misa.lagu-gereja.com        
 
Khotbah Katolik
Jumat 3 April 2015
JUMAT AGUNG
PANTANG & PUASA
Yes. 52:13 - 53:12; Mzm. 31:2,6,12-13,15-16,17,25; Ibr. 4:14-16; 5:7-9; Yoh. 18:1-19:42
BcO Ibr. 9:11-28
warna liturgi Merah

Yes. 52:13 - 53:12;
Hamba TUHAN yang menderita
52:13 1 Sesungguhnya, hamba-Ku 2 q akan berhasil, ia akan ditinggikan, disanjung dan dimuliakan. r 52:14 Seperti banyak orang akan tertegun s melihat dia--begitu buruk t rupanya 3 , bukan seperti manusia lagi, dan tampaknya u bukan seperti anak manusia lagi-- 52:15 demikianlah ia akan membuat tercengang v banyak bangsa, raja-raja w akan mengatupkan mulutnya x melihat dia; sebab apa yang tidak diceritakan kepada mereka akan mereka lihat, dan apa yang tidak mereka dengar akan mereka pahami. y 53:1 Siapakah yang percaya kepada berita 4 z yang kami dengar, dan kepada siapakah tangan a kekuasaan TUHAN dinyatakan? b 53:2 Sebagai taruk c ia tumbuh di hadapan TUHAN dan sebagai tunas d dari tanah kering 5 . Ia tidak tampan dan semaraknyapun tidak ada 6 sehingga kita memandang dia, dan rupapun e tidak, sehingga kita menginginkannya. 53:3 Ia dihina dan dihindari 7 orang, seorang yang penuh kesengsaraan 8 f dan yang biasa menderita g kesakitan; ia sangat dihina, h sehingga orang menutup i mukanya terhadap dia dan bagi kitapun dia tidak masuk hitungan. 53:4 Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya 9 , dan kesengsaraan j kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas k Allah. l 53:5 Tetapi dia tertikam m oleh karena pemberontakan n kita 10 , dia diremukkan o oleh karena kejahatan kita; ganjaran p yang mendatangkan keselamatan q bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya r kita menjadi sembuh 11 . s 53:6 Kita sekalian sesat t seperti domba 12 , masing-masing kita mengambil jalannya u sendiri, tetapi TUHAN telah menimpakan kepadanya kejahatan v kita sekalian. 53:7 Dia dianiaya, w tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya x seperti anak domba y yang dibawa ke pembantaian 13 ; z seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya. 53:8 Sesudah penahanan dan penghukuman a ia terambil, dan tentang nasibnya siapakah yang memikirkannya? Sungguh, ia terputus dari negeri orang-orang hidup, b dan karena pemberontakan c umat-Ku ia kena tulah. 53:9 Orang menempatkan kuburnya di antara orang-orang fasik 14 , d dan dalam matinya ia ada di antara penjahat-penjahat, e sekalipun ia tidak berbuat kekerasan f dan tipu tidak ada dalam mulutnya. g 53:10 Tetapi TUHAN berkehendak h meremukkan i dia 15 dengan kesakitan. j Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah, k ia akan melihat keturunannya, l umurnya akan lanjut, dan kehendak TUHAN akan terlaksana m olehnya. 53:11 Sesudah kesusahan n jiwanya 16 ia akan melihat terang o dan menjadi puas; dan hamba-Ku p itu, sebagai orang yang benar, akan membenarkan q banyak orang oleh hikmatnya, dan kejahatan r mereka dia pikul. 53:12 Sebab itu Aku akan membagikan kepadanya orang-orang besar s sebagai rampasan, t dan ia akan memperoleh orang-orang kuat sebagai jarahan, yaitu sebagai ganti karena ia telah menyerahkan nyawanya ke dalam maut 17 u dan karena ia terhitung di antara pemberontak-pemberontak, v sekalipun ia menanggung w dosa banyak x orang dan berdoa y untuk pemberontak-pemberontak 18 .

