:11 Berbahagialah kamu, jika karena Aku kamu dicela dan dianiaya dan kepadamu difitnahkan segala yang jahat. 5:12 Bersukacita dan bergembiralah, karena upahmu besar di sorga, sebab demikian juga telah dianiaya nabi-nabi yang sebelum kamu." Penjelasan: * Mat 5:1 - Orang banyak // Bukit // Murid-murid-Nya Orang banyak. Sebuah acuan kepada kerumunan orang dari ayat sebelumnya, dan suatu petunjuk bahwa khotbah ini diberitakan ketika pelayanan di Galilea sedang hebat-hebatnya. Bukti selanjutnya ialah pengajaran yang terkandung dalam khotbah ini sudah tingkat lanjutan. Bukit. Sebuah dataran menanjak yang tidak disebutkan namanya, rupanya dekat Kapernaum di mana Yesus menemukan tempat yang datar untuk berbicara (Luk. 6:17). Murid-murid-Nya. Lukas menunjukkan bahwa dua belas murid baru saja dipilih (Luk. 6:12-16) dan khotbah ini terutama ditujukan kepada mereka (bdg. Luk. 6:20). Sekalipun demikian, sebagian khotbah tersebut didengar oleh orang banyak (Mat. 7:28: Luk. 6:17). * Mat 5:3 - Berbahagialah // Yang miskin // empunya // Kerajaan Surga Berbahagialah (diberkatilah). Bahagia. Sebuah gambaran mengenai kondisi batin seorang percaya. Bila melukiskan seseorang yang di dalam kehendak Allah, sesungguhnya yang dimaksudkan adalah orang yang "sudah selamat." Mazmur 1 memberikan gambaran Perjanjian Lama mengenai orang yang berbahagia, yang menunjukkan sifat dasarnya melalui hal-hal yang ia lakukan. Demikian pula Ucapan Bahagia ini terutama bukanlah sejumlah janji kepada perseorangan, melainkan melukiskan ciri-ciri orang yang sudah dilahirkan kembali. Yang miskin (miskin rohani). Lawan dari sombong rohani. Mereka yang sudah menyadari kemiskinan dirinya di dalam hal-hal rohani dan membiarkan Kristus memenuhi kebutuhan tersebut telah menjadi yang empunya (ahli waris) Kerajaan Surga. * Mat 5:4-5 - Berdukacita // Yang lembah lembut // Memiliki // bumi Berdukacita (meratap: bdg. Yes. 61:3). Perasaan sedih yang mendalam atas dosa merupakan ciri khas orang yang berbahagia. Tetapi suatu pertobatan murni akan menghasilkan kesejahteraan bagi orang percaya. Karena Kristus telah menanggung dosa setiap orang, kesejahteraan dari pengampunan yang penuh sudah tersedia (I Yoh. 1:9). Yang lembah lembut. Disebutkan hanya oleh Matius. Jelas mengingatkan kepada Mazmur 37:11. Sumber kelemahlembutan ini adalah Kristus (Mat. 11:28, 29), yang mencurahkannya pada saat manusia menyesuaikan kehendak mereka dengan kehendak-Nya. Memiliki (mewarisi) bumi. Kerajaan Mesianis yang di bumi. * Mat 5:6-9 - Yang lapar dan haus akan kebenaran // Murah hatinya // Suci hatinya // Membawa damai Yang lapar dan haus akan kebenaran. Suatu kerinduan yang amat mendalam untuk memperoleh kebenaran pribadi. Kerinduan semacam itu merupakan bukti ketidakpuasan dengan tingkatan rohani yang dicapai saat ini (kontras dengan orang Farisi, Luk. 18:9 dst.) Murah hatinya (bdg. Mzm. 18:25). Orang yang bertindak dengan belas kasihan dapat mengharapkan kemurahan yang sama dari manusia dan Allah. Suci hatinya. Orang yang moralnya tidak tercemar dosa, perhatian atau kesetiaannya tidak bercabang. Bagi mereka ini, selaku pemilik sifat dasar murni Allah, diberi penglihatan yang tak terhalang tentang Allah, sesuatu yang akan mencapai puncak penggenapannya pada saat Kristus datang kembali (I Kor. 13:12; I Yoh. 3:2). Membawa damai. Sebagaimana adalah "Allah damai sejahtera" (Ibr. 13:20). dan Kristus adalah "saja Damai" (Yes. 9:5), demikian pula pembawa damai di dalam Kerajaan akan dikenal sebagai orang yang memiliki sifat dasar Allah. dan akan dihormati