misa.lagu-gereja.com
 
Senin, 4 Juli 2022
Peringatan fakultatif
St. Elisabet dr Portugal
Hos. 2:13,14b-15,18-19;
Mzm. 145:2-3,4-5,6-7,8-9;
Matius 9:18-26.
BcO Amsal 3:1-20.
Warna Liturgi Hijau
Daily Reading for Monday July 4, 2022
Reading 1, Hosea 2:16, 17-18, 21-22
Responsorial Psalm, Psalms 145:2-3, 4-5, 6-7, 8-9
Gospel, Matthew 9:18-26

Anak kepala rumah ibadat Perempuan yang sakit pendarahan
9:18 Sementara Yesus berbicara demikian kepada mereka, datanglah seorang kepala rumah ibadat, lalu menyembah Dia dan berkata: "Anakku perempuan baru saja meninggal, tetapi datanglah dan letakkanlah tangan-Mu atasnya, maka ia akan hidup." 9:19 Lalu Yesuspun bangunlah dan mengikuti orang itu bersama-sama dengan murid-murid-Nya. 9:20 Pada waktu itu seorang perempuan yang sudah dua belas tahun lamanya menderita pendarahan maju mendekati Yesus dari belakang dan menjamah jumbai jubah-Nya.

Penjelasan:



* Kepala rumah ibadat // Anakku perempuan baru saja meninggal // Maka ia akan hidup

Penyembuhan wanita yang kena sakit pendarahan dan kebangkitan putri kepala rumah ibadat. Kepala rumah ibadat. Salah satu kepala rumah ibadat yang bernama Yairus, mungkin di Kapernaum (Mrk. 5:21, 22). Anakku perempuan baru saja meninggal. Matius meringkas beberapa rincian. Markus dan Lukas mencatat bahwa pada mulanya Yairus melaporkan bahwa putrinya sedang sekarat, dan kemudian diberi tahu oleh anak buahnya bahwa sudah meninggal. Maka ia akan hidup. Sekalipun imannya tidak sebesar iman perwira romawi (8:8), iman tersebut juga luar biasa. Di dalam perjalanan menuju ke rumah Yairus, Yesus dihampiri dari belakang oleh seorang wanita yang sudah dua belas tahun lamanya menderita pendarahan. Secara seremonial penyakit ini dianggap najis (Im. 15:19-30), suatu fakta yang mungkin bisa menjelaskan tindakan wanita itu. Menjamah jumbai jubah-Nya. Mungkin salah satu jumbai yang ada di empat ujung jubah luar-Nya, pakaian yang dipakai orang Israel sesuai dengan Bilangan 15:38 dan Ulangan 22:12. Kembali Matius meringkas kisah ini, tetapi mencatat bahwa Yesus menjelaskan kepada wanita tersebut bahwa iman dan bukan jumbai yang telah membuatnya sembuh. Yesus melanjutkan perjalanan, ke rumah duka. Ketika itu peniup-peniup seruling dan para peratap lainnya sudah berkumpul untuk arak-arakan penguburan zaman dulu (Yer. 9:17; 48:36). Anak ini tidak mati tetapi tidur. Bandingkan dengan pernyataan Yesus yang mirip tentang Lazarus (Yoh. 11:11, 14). Pernyataan ini bukanlah suatu pendapat Yesus yang salah, juga bukan suatu kebenaran bahwa anak itu benar-benar hanya sedang tidak sadar, atau suatu argumen bahwa kematian adalah jiwa yang tertidur. Pernyataan ini diucapkan sehubungan dengan apa yang akan dilakukan oleh-Nya. Tersiarlah kabar tentang hal itu ke seluruh daerah itu, sekalipun Yesus mengingatkan mereka untuk tidak mengumumkan peristiwa tersebut (Mrk. 5:43; Luk. 8:56).