Penjelasan:
* PENYAKIT KITALAH YANG DITANGGUNGNYA. Nas : Yes 53:4
Ayat ini dikutip dalam Mat 8:17 dalam kaitan dengan pelayanan Yesus menyembuhkan orang sakit -- baik yang sakit secara jasmani maupun rohani. Mesias akan memikul hukuman agar kita dapat dilepaskan dari kelemahan dan penyakit serta dosa-dosa kita. Karena itu, adalah tepat dan baik untuk kita berdoa memohon kesembuhan jasmaniah. Ketika Ia menanggung dosa-dosa kita, Ia juga mengambil penyakit dan kesusahan kita, memikulnya atas diri-Nya dan membawanya (lih. dua catatan berikut).

* TERTIKAM OLEH KARENA PEMBERONTAKAN KITA. Nas : Yes 53:5
Kristus disalib karena kita telah berdosa dan bersalah di hadapan Allah (bd. Mazm 22:17; Za 12:10; Yoh 19:34). Selaku pengganti kita, Ia menerima hukuman yang seharusnya kita terima dan menanggung hukuman dosa-dosa kita -- hukuman mati (Rom 6:23); karena itu, kita dapat diampuni dan berdamai dengan Allah (Rom 5:1).

* OLEH BILUR-BILUR-NYA KITA MENJADI SEMBUH. Nas : Yes 53:5
Penyembuhan di sini mengacu kepada keselamatan dengan semua keuntungan rohani dan jasmani. Penyakit dan kelemahan adalah akibat dari kejatuhan manusia dan kegiatan Iblis di dunia ini
(lihat art. PENYEMBUHAN ILAHI).
"Untuk inilah Anak Allah menyatakan diri-Nya, yaitu supaya Ia membinasakan perbuatan-perbuatan Iblis itu" (1Yoh 3:8). Kristus memberikan karunia-karunia untuk menyembuhkan kepada jemaat-Nya dan memerintah para pengikut-Nya untuk menyembuhkan orang sakit selaku bagian dari pemberitaan kerajaan Allah (Luk 9:1-2,6; 10:1,8-9,19).

* KITA SEKALIAN SESAT SEPERTI DOMBA. Nas : Yes 53:6
Setiap orang pada saat tertentu telah ingin mengikuti jalannya sendiri yang mementingkan diri dan berdosa daripada menaati perintah-perintah Allah yang benar
(lihat cat. --> Rom 6:1); [atau ref. Rom 6:1]
kita semua bersalah, dan oleh karena itu kita semua membutuhkan Kristus untuk mati sebagai pengganti kita.

* SEPERTI ANAK DOMBA YANG DIBAWA KE PEMBANTAIAN. Nas : Yes 53:7
Yesus memikul penderitaan-Nya bagi kita dengan sabar dan sukarela (1Pet 2:23; bd. Yoh 1:29,36; Wahy 5:6).

* KUBUR-NYA DI ANTARA ORANG-ORANG FASIK. Nas : Yes 53:9
Frasa ini mungkin hanya berarti bahwa Yesus Kristus akan mati bersama dengan orang fasik, atau bahwa tentara Roma bermaksud menguburkan Dia bersama dengan kedua penjahat itu. Namun, sebagaimana dinubuatkan di sini, Dia dikubur dalam kuburan orang kaya (Mat 27:57-60) -- (versi Inggris NIV -- bersama orang kaya dalam mati-Nya).

* TUHAN BERKEHENDAK MEREMUKKAN DIA. Nas : Yes 53:10
Allah Bapa berkehendak bahwa Anak-Nya diutus untuk mati di salib bagi dunia yang terhilang
(lihat cat. --> Yoh 3:16; [atau ref. Yoh 3:16] lihat art. KEHENDAK ALLAH).
Dengan menjadikan Kristus korban pendamaian bagi semua pelanggaran (bd. Im 5:15; 6:5; 19:21;
lihat art. HARI PENDAMAIAN),
rencana penebusan Allah untuk membawa banyak orang kepada keselamatan sudah terlaksana. Yang dimaksud dengan "umurnya akan lanjut" ialah bahwa Dia akan "bangkit dari antara orang mati dan hidup untuk selama-lamanya".

