misa.lagu-gereja.com
 
Minggu, 24 Juli 2022
HARI MINGGU BIASA XVII
Kej. 18:20-32; Mzm. 138:1-2a,2bc-3,6-7ab,7c-8; Kol. 2:12-14;
Lukas 11:1-13
BcO Ayub 28:1-28
Warna Liturgi Hijau
MT/BPI Edisi Baru: 146, 960 Lama: 816, 962
Saran Nyanyian: PS 646, 647, 648, 652, 654, 657
Daily Reading for Sunday July 24, 2022
Reading 1, Genesis 18:20-32
Responsorial Psalm, Psalms 138:1-2, 2-3, 6-7, 7-8
Gospel, Luke 11:1-13
Reading 2, Colossians 2:12-14

Gospel, Luke 11:1-13
---------------------
11:1 Now it came to pass, as He was praying in a certain place, when He ceased, [that] one of His disciples said to Him, "Lord, teach us to pray, as John also taught his disciples."
11:2 So He said to them, "When you pray, say: Our Father in heaven, Hallowed be Your name. Your kingdom come. Your will be done On earth as [it is] in heaven.
11:3 Give us day by day our daily bread.
11:4 And forgive us our sins, For we also forgive everyone who is indebted to us. And do not lead us into temptation, But deliver us from the evil one."
11:5 And He said to them, "Which of you shall have a friend, and go to him at midnight and say to him, 'Friend, lend me three loaves;
11:6 'for a friend of mine has come to me on his journey, and I have nothing to set before him';
11:7 "and he will answer from within and say, 'Do not trouble me; the door is now shut, and my children are with me in bed; I cannot rise and give to you'?
11:8 "I say to you, though he will not rise and give to him because he is his friend, yet because of his persistence he will rise and give him as many as he needs.
11:9 "So I say to you, ask, and it will be given to you; seek, and you will find; knock, and it will be opened to you.
11:10 "For everyone who asks receives, and he who seeks finds, and to him who knocks it will be opened.
11:11 "If a son asks for bread from any father among you, will he give him a stone? Or if [he asks] for a fish, will he give him a serpent instead of a fish?
11:12 "Or if he asks for an egg, will he offer him a scorpion?
11:13 "If you then, being evil, know how to give good gifts to your children, how much more will [your] heavenly Father give the Holy Spirit to those who ask Him!"


Lukas 11:1-13
---------------------
Hal berdoa
11:1 Pada suatu kali Yesus sedang berdoa di salah satu tempat. Ketika Ia berhenti berdoa, berkatalah seorang dari murid-murid-Nya kepada-Nya: "Tuhan, ajarlah kami berdoa, sama seperti yang diajarkan Yohanes kepada murid-muridnya." 11:2 Jawab Yesus kepada mereka: "Apabila kamu berdoa, katakanlah: Bapa, dikuduskanlah nama-Mu; datanglah Kerajaan-Mu. 11:3 Berikanlah kami setiap hari makanan kami yang secukupnya 11:4 dan ampunilah kami akan dosa kami, sebab kamipun mengampuni setiap orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan." 11:5 Lalu kata-Nya kepada mereka: "Jika seorang di antara kamu pada tengah malam pergi ke rumah seorang sahabatnya dan berkata kepadanya: Saudara, pinjamkanlah kepadaku tiga roti, 11:6 sebab seorang sahabatku yang sedang berada dalam perjalanan singgah ke rumahku dan aku tidak mempunyai apa-apa untuk dihidangkan kepadanya; 11:7 masakan ia yang di dalam rumah itu akan menjawab: Jangan mengganggu aku, pintu sudah tertutup dan aku serta anak-anakku sudah tidur; aku tidak dapat bangun dan memberikannya kepada saudara. 11:8 Aku berkata kepadamu: Sekalipun ia tidak mau bangun dan memberikannya kepadanya karena orang itu adalah sahabatnya, namun karena sikapnya yang tidak malu itu, ia akan bangun juga dan memberikan kepadanya apa yang diperlukannya. 11:9 Oleh karena itu Aku berkata kepadamu: Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. 11:10 Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan. 11:11 Bapa manakah di antara kamu, jika anaknya minta ikan dari padanya, akan memberikan ular kepada anaknya itu ganti ikan? 11:12 Atau, jika ia minta telur, akan memberikan kepadanya kalajengking? 11:13 Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya."

