misa.lagu-gereja.com
 
View : 4778 kali
Renungan Katolik 2022
Sabtu, 24 Desember 2022
Renungan Katolik MALAM NATAL Sabtu, 24 Desember 2022 - Yohanes 1:1-18 (Penjelasan) - BcO Yes. 11:1-10 (Penjelasan)

Sabtu, 24 Desember 2022
MALAM NATAL
Misa Malam:
Yes. 9:1-6; Mzm. 96:1-2a,2b-3,11-12,13; Tit. 2:11-14; Luk. 2:1-14.
Fajar: Yes. 62:11-12; Mzm. 97:1,6,11-12; Tit. 3:4-7; Luk. 2:15-20.
Siang: Yes. 52:7-10; Mzm. 98:1,2-3ab,3cd-4,5-6; Ibr. 1:1-6;
Yohanes 1:1-18
BcO Yes. 11:1-10
Warna Liturgi Putih

Sore Menjelang Hari Raya Natal Yes. 62:1-5; Mzm. 89:4-5,16-17,27,29; Kis. 13:16-17,22-25; Mat. 1:1-25
Warna Liturgi Ungu/Putih

MT/BPI Edisi Baru: 006, 953 Lama: 806, 953
Saran Nyanyian: PS 451, 452, 453, 454, 455, 456, 458, 459, 460

Baca Juga:

Misa Hari Raya Natal - Misa Fajar dirayakan pada 25 Desember saat Fajar Pagi.

Misa Hari Raya Natal - Misa Siang dirayakan pada 25 Desember saat siang/sore hari. 



Yohanes 1:1-18
Firman yang telah menjadi manusia
1:1 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. 1:2 Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. 1:3 Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. 1:4 Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia. 1:5 Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya. 1:6 Datanglah seorang yang diutus Allah, namanya Yohanes; 1:7 ia datang sebagai saksi untuk memberi kesaksian tentang terang itu, supaya oleh dia semua orang menjadi percaya. 1:8 Ia bukan terang itu, tetapi ia harus memberi kesaksian tentang terang itu. 1:9 Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam dunia. 1:10 Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya, tetapi dunia tidak mengenal-Nya. 1:11 Ia datang kepada milik kepunyaan-Nya, tetapi orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya. 1:12 Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya; 1:13 orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah. 1:14 Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran. 1:15 Yohanes memberi kesaksian tentang Dia dan berseru, katanya: "Inilah Dia, yang kumaksudkan ketika aku berkata: Kemudian dari padaku akan datang Dia yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku." 1:16 Karena dari kepenuhan-Nya kita semua telah menerima kasih karunia demi kasih karunia; 1:17 sebab hukum Taurat diberikan oleh Musa, tetapi kasih karunia dan kebenaran datang oleh Yesus Kristus. 1:18 Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.

Penjelasan:




* Logos Kosmis (1:3-5).
Dia adalah agen penciptaan. Oleh Dia. Melalui Dia.

* Yoh 1:3 - Segala sesuatu
Segala sesuatu meliputi keseluruhan materi dan eksistensi, tetapi di sini dilihat dalam status masing-masing dan bukan selaku kesatuan alam.

* Yoh 1:4 - Hidup // dalam Dia, // terang // manusia. 5. Kegelapan // jadi kegelapan itu tidak menguasainya
Hidup ada di dalam Dia, bukan hanya melalui Dia. Selaku hidup, Firman menyalurkan terang. (pengenalan akan Allah) kepada manusia. 5. Kegelapan terutama menyangkut moral. Tidak semua orang memperoleh manfaat dari terang ini (bdg. 3:19). Mungkin pengertiannya tidak sama dengan 1:9, 10; jadi kegelapan itu tidak menguasainya merupakan terjemahan yang lebih tepat dibandingkan dengan kegelapan tidak meliputinya.

* Logos yang Berinkarnasi (1:6-18).
Termasuk dalam bagian ini suatu ringkasan tentang misi dari Yohanes Pembaptis.

