misa.lagu-gereja.com
 
Sabtu, 3 Desember 2022
PESTA ST. FRANSISKUS XAVERIUS
1Kor. 9:16-19,22-23; Mzm. 117:1,2;
Markus 16:15-20
BcO Kisah Para Rasul 20:17-36
Warna Liturgi Putih
MT/BPI Edisi Baru: 150, 955 Lama: -

Markus 16:15-20
16:15 Lalu Ia berkata kepada mereka: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. 16:16 Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum. 16:17 Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, 16:18 mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh." 16:19 Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah. 16:20 Merekapun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.

Penjelasan:

* Mrk 16:14-18 - sebelas orang // ketidakpercayaan dan kedegilan // Siapa yang percaya dan dibaptis
Penampakan kepada sebelas orang murid terjadi langsung sesudah dua orang dari Emaus melaporkannya (Luk. 24:36-49: Yoh. 20: 19-25). Lukas dan Yohanes tidak memberikan kesan bahwa Yesus memarahi mereka atas ketidakpercayaan dan kedegilan hati mereka, tetapi bahwa Dia mengetahui betapa sulit bagi mereka untuk percaya. Dan Yesus berusaha menghilangkan kesulitan mereka dengan menawarkan bukti-bukti kebangkitan-Nya. Siapa yang percaya dan dibaptis. Ayat ini telah dipakai oleh sebagian orang untuk mencoba membuktikan bahwa baptisan itu diperlukan untuk memperoleh keselamatan. Pertama-tama, kenyataan bahwa pernyataan ini hanya muncul di dalam bagian penutup yang meragukan dari Injil Markus ini harus merupakan petunjuk bahwa orang harus hati-hati dalam menggunakan ayat ini sebagai ayat untuk membuktikan doktrin. Kemudian, perlu dicatat bahwa di bagian kedua dari ayat ini satu-satunya dasar untuk menghukum adalah ketidaksediaan untuk percaya. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa satu-satunya dasar keselamatan ialah iman. Penafsiran semacam itu sepenuhnya sesuai dengan ajaran Perjanjian Baru secara keseluruhan tentang pokok ini (bdg. Rm. 3:28; Ef. 2:8, 9). Pernyataan tentang pengusiran setan dan berbicara dalam bahasa yang baru (ay. 17) sangat mungkin mengacu kepada berbagai peristiwa di gereja mula-mula sebagaimana yang tercatat di dalam Kitab Kisah Para Rasul. Bahkan kata-kata tentang memegang ular mungkin merupakan petunjuk untuk pengalaman Paulus dalam Kisah Para Rasul 28:1-6. Tidak ada ayat lain dalam Perjanjian Baru yang membahas tentang meminum racun. Meskipun bagian ini sepenuhnya asli, ayat-ayat ini tidak dapat dipakai secara sembarangan sehingga dengan sengaja dan lancang memang ular dan meminum racun seperti yang dilakukan beberapa golongan agama ekstrem.

* Mrk 16:19-20 - sesudah Tuhan Yesus berbicara, // Tuhan meneguhkan Firman itu
Rangkuman terakhir ini berhubungan dengan kenaikan Kristus dan kesinambungan pelayanan oleh para pengikut-Nya. Ungkapan, sesudah Tuhan Yesus berbicara, mungkin menunjukkan bahwa kenaikan Kristus terjadi langsung sesudah menampakkan diri kepada sebelas murid pada sore hari dari hari kebangkitan-Nya (ay. 14-18). Sekalipun demikian, suatu perbandingan dengan Lukas 24:50-53 dan Kisah Para Rasul 1:1-11 menunjukkan bahwa kematian-Nya telah berlalu empat puluh hari. Ayat penutup ini bisa merupakan rangkuman singkat Kitab Kisah Para Rasul. Tuhan meneguhkan Firman itu. Perhatikan kesamaan yang mencolok dengan Ibrani 2:4.