Penjelasan:


* Para Murid Diajar Berdoa (11:1-13)

    Doa merupakan salah satu hukum besar dalam agama alami. Manusia dipandang biadab, binatang, bila tidak pernah berdoa, tidak pernah menaikkan pujian kepada Penciptanya, tidak menyadari kebaikan-Nya atau pun tidak merasa bergantung kepada-Nya. Oleh sebab itu, salah satu rancangan agung yang ada dalam Kekristenan adalah untuk membantu kita berdoa, meneguhkan kewajiban berdoa itu bagi kita, mengajar kita berdoa, dan mendorong kita untuk mengharapkan suatu keuntungan dari doa. Dalam bagian perikop di atas:

    I. Kita melihat Kristus sendiri berdoa di salah satu tempat, mungkin di tempat yang biasa Ia gunakan untuk berdoa (ay. 1). Sebagai Allah, kepada-Nyalah orang berdoa; sebagai manusia, Dia berdoa. Walaupun Dia adalah seorang Anak, Dia tetap belajar patuh dalam hal doa ini. Penulis Injil ini, lebih daripada penulis-penulis Injil lain, secara khusus memperhatikan bahwa Kristus sering berdoa: ketika Dia dibaptis (3:21), Dia berdoa; Ia mengundurkan diri ke tempat-tempat yang sunyi dan berdoa (5:16); Dia pergi ke bukit untuk berdoa dan semalam-malaman Ia berdoa kepada Allah (6:12); Dia berdoa seorang diri (9:18); segera setelah itu, Ia naik ke atas gunung untuk berdoa. Ketika Ia sedang berdoa, rupa wajah-Nya berubah (9:28, 29); dan di sini (11:1) Dia sedang berdoa di salah satu tempat. Jadi, seperti sudah selayaknya bagi anak Daud yang sejati, Dia mengabdikan diri-Nya untuk berdoa (Mzm. 109:4). Tidaklah pasti apakah Kristus pada waktu itu sedang berdoa sendirian dan murid-murid hanya tahu bahwa Dia sedang berdoa ketika itu, ataukah Dia berdoa bersama mereka. Kemungkinan besar mereka ikut berdoa bersama-Nya.

    II. Murid-murid-Nya meminta Dia memberikan petunjuk bagaimana berdoa. Ketika Dia sedang berdoa, mereka bertanya, Tuhan, ajarlah kami berdoa. Perhatikanlah, talenta dan karunia yang dimiliki orang lain seharusnya membangkitkan hati kita untuk bersungguh-sungguh mendambakan talenta atau karunia itu juga. Semangat yang dimiliki orang lain itu haruslah menjadi pemicu bagi kita untuk meniru secara kudus apa yang ia lakukan: mengapa kita tidak berbuat seperti orang itu juga? Amatilah, murid-murid itu datang kepada-Nya dengan permintaan ini, ketika Dia selesai berdoa. Mereka tidak ingin mengganggu-Nya ketika Dia sedang berdoa, sekalipun dengan permohonan yang baik ini. Segala sesuatu itu indah pada waktunya. Salah satu murid-Nya, atas nama yang lain, dan mungkin karena ditunjuk oleh mereka, berkata, Tuhan ajarlah kami. Perhatikanlah, walaupun Kristus suka mengajar, namun untuk hal yang satu ini Dia lebih suka diminta, dan murid-murid-Nya harus mendatangi-Nya untuk memperoleh petunjuk.