* KESUSAHAN JIWANYA. Nas : Yes 53:11
Penderitaan Mesias akan melaksanakan maksud Allah dan menghasilkan keselamatan bagi "banyak" orang yang percaya.

* MENYERAHKAN NYAWANYA KE DALAM MAUT. Nas : Yes 53:12
Karena kematian Yesus di salib, suatu warisan besar tekah disalurkan kepada umat Allah. Setiap pemberitaan Injil yang tidak memberitakan salib Kristus dan tuntutannya untuk memisahkan diri dari dosa pada akhirnya akan gagal; usaha-usaha tersebut akan hampa kehadiran Kristus dan Roh-Nya.

* BERDOA UNTUK PEMBERONTAK-PEMBERONTAK. Nas : Yes 53:12
Dalam kesengsaraan-Nya di salib, Yesus menaikkan syafaat bagi orang berdosa (Luk 23:34); pelayanan syafaat-Nya ini masih diteruskan di sorga (bd. Rom 8:34; lihat cat. --> Ibr 7:25).
[atau ref. Ibr 7:25]



Mzm. 31:2,6,12-13,15-16,17,25;

31:1 Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud. (31-2) Pada-Mu, TUHAN, aku berlindung, janganlah sekali-kali aku mendapat malu. Luputkanlah aku oleh karena keadilan-Mu,
31:2 (31-3) sendengkanlah telinga-Mu kepadaku, bersegeralah melepaskan aku! Jadilah bagiku gunung batu tempat perlindungan, kubu pertahanan untuk menyelamatkan aku!


Ibr. 4:14-16; 5:7-9;

Yesus sebagai Imam Besar
4:14 Karena kita sekarang mempunyai Imam Besar Agung,  yang telah melintasi semua langit,  yaitu Yesus, Anak Allah,  baiklah kita teguh berpegang pada pengakuan iman  kita. 4:15 Sebab Imam Besar  yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya sama dengan kita, Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa.  4:16 Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian  menghampiri  takhta kasih karunia , supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya.

5:7 Dalam hidup-Nya sebagai manusia, Ia telah mempersembahkan doa dan permohonan  dengan ratap tangis  dan keluhan  kepada Dia, yang sanggup menyelamatkan-Nya dari maut, dan karena kesalehan-Nya m Ia telah didengarkan.  5:8 Dan sekalipun Ia adalah Anak,  Ia telah belajar menjadi taat  dari apa yang telah diderita-Nya,  5:9 dan sesudah Ia mencapai kesempurnaan-Nya,  Ia menjadi pokok keselamatan yang abadi bagi semua orang yang taat kepada-Nya

Penjelasan:
* KITA SEKARANG MEMPUNYAI IMAM BESAR AGUNG. Nas : Ibr 4:14
Lihat cat. --> Ibr 8:1 [atau ref. Ibr 8:1]
mengenai pelayanan Yesus sebagai Imam Besar.

* DENGAN PENUH KEBERANIAN MENGHAMPIRI TAKHTA KASIH KARUNIA. Nas : Ibr 4:16
Karena Kristus dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita (ayat Ibr 4:15), kita dapat dengan penuh keberanian menghampiri takhta sorgawi, karena mengetahui bahwa doa dan permohonan kita diterima dan diinginkan oleh Bapa di sorga (bd. Ibr 10:19-20). Tempat itu disebut "takhta kasih karunia" karena dari takhta itu mengalir kasih, pertolongan, kemurahan, pengampunan, kuasa rohani, pencurahan Roh Kudus, karunia-karunia rohani, buah roh, dan semua yang kita perlukan dari Allah. Salah satu berkat terbesar dari keselamatan ialah bahwa Kristus kini merupakan Imam Besar kita yang membuka jalan langsung ke hadapan Dia sehingga kita selalu dapat meminta bantuan yang kita perlukan.