secara selayaknya. * Mat 5:10-12 - Dianiaya oleh sebab kebenaran // Nabi-nabi Dianiaya oleh sebab kebenaran. Pada saat peresmian kerajaan Mesianis, kesalahan-kesalahan semacam ini akan diluruskan. Dan di dalam kerajaan ini pun kehadiran orang berdosa akan memungkinkan adanya kejahatan. walaupun akan langsung ditindak. Nabi-nabi. Para nabi Perjanjian Lama yang menubuatkan kerajaan ini dan memberitakan sifatnya yang benar juga menghadapi tantangan yang sama (Yeremia, Yer. 20:2: Zakharia, II Taw. 24:21). BcO Roma 11:25-36 Penyelamatan Israel 11:25 Sebab, saudara-saudara, supaya kamu jangan menganggap dirimu pandai, aku mau agar kamu mengetahui rahasia ini: Sebagian dari Israel telah menjadi tegar sampai jumlah yang penuh dari bangsa-bangsa lain telah masuk. 11:26 Dengan jalan demikian seluruh Israel akan diselamatkan, seperti ada tertulis: "Dari Sion akan datang Penebus, Ia akan menyingkirkan segala kefasikan dari pada Yakub. 11:27 Dan inilah perjanjian-Ku dengan mereka, apabila Aku menghapuskan dosa mereka." 11:28 Mengenai Injil mereka adalah seteru Allah oleh karena kamu, tetapi mengenai pilihan mereka adalah kekasih Allah oleh karena nenek moyang. 11:29 Sebab Allah tidak menyesali kasih karunia dan panggilan-Nya. 11:30 Sebab sama seperti kamu dahulu tidak taat kepada Allah, tetapi sekarang beroleh kemurahan oleh ketidaktaatan mereka, 11:31 demikian juga mereka sekarang tidak taat, supaya oleh kemurahan yang telah kamu peroleh, mereka juga akan beroleh kemurahan. 11:32 Sebab Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan, supaya Ia dapat menunjukkan kemurahan-Nya atas mereka semua. 11:33 O, alangkah dalamnya kekayaan, hikmat dan pengetahuan Allah! Sungguh tak terselidiki keputusan-keputusan-Nya dan sungguh tak terselami jalan-jalan-Nya! 11:34 Sebab, siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan? Atau siapakah yang pernah menjadi penasihat-Nya? 11:35 Atau siapakah yang pernah memberikan sesuatu kepada-Nya, sehingga Ia harus menggantikannya? 11:36 Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya! Penjelasan: * Rm 11:25 - kamu; // sebagian dari Israel telah menjadi tegar sampai jumlah yang penuh dari bangsa-bangsa lain telah masuk // Sebagian // jumlah yang penuh Rahasia yang Paulus ingin agar jangan sampai tidak diketahui oleh para pembacanya (perhatikan kamu; jamak) ialah bahwa sebagian dari Israel telah menjadi tegar sampai jumlah yang penuh dari bangsa-bangsa lain telah masuk (untuk ikut menikmati berkat yang telah dijanjikan). Jikalau para pembacanya tidak menyadari kenyataan ini, mereka bisa menganggap diri mereka pandai menurut ukuran mereka sendiri. Sebagian. Gaya mengecilkan yang khas Paulus. "Bagian" yang dimaksudkan di sini adalah bagian yang sangat besar, tetapi diimbangi dengan jumlah yang penuh dari bangsa-bangsa bukan Yahudi - yaitu mereka yang telah dipilih dan telah ditentukan Allah dari semula (bdg. 8:28-30). * Rm 11:26 - Dengan jalan demikian seluruh Israel akan diselamatkan. Seluruh Israel // dari Yakub // Seluruh // dengan jalan demikian // dengan Dengan jalan demikian seluruh Israel akan diselamatkan. Seluruh Israel. Bangsa Israel. Bandingkan dengan dari Yakub di dalam kutipan berikutnya. Seluruh. Belum tentu setiap orang, tetapi cukup banyak orang untuk menjadikan orang-orang percaya di dalam Kristus itu sebagai mewakili bangsa Israel. Frasa dengan jalan demikian berhubungan dengan kutipan dari Yesaya 59:20, 21 dan 27:9). Keselamatan Israel berkaitan langsung dengan tindakan pribadi sang Penebus, Yesus sang Mesias. Kata