    III. Kristus memberi mereka petunjuk yang sangat mirip dengan yang diberikan-Nya sebelumnya dalam Khotbah di Bukit (lih. Mat. 6:9 dst.). Pastilah mereka belum melupakan Khotbah di Bukit itu, namun mereka perlu diberi petunjuk-petunjuk yang lebih jauh dan lebih lengkap lagi. Tetapi, menurut Dia, sekarang belumlah waktunya untuk memberikannya kepada mereka. Ketika Roh dicurahkan ke atas mereka dari tempat tinggi, mereka akan sadar bahwa semua permintaan mereka sudah termuat dalam kata-kata yang sedikit ini, dan mereka akan mampu, dengan kata-kata mereka sendiri, untuk merincikan dan mengembangkannya. Dalam Injil Matius, Dia memerintahkan mereka untuk berdoa demikian, sedangkan di sini, Apabila kamu berdoa, katakanlah. Semua ini mengartikan bahwa doa Bapa kami dimaksudkan untuk digunakan baik sebagai suatu bentuk doa maupun sebagai sebuah petunjuk.
        . Ada beberapa perbedaan antara doa Bapa kami yang terdapat dalam Injil Matius dan yang terdapat dalam Injil Lukas. Dari perbedaan ini tampaklah bahwa bukanlah maksud Kristus bagi kita untuk terikat dengan kata-kata yang sama persis dengan yang ada dalam doa itu, karena andaikata memang demikian pasti tidak akan ada variasi dalam doa kita. Berikut ini ada sebuah contoh perbedaan, tetapi hanya dalam hal terjemahan, yang seharusnya tidak boleh terjadi kalau harus mengikuti bahasa aslinya. Contoh ini ada dalam permohonan ketiga: Di atas bumi seperti di dalam sorga (KJV). Dalam terjemahan Matius, kata-kata yang dipakai sama persis dengan arti bahasa aslinya dan dalam urutan yang sama. Akan tetapi, ada satu perbedaan dalam permohonan keempat. Dalam Injil Matius kita berdoa, "Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya." Tetapi dalam Lukas berbunyi: "Berikanlah kami makanan kami yang secukupnya hari demi hari -- kath’ hÄ”meran" (KJV; dan menurut TB: setiap hari). Hari demi hari, yaitu, "Berilah kami setiap hari makanan yang dibutuhkan tubuh kami, ketika tubuh kami memerlukannya." Bukan "Berilah kami pada hari ini makanan untuk banyak hari mendatang," melainkan, seperti orang Israel yang mendapat manna, "Biarlah kami mendapat makanan hari ini untuk hari ini, dan besok untuk besok." Karena dengan cara demikianlah kita dapat tetap berada dalam kebergantungan terus-menerus kepada Allah, seperti anak-anak kepada orangtuanya, dan bisa memperoleh belas kasihan yang baru dari tangan-Nya setiap hari, dan bisa sadar bahwa kita mempunyai kewajiban-kewajiban yang baru untuk melakukan pekerjaan harian pada hari yang bersangkutan, sesuai dengan kewajiban yang dibutuhkan pada hari tersebut, karena dari Allah kita mendapatkan persediaan harian pada hari yang bersangkutan, sesuai dengan keperluan yang dibutuhkan pada hari itu. Berikut ini juga bisa dilihat perbedaan dalam permohonan kelima. Dalam Injil Matius versi KJV permohonan kelima ini diterjemahkan demikian: Ampunilah kami akan utang-utang kami seperti kami juga mengampuni orang demikian. Dalam kitab Lukas permohonan tersebut berbunyi, "Ampunilah kami akan dosa kami," yang membuktikan bahwa dosa kita merupakan utang. Sebab kami pun mengampuni: tidak berarti bahwa pengampunan kita terhadap mereka yang bersalah kepada kita membuat kita pantas mendapatkan ampunan dari Allah, atau bahwa hal tersebut merupakan dorongan bagi-Nya untuk mengampuni kita (Dia mengampuni demi nama-Nya sendiri dan demi Anak-Nya). Yang dimaksudkan adalah bahwa kesediaan kita untuk mengampuni orang lain merupakan persyaratan agar kita juga diampuni oleh Allah. Jika Allah sudah mengerjakan persyaratan ini dalam diri kita, maka kita dapat memohon karya anugerah-Nya itu untuk memperkuat permohonan kita agar Dia mengampuni dosa-dosa kita: "Tuhan, ampunilah kami, karena Engkau sendiri menghendaki kami mengampuni orang lain." Ada tambahan lain di sini, yaitu bahwa kita memohon bukan hanya secara umum, untuk memaafkan orang-orang yang berutang kepada kita, tetapi juga secara khusus, "Kami mengaku memaafkan setiap orang yang berutang kepada kami, tanpa kecuali. Kami memaafkan orang-orang yang berutang kepada kami bukan untuk memendam kebencian atau permusuhan kepada siapa saja, melainkan untuk memberikan kasih sejati bagi semua, tanpa ada pengecualian apa pun." Selain itu, doksologi pada bagian penutup dan kata Amin dihilangkan, karena Kristus memberi mereka kebebasan untuk menggunakan entah itu doksologi ini atau doksologi lain yang diambil dari mazmur Daud, atau malah Dia sengaja membiarkannya kosong di sini untuk diisi dengan doksologi yang lebih merupakan ciri khas Kekristenan, yaitu yang memberi kemuliaan kepada Bapa, Putra, dan Roh Kudus.