BcO Amsal 3:1-20
-------------------------------
Berkat dari hikmat
3:1 Hai anakku, janganlah engkau melupakan ajaranku, dan biarlah hatimu memelihara perintahku, 3:2 karena panjang umur dan lanjut usia serta sejahtera akan ditambahkannya kepadamu. 3:3 Janganlah kiranya kasih dan setia meninggalkan engkau! Kalungkanlah itu pada lehermu, tuliskanlah itu pada loh hatimu, 3:4 maka engkau akan mendapat kasih dan penghargaan dalam pandangan Allah serta manusia. 3:5 Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. 3:6 Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu. 3:7 Janganlah engkau menganggap dirimu sendiri bijak, takutlah akan TUHAN dan jauhilah kejahatan; 3:8 itulah yang akan menyembuhkan tubuhmu dan menyegarkan tulang-tulangmu. 3:9 Muliakanlah TUHAN dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu, 3:10 maka lumbung-lumbungmu akan diisi penuh sampai melimpah-limpah, dan bejana pemerahanmu akan meluap dengan air buah anggurnya. 3:11 Hai anakku, janganlah engkau menolak didikan TUHAN, dan janganlah engkau bosan akan peringatan-Nya. 3:12 Karena TUHAN memberi ajaran kepada yang dikasihi-Nya, seperti seorang ayah kepada anak yang disayangi. 3:13 Berbahagialah orang yang mendapat hikmat, orang yang memperoleh kepandaian, 3:14 karena keuntungannya melebihi keuntungan perak, dan hasilnya melebihi emas. 3:15 Ia lebih berharga dari pada permata; apapun yang kauinginkan, tidak dapat menyamainya. 3:16 Umur panjang ada di tangan kanannya, di tangan kirinya kekayaan dan kehormatan. 3:17 Jalannya adalah jalan penuh bahagia, segala jalannya sejahtera semata-mata. 3:18 Ia menjadi pohon kehidupan bagi orang yang memegangnya, siapa yang berpegang padanya akan disebut berbahagia. 3:19 Dengan hikmat TUHAN telah meletakkan dasar bumi, dengan pengertian ditetapkan-Nya langit, 3:20 dengan pengetahuan-Nya air samudera raya berpencaran dan awan menitikkan embun.

Penjelasan:


* Ams 3:1 - Ajaranku
Ajaranku. Frasa ini dan "perintahku" (2:1) serta kata-kata serupa tidak harus berarti Hukum Musa. Itu adalah nasihat dari ayah yang juga guru. Meskipun demikian, ajaran itu diberikan sebagai Firman Tuhan. Penulis kitab ini menyiratkan bahwa ia sedang memberikan perintah-perintah ilahi, seperti Paulus dalam I Korintus 14:37. Walaupun Kitab Amsal sering memberikan suatu tujuan praktis, sang penulis menganjurkan untuk melakukan kebenaran demi kebenaran, bukan karena "kejujuran adalah kebijaksanaan terbaik."

* Ams 3:2 - Panjang umur
Panjang umur. Mungkin untuk mengingatkan pada perintah yang kelima beserta janjinya (Kel. 20:12).

* Ams 3:3 - Kalungkanlah itu pada lehermu
Kalungkanlah itu pada lehermu. Frasa serupa tetapi tidak sama persis terdapat dalam Ulangan 6:8. Yang lebih mirip ialah Amsal 7:3: "Tulislah itu pada loh hatimu."

* Ams 3:5 - Dengan segenap hatimu // hati
Dengan segenap hatimu. Ayat berharga ini menunjukkan kontras antara hikmat manusia pada umumnya dengan hikmat ilahi yang merupakan dasar seluruh kitab ini. Dalam bahasa Ibrani, hati secara simbolis tidak terlalu banyak dipakai untuk menggambarkan tempatnya emosi, tetapi lebih sebagai tempatnya akal budi dan kehendak. Dengan kata lain, serahkanlah dirimu yang paling dalam kepada Allah. Jangan berusaha untuk bebas dari (tidak bergantung pada) Dia.

* Ams 3:6 - Meluruskan
Meluruskan. Ayat ini tidak hanya memberikan bimbingan, tetapi lebih banyak menjanjikan kuasa bagi kita untuk bergerak maju.

* Ams 3:9 - Hasil pertama
Hasil pertama. Suatu acuan menarik tentang peraturan Imamat. Pada umumnya, Kitab Amsal tidak membicarakan hukum-hukum Musa (tetapi bdg. ayat-ayat yang disebut pada Tafsiran 15:8), meskipun jelas hukum-hukum ini berlaku pada waktu Kitab Amsal ditulis - bahkan menurut pendapat kritis sekalipun yang menyatakan bahwa baik Kitab Amsal maupun peraturan-peraturan Imamat berasal dari zaman pasca-Pembuangan. Tidak ada sebutan apa-apa dalam Kitab Amsal tentang soal ini sekali lagi menunjukkan bahwa argumen tanpa data apa-apa seringkali keliru.

* Ams 3:10 - Air buah anggur
Air buah anggur. Bahasa Ibrani memiliki dua kata untuk anggur. Yayîn, yang artinya anggur yang difermentasi, dipakai dalam bagian berisi kecaman, yakni Amsal 23:31-35. Tîrôs, dipakai di sini sebagai air anggur segar yang baru diperas, lebih tepat disebut "sari buah anggur." Oleh LXX dua kata tersebut diterjemahkan sebagai oinos, "anggur."