dengan (kai) yang membuka ayat 26 merupakan kata sambung yang memadukan. Ini menunjukkan bahwa karya sang Penebus (Kristus) di dalam menyingkirkan kefasikan dari Yakub dan membawa seluruh Israel kepada keselamatan berjalan seiring dengan masuknya jumlah yang penuh dari bangsa-bangsa lain ke dalam berkat dan kemurahan Allah. Sesudah memandang ke masa depan ini. Paulus kembali ke zamannya sendiri. * Rm 11:28 - Mengenai Injil mereka adalah seteru Allah oleh karena kamu // Tetapi mengenai pilihan mereka adalah kekasih Allah // karena nenek moyang Sebagian besar orang Yahudi pada zaman Paulus. sejauh yang menyangkut kabar baik tentang Kristus, bersikap bermusuhan terhadap orang-orang Kristen di Roma. Tetapi karena orang-orang Yahudi masih merupakan bangsa pilihan Allah, maka orang-orang Kristen di Roma harus memandang orang-orang Yahudi sebagai saudara mengingat para leluhur mereka. Perhatikan di sini adanya sekelompok orang yang, sekalipun terpilih, hidup jauh dari Allah. Para pembaca surat Paulus yang bukan Yahudi memiliki hubungan yang bersifat bertentangan dengan orang-orang Yahudi. Mengenai Injil mereka adalah seteru Allah oleh karena kamu. Setelah menolak Injil, sebagian besar orang Yahudi menjadi memusuhi orang-orang Kristen. Karena Allah telah menolak mereka, dan mencurahkan kemurahan-Nya kepada orang-orang bukan Yahudi, maka mereka memusuhi orang-orang Kristen bangsa lain itu. Tetapi mengenai pilihan mereka adalah kekasih Allah oleh karena nenek moyang. Ini mengacu pada pemilihan seluruh bangsa Yahudi, dan kenyataan bahwa mereka adalah kekasih Allah karena nenek moyang mereka. Pemilihan bisa mencakup seluruh bangsa, seperti di sini; bisa mencakup sekelompok sisa saja, seperti dalam 11:5; bisa mencakup kelompok yang lebih kecil lagi, seperti Dua Belas Rasul (Yoh. 6:71). Di dalam setiap kasus ini, pemilihan menyangkut suatu tugas khusus yang dipercayakan Allah kepada kelompok tersebut. * Rm 11:29 - tidak menyesali kasih karunia dan panggilan-Nya. Kasih karunia Paulus mengajarkan kesetiaan Allah ketika ia mengatakan: Allah tidak menyesali kasih karunia dan panggilan-Nya. Kasih karunia. Hak-hak istimewa yang dinikmati oleh bangsa Israel (bdg. 9:4, 5). Panggilan. Pernyataan Allah kepada Israel atau Yakub bahwa dia dan keturunannya adalah umat Allah (bdg. Yes. 48:12). Bangsa-bangsa lain, yang tidak menaati Allah. memperoleh kemurahan karena atau melalui, ketidaktaatan Israel. Nah, karena kemurahan Allah sudah dialami oleh bangsa-bangsa bukan Yahudi, bangsa Israel akan mengalami kemurahan itu. * Rm 11:32 - Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan, supaya Ia dapat menunjukkan kemurahan-Nya atas mereka semua // semua // Kemurahan-Nya atas mereka semua Kesimpulan Paulus ialah bahwa Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan, supaya Ia dapat menunjukkan kemurahan-Nya atas mereka semua. Setiap kata semua di dalam ayat ini mengacu kepada orang Yahudi dan orang bukan Yahudi. Allah mengurung manusia dengan tujuan membebaskan mereka. Kemurahan-Nya atas mereka semua. Bukan keselamatan semua orang. Ajaran Paulus tentang orang-orang yang menganggap sepi kebaikan Allah juga berlaku bagi orang-orang yang menganggap sepi kemurahan-Nya (lih. 2:4). * Kehebatan dan Kemuliaan Allah - Sumber, Penopang dan Tujuan dari Segala Sesuatu (11:33-36). Rencana Allah di dalam sejarah memungkinkan Allah untuk menunjukkan kemurahan-Nya kepada bangsa Israel dan bangsa-bangsa lainnya sehingga Ia dapat menunjukkan kemurahan-Nya atas mereka semua. Dia juga mampu menjadikan pemberontakan manusia berguna untuk suatu maksud dalam rencana-Nya. Label: Matius. 5:1-12 Label: Matius. 5:1-12