IV. Kristus menggugah dan mendorong kita agar selalu tekun, giat, dan terus-menerus berdoa.
    Ia menunjukkan:
        . Bahwa dengan ketekunan atau kegigihan, kita akan jauh lebih berhasil dalam berurusan dengan sesama (ay. 5-8). Umpamanya ada seseorang, yang karena mempunyai keperluan mendadak, pergi ke rumah tetangganya untuk meminta satu atau dua potong roti, pada waktu yang tidak pantas di malam hari, bukan untuk dirinya sendiri melainkan untuk temannya yang datang kepadanya secara tidak diduga. Tetangganya itu pasti enggan mengizinkannya masuk karena orang itu telah membuat dia terjaga dengan ketukan pintunya, dan membuatnya kesal, dan sekarang orang itu harus memberikan segudang alasan untuk menjelaskan apa yang telah diperbuatnya. Pintunya sudah tertutup dan terkunci, anak-anaknya sedang tidur, di dalam kamar yang sama dengan kamarnya, dan, jika dia membuat suara ribut, maka dia akan membuat mereka terganggu. Para pembantunya sedang tidur, dan dia tidak bisa membuat mereka mendengar ketukan pintu itu. Di lain pihak, dia sendiri pasti akan kedinginan jika harus bangun untuk memberikan apa yang diminta tetangganya itu. Akan tetapi, tetangganya itu tidak mau ditolak, dan oleh sebab itu dia terus saja mengetuk, dan berkata bahwa dia akan terus mengetuk sampai mendapatkan apa yang diinginkannya. Jadi, terpaksalah dia harus memberikan apa yang diminta tetangganya itu, supaya terhindari dari orang itu: namun karena sikapnya yang tidak malu itu, ia akan bangun juga dan memberikan kepadanya apa yang diperlukannya. Dia memberikan perumpamaan ini dengan maksud sama dengan yang diberikan-Nya dalam pasal 18:1: Bahwa orang harus selalu berdoa dengan tidak jemu-jemu. Ini tidak berarti bahwa Allah dapat digerakkan untuk bertindak dengan ketekunan atau kegigihan kita. Kita tidak bisa menganggu Allah, dan dengan bersikap demikian pun kita tidak akan mengubah rencana dan tujuan-Nya. Dengan kegigihan kita bisa berhasil dengan manusia karena mereka tidak senang akan hal itu, tetapi kita bisa berhasil dengan Allah karena Dia senang akan hal tersebut.


V. Dia memberi kita perintah maupun dorongan untuk berdoa dengan mempertimbangkan hubungan kita dengan Allah sebagai seorang Bapa.

    Di sini kita melihat:

        . Sebuah permohonan akan belas kasihan bapa duniawi: "Coba katakan, Bapa manakah di antara kamu, yang tahu apa itu hati seorang bapa, apa itu rasa sayang dan peduli terhadap seorang anak, jika anaknya minta roti untuk sarapan, apakah dia akan memberinya batu untuk dimakan? Jika ia minta ikan untuk makan siangnya (ketika sedang musim ikan), apakah ia akan memberikan ular kepada anaknya itu ganti ikan, yang akan meracuni dan menyengatnya? Atau, jika ia minta telur untuk makan malamnya (sebutir telur dan kemudian tidur), apakah ia akan memberikan kepadanya kalajengking? Kalian tahu betul bahwa kalian tidak bisa bersikap demikian tidak wajar terhadap anak-anak kalian" (ay. 11-12).
        . Penerapan hal ini untuk memohon berkat-berkat dari Bapa sorgawi kita (ay. 13) adalah: "Jadi jika kamu yang jahat memberi, dan tahu bagaimana memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Allah akan memberimu Roh Kudus." Dia akan memberikan hal-hal yang baik; demikian yang tertulis dalam Injil Matius.