* Ams 3:11 - Janganlah engkau menolak didikan TUHAN
Janganlah engkau menolak didikan TUHAN. Dikutip dari Ayub 5:17, kecuali bahwa dalam Kitab Ayub terdapat nama khas Shaddai (Yang Mahakuasa). Ibrani 12:5,6 mengutip kata per kata dari LXX (Teks Aleksandrianus dan Teks Sinaitikus), sebagaimana biasanya dalam Surat Ibrani. LXX secara tepat menunjukkan teks dalam bahasa Ibrani. (Untuk kutipan-kutipan lain, dalam Kitab Amsal dari Perjanjian Lama, bdg. 30:5).

* Ams 3:14 - Keuntungannya
Keuntungannya. "Laba," atau mungkin "nilai."

* Ams 3:15 - Daripada permata
Daripada permata. Bandingkan Ayub 28:18; Amsal 8:11; 31:10.

* Ams 3:18 - Pohon kehidupan
Pohon kehidupan. Frasa tersebut juga terdapat dalam Kejadian 2:9; 3:22-24; Amsal 11:30; 13:12; 15:4; Wahyu 2:7; 22:2. Kitab Kejadian adalah satu-satunya sumber yang memadai untuk rujukan dalam Kitab Amsal. Karenanya, kita semestinya menyimpulkan bahwa seperti dalam Kitab Wahyu, ayat-ayat dalam Kitab Amsal ini mempunyai kaitan dengan kisah tentang Kejatuhan manusia dalam dosa. Tidak ada bukti untuk "pohon kehidupan suci zaman dulu," seperti pendapat Toy. Wahyu 22:2 juga mempunyai rujukan untuk pohon pemberi kesembuhan yang ada pada tepi sungai di tempat suci (bdg. Yeh. 47:12; Za. 14:8). Pohon-pohon terkenal yang terdapat di dalam taman Allah, Eden, disebut dalam Yehezkiel 31:8-16. Semua rujukan ini menunjukkan pengenalan akan kisah Kejadian.

* Ams 3:19 - Dengan hikmat ... meletakkan dasar bumi
Dengan hikmat ... meletakkan dasar bumi. Bdg. 8:25-31. "Hikmat" dalam Kitab Amsal pada dasarnya adalah satu sifat Allah, dan tidak dapat disamakan dengan dalil-dalil seorang guru yang pintar di dunia ini. Hikmat ini adalah hukum Allah. Dalam Amsal 8 hikmat dipersonifikasikan dan dikatakan bersifat kekal, sebagaimana Allah adalah kekal. Banyak orang melihat suatu bayangan Kristus di sini, yang bisa saja merupakan tafsiran untuk bagian tersebut, tetapi tidak pasti.




Daftar Label dari Kategori Renungan Katolik 2022




Nama-Nama Bayi Katolik Terlengkap

Kalender Liturgi Katolik 2024 dan Saran Nyanyian

Kalender Liturgi Katolik September 2024 dan Saran Nyanyian


Orang Kudus Katolik Dirayakan September
Santo Santa 8 September - Pesta kelahiran Santa Perawan Maria

MAZMUR TANGGAPAN & BAIT PENGANTAR INJIL
- PASKAH
- KENAIKAN
- PENTAKOSTA
- BIASA



NEXT:
Renungan Katolik Selasa, 5 Juli 2022 - Matius 9:32-38 (Penjelasan) - BcO Amsal 8:1-5,12-36 - Peringatan fakultatif St. Antonius Maria Zakkaria

PREV:
Renungan Katolik Minggu, 3 Juli 2022 - Lukas 10:1-12,17-20 (Penjelasan) - BcO Amsal 1:1-7,20-33 - Gospel, Luke 10:1-12, 17-20 - HARI MINGGU BIASA XIV





Arsip Renungan Katolik 2022..


Jadwal Misa Gereja Seluruh Indonesia
1. Map/Peta Gereja Katolik di Jakarta
2. Map/Peta Gereja Katolik di Surabaya
3. Map/Peta Gereja Katolik di Makassar
4. Map/Peta Gereja Katolik di Bandung
5. Map/Peta Gereja Katolik di Medan
6. Map/Peta Gereja Katolik di Depok
Agustus - Hati Maria Yang Tidak Bernoda(3)
April - Sakramen Maha Kudus (6)
Bulan Katekese Liturgi(5)
Bulan November - Jiwa-jiwa Kudus di Api penyucian(4)
Bulan Oktober - Bulan Rosario(1)
Bulan Oktober - Bulan Rosario suci(4)
Desember - Bunda Maria yang dikandung tanpa noda(4)
Februari - Keluarga Kudus Yesus Maria Yosep(5)
Ibadah(1)
Januari - Bulan menghormati Nama Yesus(5)
Juli - Darah Mulia(2)
Juni - Hati Kudus Yesus(10)
Maret - Pesta St. Yosep(3)
Mei - Bulan Maria(8)
Penutup Bulan Rosario(1)
Peringatan Arwah(2)
Rabu Abu(1)
SEPTEMBER - TUJUH DUKA MARIA(7)