Daftar Label dari Kategori Khotbah Katolik 2017 Lukas 10:13-16(1) Lukas 10:17-24(1) Lukas 10:25-37(1) Lukas 11:27-28(1) Lukas 14:1,7-11(1) Lukas 18:1-8(1) Lukas 1:39-56(1) Lukas 20:27-40(1) Lukas 24:13-35(1) Lukas 2:22-40(1) Lukas 6:12-19(1) Lukas 6:43-49(1) Lukas 7:1-10(1) Lukas 8:16-18(1) Lukas 8:4-15(1) Lukas 9:43b-45(1) Markus 13:33-37(1) Matius 10:17-22(1) Matius 10:26-33(1) Matius 10:37-42(1) Matius 13:1-23(1) Matius 13:24-43(1) Matius 16:13-20(1) Matius 17:1-9(2) Matius 18:1-5,10(1) Matius 1:1-25(1) Matius 20:1-16a(1) Matius 21:28-32(1) Matius 21:33-43(1) Matius 25:31-46(1) Matius 4:1-11(1) Matius 4:12-23(1) Matius 5:13-16(1) Matius 5:17-37(1) Matius 5:38-48(1) Matius 6:24-34(1) Matius. 5:1-12(1) Yohanes 10:1-10(1) Yohanes 11:1-45(1) Yohanes 14:1-12(1) Yohanes 14:15-21(1) Yohanes 1:1-18(1) Yohanes 1:29-34(1) Yohanes 20:19-23(1) Yohanes 3:16-18(1) Yohanes 4:5-42(1) Yohanes 9:1-41(1) Pembuatan Tata Ibadah: Pembuatan Tata Ibadah Katolik, Lagu Perkawinan Katolik, Kalender Liturgi Katolik 2016, Khotbah Katolik 2016, | Nama-Nama Bayi Katolik Terlengkap Orang Kudus Katolik Dirayakan Desember Santo-Santa 12 Desember - Santa Yohanna Fransiska Fremio de Chantal (Janda), Santo Hoa (Pengaku Iman) MAZMUR TANGGAPAN & BAIT PENGANTAR INJIL - PASKAH - KENAIKAN - PENTAKOSTA - BIASA NEXT: Khotbah Katolik Minggu, 5 Pebruari 2017 - Matius 5:13-16. BcO 1 Korintus 1:1-17 - Hari Minggu Biasa V PREV: Khotbah Katolik Minggu, 22 Januari 2017 - Matius 4:12-23 (Mat. 4:12-17). BcO Roma 8:1-17 - Hari Minggu Biasa III All Garis Besar 18 Maret 2024 Yesus membuka pintu Allah - Paus Benediktus XVI 18 Maret 2024 Puasa mengangkat pikiran kepada Allah - St. Fransiskus dari Sales Kamis, 28 Maret 2024 UPACARA PENCUCIAN ALTAR DI BASILIKA SANTO PETRUS PADA KAMIS PUTIH Kamis, 12 Oktober 2023 Panduan Dalam Memakai Rosario |
Links:
lagu-gereja.com,
bible.,
perkantas,
gbi,
GKII,
gkj,
hkbp,
MISA,
gmim,
toraja,
gmit,
gkp,
gkps,
gbkp,
Hillsong,
PlanetShakers,
JPCC Worship,
Symphony Worship,
Bethany Nginden,
Christian Song,
Lagu Rohani,
ORIENTAL WORSHIP,
Lagu Persekutuan
Jadwal Misa Gereja Seluruh Indonesia 01 Jadwal Misa Gereja di Jakarta Pusat 1. Map/Peta Gereja Katolik di Jakarta02 Jadwal Misa Gereja di Jakarta Barat 03 Jadwal Misa Gereja di Jakarta Timur 04 Jadwal Misa Gereja di Jakarta Utara 05 Jadwal Misa Gereja di Jakarta Selatan 06 Jadwal Misa Gereja di Tangerang 07 Jadwal Misa Gereja di Bekasi - Karawang 08 Jadwal Misa Gereja di Bandung 10 Jadwal Misa Gereja di Bogor - Depok 16 Jadwal Misa Gereja di Makassar 18 Jadwal Misa Gereja di Medan 21 Jadwal Misa Gereja di Palembang 2. Map/Peta Gereja Katolik di Surabaya 3. Map/Peta Gereja Katolik di Makassar 4. Map/Peta Gereja Katolik di Bandung 5. Map/Peta Gereja Katolik di Medan 6. Map/Peta Gereja Katolik di Depok Agustus - Hati Maria Yang Tidak Bernoda(3) April - Sakramen Maha Kudus (6) Bulan Katekese Liturgi(5) Bulan November - Jiwa-jiwa Kudus di Api penyucian(4) Bulan Oktober - Bulan Rosario(1) Bulan Oktober - Bulan Rosario suci(4) Desember - Bunda Maria yang dikandung tanpa noda(4) Februari - Keluarga Kudus Yesus Maria Yosep(5) Ibadah(1) Januari - Bulan menghormati Nama Yesus(5) Juli - Darah Mulia(2) Juni - Hati Kudus Yesus(10) Maret - Pesta St. Yosep(3) Mei - Bulan Maria(8) Penutup Bulan Rosario(1) Peringatan Arwah(2) Rabu Abu(1) SEPTEMBER - TUJUH DUKA MARIA(7) |
popular pages | Register | Login | e-mail: admin@lagu-gereja.com © 2012 . All Rights Reserved. |