BcO Ayub 28:1-28
---------------------
Manusia tidak dapat menemukan hikmat
28:1 "Memang ada tempat orang menambang perak dan tempat orang melimbang emas; 28:2 besi digali dari dalam tanah, dan dari batu dilelehkan tembaga. 28:3 Orang menyudahi kegelapan, dan batu diselidikinya sampai sedalam-dalamnya, di dalam kekelaman dan kelam pekat. 28:4 Orang menggali tambang jauh dari tempat kediaman manusia, mereka dilupakan oleh orang-orang yang berjalan di atas, mereka melayang-layang jauh dari manusia. 28:5 Tanah yang menghasilkan pangan, dibawahnya dibongkar-bangkir seperti oleh api. 28:6 Batunya adalah tempat menemukan lazurit yang mengandung emas urai. 28:7 Jalan ke sana tidak dikenal seekor burung buaspun, dan mata elang tidak melihatnya; 28:8 binatang yang ganas tidak menginjakkan kakinya di sana dan singa tidak melangkah melaluinya. 28:9 Manusia melekatkan tangannya pada batu yang keras, ia membongkar-bangkir gunung-gunung sampai pada akar-akarnya; 28:10 di dalam gunung batu ia menggali terowongan, dan matanya melihat segala sesuatu yang berharga; 28:11 air sungai yang merembes dibendungnya, dan apa yang tersembunyi dibawanya ke tempat terang. 28:12 Tetapi di mana hikmat dapat diperoleh, di mana tempat akal budi? 28:13 Jalan ke sana tidak diketahui manusia, dan tidak didapati di negeri orang hidup. 28:14 Kata samudera raya: Ia tidak terdapat di dalamku, dan kata laut: Ia tidak ada padaku. 28:15 Untuk gantinya tidak dapat diberikan emas murni, dan harganya tidak dapat ditimbang dengan perak. 28:16 Ia tidak dapat dinilai dengan emas Ofir, ataupun dengan permata krisopras yang mahal atau dengan permata lazurit; 28:17 tidak dapat diimbangi oleh emas, atau kaca, ataupun ditukar dengan permata dari emas tua. 28:18 Baik gewang, baik hablur, tidak terhitung lagi; memiliki hikmat adalah lebih baik dari pada mutiara. 28:19 Permata krisolit Etiopia tidak dapat mengimbanginya, ia tidak dapat dinilai dengan emas murni. 28:20 Hikmat itu, dari manakah datangnya, atau akal budi, di manakah tempatnya? 28:21 Ia terlindung dari mata segala yang hidup, bahkan tersembunyi bagi burung di udara. 28:22 Kebinasaan dan maut berkata: Hanya desas-desusnya yang sampai ke telinga kami. 28:23 Allah mengetahui jalan ke sana, Ia juga mengenal tempat kediamannya. 28:24 Karena Ia memandang sampai ke ujung-ujung bumi, dan melihat segala sesuatu yang ada di kolong langit. 28:25 Ketika Ia menetapkan kekuatan angin, dan mengatur banyaknya air, 28:26 ketika Ia membuat ketetapan bagi hujan, dan jalan bagi kilat guruh, 28:27 ketika itulah Ia melihat hikmat, lalu memberitakannya, menetapkannya, bahkan menyelidikinya; 28:28 tetapi kepada manusia Ia berfirman: Sesungguhnya, takut akan Tuhan, itulah hikmat, dan menjauhi kejahatan itulah akal budi."




Daftar Label dari Kategori Renungan Katolik 2022




Nama-Nama Bayi Katolik Terlengkap

Kalender Liturgi Katolik 2024 dan Saran Nyanyian

Kalender Liturgi Katolik September 2024 dan Saran Nyanyian


Orang Kudus Katolik Dirayakan September
Santo Santa 8 September - Pesta kelahiran Santa Perawan Maria

MAZMUR TANGGAPAN & BAIT PENGANTAR INJIL
- PASKAH
- KENAIKAN
- PENTAKOSTA
- BIASA



NEXT:
Renungan Katolik Senin, 25 Juli 2022 - Matius 20:20-28 (Penjelasan) - BcO Kisah Para Rasul 5:12-32 - Gospel, Matthew 20:20-28 -PESTA ST. YAKOBUS, Rasul

PREV:
Renungan Katolik Sabtu, 23 Juli 2022 - Matius 13:24-30 - BcO Ayub 23:1-24:12 - Peringatan fakultatif St. Birgitta





Arsip Renungan Katolik 2022..


Jadwal Misa Gereja Seluruh Indonesia
1. Map/Peta Gereja Katolik di Jakarta
2. Map/Peta Gereja Katolik di Surabaya
3. Map/Peta Gereja Katolik di Makassar
4. Map/Peta Gereja Katolik di Bandung
5. Map/Peta Gereja Katolik di Medan
6. Map/Peta Gereja Katolik di Depok
Agustus - Hati Maria Yang Tidak Bernoda(3)
April - Sakramen Maha Kudus (6)
Bulan Katekese Liturgi(5)
Bulan November - Jiwa-jiwa Kudus di Api penyucian(4)
Bulan Oktober - Bulan Rosario(1)
Bulan Oktober - Bulan Rosario suci(4)
Desember - Bunda Maria yang dikandung tanpa noda(4)
Februari - Keluarga Kudus Yesus Maria Yosep(5)
Ibadah(1)
Januari - Bulan menghormati Nama Yesus(5)
Juli - Darah Mulia(2)
Juni - Hati Kudus Yesus(10)
Maret - Pesta St. Yosep(3)
Mei - Bulan Maria(8)
Penutup Bulan Rosario(1)
Peringatan Arwah(2)
Rabu Abu(1)
SEPTEMBER - TUJUH DUKA MARIA(7)