* RATAP TANGIS DAN KELUHAN. Nas : Ibr 5:7
Ayat ini mungkin menunjuk kepada kehebatan doa Yesus di Taman Getsemani. Doa Yesus "didengarkan" bukan dalam pengertian bahwa Allah menyingkirkan semua hal yang berhubungan dengan kematian, tetapi dalam pengertian bahwa Ia menerima pertolongan Allah untuk mengalami segala penderitaan yang sudah ditetapkan bagi-Nya. Adakalanya kita juga menghadapi berbagai pencobaan dan doa kita yang sungguh-sungguh tampaknya tidak didengar. Pada saat-saat semacam itu, kita harus ingat bahwa Yesus telah diuji dengan cara yang sama dan bahwa Allah akan memberikan kasih karunia yang cukup kepada kita untuk mengalami penderitaan yang diizinkan-Nya dalam kehidupan kita (lihat cat. --> Mat 26:39). [atau ref. Mat 26:39]

* IA TELAH BELAJAR MENJADI TAAT. Nas : Ibr 5:8
Kristus belajar dari pengalaman segala penderitaan dan pengorbanan yang sering kali merupakan akibat dari ketaatan yang setia kepada Allah di dalam dunia yang bejat ini (bd. Ibr 12:2; Yes 50:4-6; Fili 2:8). Ia menjadi Juruselamat dan Imam Besar yang sempurna karena penderitaan dan kematian-Nya dijalani tanpa dosa. Oleh karena itu, Kristus memenuhi syarat dalam segala hal (ayat Ibr 5:1-6) untuk menyediakan keselamatan kekal bagi kita (ayat Ibr 5:9; lihat cat. --> Ibr 2:10). [atau ref. Ibr 2:10]

* KESELAMATAN ... BAGI SEMUA ORANG YANG TAAT KEPADA-NYA. Nas : Ibr 5:9
Keselamatan abadi yang diperoleh melalui penderitaan Yesus (ayat Ibr 5:8) tersedia hanya bagi mereka yang taat kepada-Nya melalui iman. Iman yang menyelamatkan adalah iman yang taat (Yoh 8:31; Rom 1:5; 16:26; Yak 2:17-26).


Yoh. 18:1-19:42
Yesus ditangkap
18:1 Setelah Yesus mengatakan semuanya itu keluarlah Ia dari situ bersama-sama dengan murid-murid-Nya dan mereka pergi ke seberang sungai Kidron.  Di situ ada suatu taman m dan Ia masuk ke taman itu n bersama-sama dengan murid-murid-Nya. 18:2 Yudas, yang mengkhianati Yesus, tahu juga tempat itu, karena Yesus sering berkumpul di situ dengan murid-murid-Nya.  18:3 Maka datanglah Yudas  juga ke situ dengan sepasukan prajurit dan penjaga-penjaga Bait Allah yang disuruh oleh imam-imam kepala dan orang-orang Farisi q lengkap dengan lentera, suluh dan senjata. 18:4 Maka Yesus, yang tahu semua yang akan menimpa diri-Nya, r maju ke depan dan berkata kepada mereka: "Siapakah yang kamu cari?  " 18:5 Jawab mereka: "Yesus dari Nazaret.  " Kata-Nya kepada mereka: "Akulah Dia." Yudas yang mengkhianati Dia berdiri juga di situ bersama-sama mereka. 18:6 Ketika Ia berkata kepada mereka: "Akulah Dia," mundurlah mereka dan jatuh ke tanah. 18:7 Maka Ia bertanya pula: "Siapakah yang kamu cari?  " Kata mereka: "Yesus dari Nazaret." 18:8 Jawab Yesus: "Telah Kukatakan kepadamu, Akulah Dia. Jika Aku yang kamu cari, biarkanlah mereka ini pergi." 18:9 Demikian hendaknya supaya genaplah firman yang telah dikatakan-Nya: "Dari mereka yang Engkau serahkan kepada-Ku,  tidak seorangpun yang Kubiarkan binasa." 18:10 Lalu Simon Petrus, yang membawa pedang, menghunus pedang itu, menetakkannya kepada hamba Imam Besar dan memutuskan telinga kanannya. Nama hamba itu Malkhus. 18:11 Kata Yesus kepada Petrus: "Sarungkan pedangmu itu; bukankah Aku harus minum cawan 1  yang diberikan Bapa kepada-Ku?"