* Yoh 1:6 - yang diutus Allah // memberi kesaksian // terang itu, // menjadi percaya
Di sini kita berhadapan dengan munculnya Yohanes di dalam sejarah, sebagai yang diutus Allah. Ungkapan ini merangkum pokok pembahasan dari Lukas 1:5-80; 3:1-6. 7. Yohanes datang untuk memberi kesaksian yang merupakan penekanan utama dari Injil ini (1:15; 34; 5:33, 36, 37; 15:26, 27; 19:35; 21:24). Tugasnya ialah untuk menyaksikan terang itu, yang telah bersinar sejak penciptaan dan sebentar lagi akan menerangi manusia dengan kehadiran-Nya. Kesaksian tersebut dimaksudkan untuk membuat orang menjadi percaya (kata benda 'iman' tidak muncul di dalam Injil ini, tetapi kata kerjanya, yaitu percaya, sering diulang-ulang; bdg. 20:31).

* Yoh 1:9 - Terang yang sesungguhnya
Terang yang sesungguhnya tidak menjadikan Yohanes terang palsu. Yang dimaksud ialah terang yang bukan tiruan - matahari, bukan lilin. Oleh karena itu, menghormati Yohanes secara berlebihan setelah terang itu datang merupakan sikap yang salah (3:30; Kis. 19:1-7). Susunan kalimat dalam bahasa Yunani dari ayat ini sulit diterjemahkan. Terang sesungguhnya yang menerangi setiap orang sedang datang ke dalam dunia (terjemahan RSV) mungkin merupakan terjemahan yang paling baik. Dengan kehadiran-Nya di tengah-tengah manusia. Logos itu akan membawa pencerahan yang jauh melebihi pencerahan yang telah diberikan-Nya kepada manusia sebelum Dia datang.

* Yoh 1:10-11 - dan // telah ada, datang; dunia, milik kepunyaan-Nya; tidak mengenal-Nya, tidak menerima-Nya
Terang itu nyata dan bersinar, tetapi tanggapan terhadap Dia mengecewakan. Di balik kesamaan di dalam kedua ayat ini terdapat perbedaan-perbedaan yang disengaja: telah ada, datang; dunia, milik kepunyaan-Nya; tidak mengenal-Nya, tidak menerima-Nya. Kegagalan untuk mengenal Logos sebelum inkarnasi lebih dapat dipahami daripada penolakan menyedihkan oleh umat-Nya sendiri ketika Dia datang ke tengah-tengah mereka.

* Yoh 1:12-13 - kuasa // menjadi // anak-anak // menerima // percaya dalam nama-Nya // diperanakkan ... dari Allah // dari darah // Dari daging // keinginan seorang laki-laki
Tidak semua orang menolak Terang itu. Orang-orang yang menerima Dia memperoleh kuasa (wewenang, hak) untuk menjadi (ketika itu juga) anak-anak Allah. Orang-orang yang menerima itu dilukiskan sebagai mereka yang percaya dalam nama-Nya. Lihat 20:31. Inilah dua cara untuk mengatakan hal yang sama. Orang percaya selanjutnya dilukiskan dari sudut apa yang dilakukan Allah bagi mereka. Mereka diperanakkan ... dari Allah. Yang dimaksudkan di sini bukan proses alamiah seperti kelahiran manusia ke dalam dunia - bukan dari darah (bentuk jamak), yang berarti pembauran ciri-ciri dari ayah dan ibu. Dari daging berarti keinginan alamiah manusia untuk mempunyai anak, sedangkan keinginan seorang laki-laki berarti keinginan khusus untuk mempunyai keturunan agar dapat melanjutkan nama keluarga. Dengan demikian kelahiran baru itu, yakni sesuatu yang bersifat adikodrati, betul-betul dijaga agar tidak dikelirukan dengan kelahiran alamiah.

* Yoh 1:14 - Firman, // menjadi manusia // Diam di antara kita // kemuliaan, // (penuh kasih karunia dan kebenaran)
Sebelum iman dapat menghasilkan kelahiran baru, iman memerlukan suatu objek untuk dipakai sebagai landasan, yaitu inkarnasi Firman, Anak Allah. Allah. setelah mengungkapkan diri di dalam penciptaan dan sejarah, di mana aktivitas Logos tampak, tetapi oknum-Nya terselubung, kini mengungkapkan diri melalui sang Putra dalam bentuk manusia, yang bukan sekadar mirip, tetapi benar-benar menjadi manusia (dalam AV: daging). Yohanes memilih kata daging dan bukan manusia untuk mempertegas kebenaran dari inkarnasi (menjadi daging) dan menentang kecenderungan berpikir secara Gnostik. Pandangan keliru tentang Kristus ini menolak untuk mengakui bahwa keilahian yang murni dapat mengambil rupa tubuh fisik, karena hal materi dianggap sebagai sesuatu yang jahat (bdg. I Yoh. 4:2, 3; II Yoh. 7). Diam di antara kita. Bertabernakel. Dalam perpaduan dengan kemuliaan, pengertian tersebut menunjukkan personalisasi dari awan cemerlang yang tinggal di atas tabernakel di padang gurun (Kel. 40:34). Firman yang berinkarnasi ini juga merupakan jawaban terhadap doa Musa (Kel. 33:18). Yohanes tidak menceritakan peristiwa Yesus dimuliakan, sebab dia menyajikan keseluruhan pelayanan Yesus sebagai suatu pemuliaan, dengan catatan bahwa terang yang dimaksudkan Yohanes bersifat moral dan rohani (penuh kasih karunia dan kebenaran) dan bukan sesuatu yang visual (bdg. Yoh. 1:17).

* Yoh 1:15 - kemudian dari // mendahului
Perhatian selanjutnya (bdg. 1:7) diarahkan kepada kesaksian Yohanes Pembaptis dalam kaitan dengan penampilan Yesus di hadapan umum. Yesus datang kemudian dari Yohanes kalau dilihat dari segi waktu kedatangan ke dunia, tetapi Ia mendahului Yohanes dari segi sifat penting, seperti halnya Dia sudah mendahului Yohanes sebagai Yang Abadi (bdg. 1:1).

* Yoh 1:16 - semua // kepenuhan-Nya - // penuh // Kasih karunia demi kasih karunia
Sang penulis Injil ini menegaskan keunikan Kristus. Bukan hanya Yohanes Pembaptis, tetapi semua orang percaya telah ambil bagian dalam kepenuhan-Nya - kepenuhan keilahian-Nya (bdg. penuh di dalam 1:14). Kasih karunia demi kasih karunia melukiskan satu manifestasi kasih karunia yang menumpuk di atas kasih karunia yang lainnya - benar-benar suatu kepenuhan.

* Yoh 1:17 - hukum Taurat // kasih karunia
Sebagaimana Yesus Kristus melebihi Yohanes (1:15), demikian pula Dia mengungguli Musa. Keduanya membawa sesuatu dari Allah. tetapi yang satu membawa hukum Taurat yang menyatakan bersalah, sedang yang lain membawa kasih karunia yang membebaskan dari hukum Taurat. Kebenaran mengacu kepada realitas penyataan Allah oleh Kristus.

* Yoh 1:18 - Anak // Allah // Anak; // pangkuan Bapa // bersama-sama dengan Allah // menyatakan
Allah tidak dapat dilihat, karena Ia adalah Roh (bdg. 4:24; I Tim. 6:16). Penampakan diri Allah (teofani) tidak menyatakan hakikat diri-Nya. Tetapi Anak tunggal Allah (di sini naskah-naskah yang utama menyebut Allah dan bukan Anak; bdg. Yoh. 1:1) yang menyatakan hal itu. Di pangkuan Bapa mengingatkan kita pada bersama-sama dengan Allah (1:1). Misi Anak ialah menyatakan (dari kata Yunaninya kita memperoleh kata "ekseges") Bapa. Kristus menafsirkan Allah bagi manusia. Tidak ada yang terhilang (bdg. 1:2. 3; Gal. 1:15).