Yesus di hadapan Hanas -- Petrus menyangkal Yesus
18:12 Maka pasukan prajurit serta perwiranya dan penjaga-penjaga x yang disuruh orang Yahudi itu menangkap Yesus  dan membelenggu Dia. 18:13 Lalu mereka membawa-Nya mula-mula kepada Hanas, karena Hanas adalah mertua Kayafas,  yang pada tahun itu menjadi Imam Besar; 18:14 dan Kayafaslah yang telah menasihatkan orang-orang Yahudi: "Adalah lebih berguna jika satu orang mati untuk seluruh bangsa.  " 18:15 3 Simon Petrus dan seorang murid lain mengikuti Yesus. Murid itu mengenal Imam Besar  dan ia masuk bersama-sama dengan Yesus ke halaman istana  Imam Besar, 18:16 tetapi Petrus tinggal di luar dekat pintu. Maka murid lain tadi, yang mengenal Imam Besar, kembali ke luar, bercakap-cakap dengan perempuan penjaga pintu lalu membawa Petrus masuk. 18:17 Maka kata hamba perempuan penjaga pintu kepada Petrus: "Bukankah engkau juga murid orang itu?" Jawab Petrus: "Bukan!  " 18:18 Sementara itu hamba-hamba dan penjaga-penjaga Bait Allah telah memasang api arang, d sebab hawa dingin waktu itu, dan mereka berdiri berdiang  di situ. Juga Petrus berdiri berdiang bersama-sama dengan mereka. 18:19 Maka mulailah Imam Besar menanyai Yesus tentang murid-murid-Nya dan tentang ajaran-Nya.



Penjelasan:

* CAWAN. Nas : Yoh 18:11 Lihat cat. --> Mat 26:39 [atau ref. Mat 26:39]
mengenai cawan kesedihan Kristus.

* MENANGKAP YESUS. Nas : Yoh 18:12
Lihat cat. --> Mat 26:57 [atau ref. Mat 26:57]
mengenai urutan peristiwa dari penangkapan hingga penyaliban Kristus.

* PENYANGKALAN PETRUS. Nas : Yoh 18:15
Lihat cat. --> Mr 14:50; lihat cat. --> Mr 14:71; lihat cat. --> Luk 22:60.
[atau ref. Mr 14:50; Mr 14:71; Luk 22:60]


BcO Ibr. 9:11-28

Kristus adalah Pengantara dari perjanjian yang baru
9:11 Tetapi Kristus telah datang sebagai Imam Besar  untuk hal-hal yang baik yang akan datang:  Ia telah melintasi kemah  yang lebih besar dan yang lebih sempurna, yang bukan dibuat oleh tangan manusia,  --artinya yang tidak termasuk ciptaan ini, -- 9:12 dan Ia telah masuk satu kali untuk selama-lamanya y ke dalam tempat yang kudus  bukan dengan membawa darah domba jantan dan darah anak lembu, a tetapi dengan membawa darah-Nya  sendiri. Dan dengan itu Ia telah mendapat kelepasan yang kekal. 9:13 Sebab, jika darah domba jantan dan darah lembu jantan  dan percikan abu lembu muda  menguduskan mereka yang najis, sehingga mereka disucikan secara lahiriah, 9:14 betapa lebihnya darah Kristus  , yang oleh Roh  yang kekal telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tak bercacat, akan menyucikan hati nurani  kita dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia,  supaya kita dapat beribadah kepada Allah  yang hidup. 9:15 Karena itu Ia adalah Pengantara dari suatu perjanjian  yang baru  , supaya mereka yang telah terpanggil  dapat menerima bagian m kekal yang dijanjikan, n sebab Ia telah mati untuk menebus pelanggaran-pelanggaran yang telah dilakukan selama perjanjian o yang pertama. 9:16 Sebab di mana ada wasiat, di situ harus diberitahukan tentang kematian pembuat wasiat itu. 9:17 Karena suatu wasiat barulah sah, kalau pembuat wasiat itu telah mati, sebab ia tidak berlaku, selama pembuat wasiat itu masih hidup. 9:18 Itulah sebabnya, maka perjanjian yang pertama tidak disahkan tanpa darah.  9:19 Sebab sesudah Musa memberitahukan q semua perintah hukum Taurat kepada seluruh umat, ia mengambil darah anak lembu  dan darah domba jantan serta air, dan bulu merah dan hisop, lalu memerciki kitab itu sendiri dan seluruh umat,  9:20 sambil berkata: "Inilah darah perjanjian yang ditetapkan  Allah bagi kamu." 9:21 Dan juga kemah dan semua alat untuk ibadah dipercikinya secara demikian dengan darah. 9:22 Dan hampir segala sesuatu disucikan menurut hukum Taurat dengan darah,  dan tanpa penumpahan darah tidak ada pengampunan. v 9:23 Jadi segala sesuatu yang melambangkan  apa yang ada di sorga haruslah ditahirkan secara demikian, tetapi benda-benda sorgawi sendiri oleh persembahan-persembahan yang lebih baik dari pada itu. 9:24 Sebab Kristus bukan masuk ke dalam tempat kudus buatan tangan manusia yang hanya merupakan gambaran saja dari yang sebenarnya, x tetapi ke dalam sorga sendiri y untuk menghadap hadirat  Allah guna kepentingan kita. 9:25 Dan Ia bukan masuk untuk berulang-ulang mempersembahkan diri-Nya sendiri, sebagaimana Imam Besar setiap tahun masuk ke dalam tempat kudus a dengan darah yang bukan darahnya sendiri.  9:26 Sebab jika demikian Ia harus berulang-ulang menderita sejak dunia ini dijadikan. Tetapi sekarang Ia hanya satu kali  saja menyatakan  diri-Nya, pada zaman akhir untuk menghapuskan dosa oleh korban-Nya.  9:27 Dan sama seperti manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali  saja, dan sesudah itu dihakimi,  9:28 demikian pula Kristus hanya satu kali  saja mengorbankan diri-Nya untuk menanggung dosa banyak orang. Sesudah itu Ia akan menyatakan diri-Nya sekali lagi  tanpa menanggung dosa  untuk menganugerahkan keselamatan kepada mereka, yang menantikan Dia.

Penjelasan:
* DARAH KRISTUS. Nas : Ibr 9:14
Darah Kristus merupakan pusat dari konsep penebusan dalam PB (1Kor 10:16; 11:27; Ef 2:13; 1Pet 1:2; Wahy 7:14; 12:11). Di atas salib, Kristus mencurahkan darah-Nya yang tidak berdosa agar dapat menghapus dosa-dosa kita serta mendamaikan kita dengan Allah (Ibr 5:8; Rom 5:19; Fili 2:8; bd. pasal Im 16:1-30).