BcO Yesaya 11:1-10

Raja Damai yang akan datang
11:1 Suatu tunas akan keluar dari tunggul Isai, dan taruk yang akan tumbuh dari pangkalnya akan berbuah. 11:2 Roh TUHAN akan ada padanya, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan TUHAN; 11:3 ya, kesenangannya ialah takut akan TUHAN. Ia tidak akan menghakimi dengan sekilas pandang saja atau menjatuhkan keputusan menurut kata orang. 11:4 Tetapi ia akan menghakimi orang-orang lemah dengan keadilan, dan akan menjatuhkan keputusan terhadap orang-orang yang tertindas di negeri dengan kejujuran; ia akan menghajar bumi dengan perkataannya seperti dengan tongkat, dan dengan nafas mulutnya ia akan membunuh orang fasik. 11:5 Ia tidak akan menyimpang dari kebenaran dan kesetiaan, seperti ikat pinggang tetap terikat pada pinggang. 11:6 Serigala akan tinggal bersama domba dan macan tutul akan berbaring di samping kambing. Anak lembu dan anak singa akan makan rumput bersama-sama, dan seorang anak kecil akan menggiringnya. 11:7 Lembu dan beruang akan sama-sama makan rumput dan anaknya akan sama-sama berbaring, sedang singa akan makan jerami seperti lembu. 11:8 Anak yang menyusu akan bermain-main dekat liang ular tedung dan anak yang cerai susu akan mengulurkan tangannya ke sarang ular beludak. 11:9 Tidak ada yang akan berbuat jahat atau yang berlaku busuk di seluruh gunung-Ku yang kudus, sebab seluruh bumi penuh dengan pengenalan akan TUHAN, seperti air laut yang menutupi dasarnya. 11:10 Maka pada waktu itu taruk dari pangkal Isai akan berdiri sebagai panji-panji bagi bangsa-bangsa; dia akan dicari oleh suku-suku bangsa dan tempat kediamannya akan menjadi mulia.

Penjelasan:




* Yes 11:1-2
Di sini Allah menyatakan bahwa Mesias (yang akan mendirikan kerajaan yang benar dan saleh, sebagai lawan dari Asyur) adalah keturunan yang dijanjikan dari keluarga Daud. Sesudah pohon Daud dipotong dan hanya tunggulnya yang tertinggal, nĔser atau Taruk (sebuah gelar penting dari Juruselamat) akan tumbuh. Secara adikodrati Dia akan diberi tujuh anugerah dari Roh Kudus Allah. Karenanya, dia akan menjalankan pemerintahan yang benar-benar adil, sebab tidak akan ada penggugat atau pemohon yang cerdik yang akan dapat mendustai Dia dengan bukti palsu (ay. 3). Selanjutnya, dia akan membela hak-hak orang lemah dan orang miskin (khususnya orang lemah lembut yang ditindas karena kesetiaan mereka kepada Allah) terhadap orang-orang kaya dan berpengaruh. Seperti ikat pinggang, menyatukan seluruh busana pemakainya pada tempat yang tepat, demikian juga standar kesucian Allah akan merupakan kekuatan pemersatu dan tetap dalam pemerintahan Mesias (ay. 5).

* Yes 11:6-9 - anak kecil // anak yang menyusui
Keadaan dalam kerajaan Kristus akan penuh keharmonisan dan damai, didasarkan pada agama yang benar. Gambaran tentang binatang-binatang perusak ganas yang hidup berdampingan secara damai dengan binatang-binatang kecil dan lemah melambangkan telah berlalunya semua permusuhan dan ketakutan yang lazim di antara manusia. (Penyebutan anak kecil pada ayat 6 dan anak yang menyusui pada ayat 8 jelas menutup kemungkinan orang untuk menafsirkan binatang-binatang buas itu sebagai macam-macam tipe manusia).

* Yes 11:9
Dasar bagi adanya keharmonisan seperti di Eden ini ialah pengenalan yang lengkap serta memadai mengenai Allah yang akan dimiliki semua manusia pada waktu itu, dan yang akan dicerminkan oleh makhluk ciptaan yang kasar sekalipun (bdg. Rm. 8:21).

* Yes 11:10-16 - kedua
Kerajaan Kristus akan didahului oleh suatu pemulihan kedua (ay. 11) bagi orang Yahudi (ini jelas tidak cocok dengan keterangan tentang kembali di bawah pimpinan Zerubabel pada tahun 537 SM, melainkan menunjukkan suatu pemulihan secara nasional dengan jumlah yang dapat disamakan). Saat itu bangsa yang terserak ini akan datang dari semua arah geografis: timur - Asyur, Elam, Sinear; barat - pulau-pulau di laut; utara - Hamat; dan selatan - Mesir, Patros atau Mesir Hulu, dan Tanah Kusy atau Etiopia. Kawasan-kawasan seperti itu tidak termasuk dalam pemulihan pada tahun 537 SM. Bukan hanya bangsa Yahudi, tetapi bangsa-bangsa lain (gôyîm) juga akan berkumpul di sekeliling panji-panji salib (ay. 12), untuk membentuk Jemaat yang terdiri dari bangsa Yahudi dan bangsa-bangsa lain bahkan pada hari-hari akhir. Selanjutnya, pada hari itu tidak akan ada lagi perpecahan antara suku-suku di utara dan di selatan, tetapi bangsa Israel yang menjadi orang Kristen merupakan bangsa yang harmonis. Selain itu, umat Allah akan menang terhadap semua bangsa yang belum bertobat di sekeliling mereka (seperti Filistin, Edom, dan, Moab mengelilingi Israel pada zaman kuno). Ketika Raja Damai itu memerintah atas mereka semua, maka penghalang-penghalang alamiah, Efrat dan Nil akan disingkirkan, dan komunikasi antara semua daerah yang semula bermusuhan ini akan menjadi mudah dan tidak terhalangi.



Daftar Label dari Kategori Renungan Katolik 2022




Nama-Nama Bayi Katolik Terlengkap

Kalender Liturgi Katolik 2024 dan Saran Nyanyian

Kalender Liturgi Katolik September 2024 dan Saran Nyanyian


Orang Kudus Katolik Dirayakan September
Santo-Santa 17 September - Santo Robertus Bellarminus, Uskup dan Pujangga Gereja

MAZMUR TANGGAPAN & BAIT PENGANTAR INJIL
- PASKAH
- KENAIKAN
- PENTAKOSTA
- BIASA



NEXT:
Renungan Katolik Minggu, 25 Desember 2022 - Misa Siang: Bacaan: Yes. 52:7-10; Mzm. 98:1,2-3ab,3cd-4,5-6; Ibr. 1:1-6; Yoh. 1:1-18; (Yoh. 1:1-5,9-14) - HARI RAYA NATAL Misa Fajar:

PREV:
Renungan Katolik Jumat, 23 Desember 2022 - Lukas 1:57-66 (Penjelasan) - BcO Yesaya 43:18-28 (Penjelasan) - Peringatan fakultatif St. Yohanes dr Kety





Arsip Renungan Katolik 2022..


Jadwal Misa Gereja Seluruh Indonesia
1. Map/Peta Gereja Katolik di Jakarta
2. Map/Peta Gereja Katolik di Surabaya
3. Map/Peta Gereja Katolik di Makassar
4. Map/Peta Gereja Katolik di Bandung
5. Map/Peta Gereja Katolik di Medan
6. Map/Peta Gereja Katolik di Depok
Agustus - Hati Maria Yang Tidak Bernoda(3)
April - Sakramen Maha Kudus (6)
Bulan Katekese Liturgi(5)
Bulan November - Jiwa-jiwa Kudus di Api penyucian(4)
Bulan Oktober - Bulan Rosario(1)
Bulan Oktober - Bulan Rosario suci(4)
Desember - Bunda Maria yang dikandung tanpa noda(4)
Februari - Keluarga Kudus Yesus Maria Yosep(5)
Ibadah(1)
Januari - Bulan menghormati Nama Yesus(5)
Juli - Darah Mulia(2)
Juni - Hati Kudus Yesus(10)
Maret - Pesta St. Yosep(3)
Mei - Bulan Maria(8)
Penutup Bulan Rosario(1)
Peringatan Arwah(2)
Rabu Abu(1)
SEPTEMBER - TUJUH DUKA MARIA(7)