Dengan darah-Nya, Kristus mengerjakan hal-hal berikut:
1) Darah-Nya mengampuni dosa semua orang yang bertobat dan percaya (Mat 26:28).
2) Darah-Nya menebus semua orang percaya dari kuasa Iblis dan kejahatan (Kis 20:28; Ef 1:7; 1Pet 1:18-19; Wahy 5:9; 12:11).
3) Darah-Nya membenarkan semua orang percaya kepada-Nya (Rom 3:24-25).
4) Darah-Nya menyucikan hati nurani orang-orang percaya sehingga mereka dapat melayani Allah tanpa kesalahan dengan penuh keyakinan (Ibr 9:14; Ibr 10:22; 13:18).
5) Darah-Nya menyucikan umat Allah (Ibr 13:12; 1Yoh 1:7-10).
6) Darah-Nya membuka jalan bagi orang-orang percaya untuk langsung menghampiri Allah melalui Kristus untuk memperoleh kasih karunia, kemurahan, pertolongan, dan keselamatan (Ibr 7:25; 10:19; Ef 2:13,18).
7) Darah-Nya adalah jaminan untuk semua janji dari perjanjian baru (Ibr 10:29; 13:20; Mat 26:28; 1Kor 11:25).
8) Kuasa darah Kristus yang menyelamatkan, mendamaikan, dan menyucikan itu senantiasa tersedia untuk orang-orang pada waktu mereka menghampiri Allah melalui Kristus (Ibr 7:25; 10:22; 1Yoh 1:7).

* PENGANTARA DARI SUATU PERJANJIAN YANG BARU. Nas : Ibr 9:15
Pembahasan mengenai tugas Yesus sebagai pengantara perjanjian yang baru terdapat dalam
lihat art. PERJANJIAN LAMA DAN PERJANJIAN BARU.

* IA AKAN MENYATAKAN DIRI-NYA SEKALI LAGI. Nas : Ibr 9:28
Dibawah perjanjian yang lama, orang Israel menanti dengan ketegangan munculnya kembali imam besar mereka setelah ia memasuki tempat yang mahakudus untuk mengadakan pendamaian. Demikian pula orang-orang percaya yang mengetahui bahwa Imam Besar mereka telah memasuki tempat yang mahakudus di sorga sebagai pembela, menanti-nanti dengan harapan yang sungguh-sungguh kemunculan-Nya kembali untuk membawa keselamatan sempurna (lihat cat. --> Yoh 14:3;
[atau ref. Yoh 14:3] 2Tim 4:8; lihat art. KEANGKATAN GEREJA).

Label:   Yesaya 52:13 





Nama-Nama Bayi Katolik Terlengkap

Kalender Liturgi Katolik 2024 dan Saran Nyanyian

Kalender Liturgi Katolik Desember 2023 dan Saran Nyanyian


Orang Kudus Katolik Dirayakan Desember
Santo-Santa 12 Desember - Santa Yohanna Fransiska Fremio de Chantal (Janda), Santo Hoa (Pengaku Iman)

MAZMUR TANGGAPAN & BAIT PENGANTAR INJIL
- PASKAH
- KENAIKAN
- PENTAKOSTA
- BIASA




Arsip Khotbah Katolik..


Jadwal Misa Gereja Seluruh Indonesia
1. Map/Peta Gereja Katolik di Jakarta
2. Map/Peta Gereja Katolik di Surabaya
3. Map/Peta Gereja Katolik di Makassar
4. Map/Peta Gereja Katolik di Bandung
5. Map/Peta Gereja Katolik di Medan
6. Map/Peta Gereja Katolik di Depok
Agustus - Hati Maria Yang Tidak Bernoda(3)
April - Sakramen Maha Kudus (6)
Bulan Katekese Liturgi(5)
Bulan November - Jiwa-jiwa Kudus di Api penyucian(4)
Bulan Oktober - Bulan Rosario(1)
Bulan Oktober - Bulan Rosario suci(4)
Desember - Bunda Maria yang dikandung tanpa noda(4)
Februari - Keluarga Kudus Yesus Maria Yosep(5)
Ibadah(1)
Januari - Bulan menghormati Nama Yesus(5)
Juli - Darah Mulia(2)
Juni - Hati Kudus Yesus(10)
Maret - Pesta St. Yosep(3)
Mei - Bulan Maria(8)
Penutup Bulan Rosario(1)
Peringatan Arwah(2)
Rabu Abu(1)
SEPTEMBER - TUJUH DUKA MARIA(7)