BcO Kisah Para Rasul 20:17-36
Perpisahan Paulus dengan para penatua di Efesus
20:17 Karena itu ia menyuruh seorang dari Miletus ke Efesus dengan pesan supaya para penatua jemaat datang ke Miletus. 20:18 Sesudah mereka datang, berkatalah ia kepada mereka: "Kamu tahu, bagaimana aku hidup di antara kamu sejak hari pertama aku tiba di Asia ini: 20:19 dengan segala rendah hati aku melayani Tuhan. Dalam pelayanan itu aku banyak mencucurkan air mata dan banyak mengalami pencobaan dari pihak orang Yahudi yang mau membunuh aku. 20:20 Sungguhpun demikian aku tidak pernah melalaikan apa yang berguna bagi kamu. Semua kuberitakan dan kuajarkan kepada kamu, baik di muka umum maupun dalam perkumpulan-perkumpulan di rumah kamu; 20:21 aku senantiasa bersaksi kepada orang-orang Yahudi dan orang-orang Yunani, supaya mereka bertobat kepada Allah dan percaya kepada Tuhan kita, Yesus Kristus. 20:22 Tetapi sekarang sebagai tawanan Roh aku pergi ke Yerusalem dan aku tidak tahu apa yang akan terjadi atas diriku di situ 20:23 selain dari pada yang dinyatakan Roh Kudus dari kota ke kota kepadaku, bahwa penjara dan sengsara menunggu aku. 20:24 Tetapi aku tidak menghiraukan nyawaku sedikitpun, asal saja aku dapat mencapai garis akhir dan menyelesaikan pelayanan yang ditugaskan oleh Tuhan Yesus kepadaku untuk memberi kesaksian tentang Injil kasih karunia Allah. 20:25 Dan sekarang aku tahu, bahwa kamu tidak akan melihat mukaku lagi, kamu sekalian yang telah kukunjungi untuk memberitakan Kerajaan Allah. 20:26 Sebab itu pada hari ini aku bersaksi kepadamu, bahwa aku bersih, tidak bersalah terhadap siapapun yang akan binasa. 20:27 Sebab aku tidak lalai memberitakan seluruh maksud Allah kepadamu. 20:28 Karena itu jagalah dirimu dan jagalah seluruh kawanan, karena kamulah yang ditetapkan Roh Kudus menjadi penilik untuk menggembalakan jemaat Allah yang diperoleh-Nya dengan darah Anak-Nya sendiri. 20:29 Aku tahu, bahwa sesudah aku pergi, serigala-serigala yang ganas akan masuk ke tengah-tengah kamu dan tidak akan menyayangkan kawanan itu. 20:30 Bahkan dari antara kamu sendiri akan muncul beberapa orang, yang dengan ajaran palsu mereka berusaha menarik murid-murid dari jalan yang benar dan supaya mengikut mereka. 20:31 Sebab itu berjaga-jagalah dan ingatlah, bahwa aku tiga tahun lamanya, siang malam, dengan tiada berhenti-hentinya menasihati kamu masing-masing dengan mencucurkan air mata. 20:32 Dan sekarang aku menyerahkan kamu kepada Tuhan dan kepada firman kasih karunia-Nya, yang berkuasa membangun kamu dan menganugerahkan kepada kamu bagian yang ditentukan bagi semua orang yang telah dikuduskan-Nya. 20:33 Perak atau emas atau pakaian tidak pernah aku ingini dari siapapun juga. 20:34 Kamu sendiri tahu, bahwa dengan tanganku sendiri aku telah bekerja untuk memenuhi keperluanku dan keperluan kawan-kawan seperjalananku. 20:35 Dalam segala sesuatu telah kuberikan contoh kepada kamu, bahwa dengan bekerja demikian kita harus membantu orang-orang yang lemah dan harus mengingat perkataan Tuhan Yesus, sebab Ia sendiri telah mengatakan: Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima." 20:36 Sesudah mengucapkan kata-kata itu Paulus berlutut dan berdoa bersama-sama dengan mereka semua.

Penjelasan:

* Kis 20:16-17 - pada hari raya Pentakosta, // Efesus
Karena Paulus ingin tiba di Yerusalem pada hari raya Pentakosta, dia naik kapal dari Troas yang berhenti di Miletus tetapi tidak pergi ke Efesus. Paulus tidak ingin berkunjung ke Efesus saat itu sebab dia tidak mempunyai waktu untuk terlibat dalam berbagai persoalan dan kehidupan jemaat yang ada di sana. Namun karena kapal yang dinaikinya berlabuh di Miletus untuk beberapa hari, ada waktu untuk mengirimkan utusan ke Efesus dan meminta para pemimpin gereja di tempat itu datang ke Miletus untuk sebuah kunjungan singkat kepadanya.

* Kis 20:18-35 - para penatua jemaat // penatua // penilik // Penatua // memberi kesaksian tentang Injil kasih karunia Allah // memberitakan Kerajaan Allah // Kerajaan Allah
Khotbah yang disampaikan Paulus kepada para penatua jemaat dari Efesus sangat penting sebab mencerminkan kesederhanaan organisasi gereja mula-mula. Lukas menyebut para pemimpin dari gereja di Efesus itu penatua atau presbyter (ay. 17), sedangkan Paulus menyebut mereka penilik (ay. 28). Istilah ini di dalam bahasa aslinya adalah episcopoi yang kemudian diterjemahkan dengan "penilik jemaat" (Flp. 1:1; I Tim. 3:1, 2; Tit. 1:7). Penatua mempunyai latar belakang Yahudi, sedangkan penilik berlatar belakang Yunani. Jelas bahwa kedua istilah ini mengacu kepada jabatan yang sama. Baru kemudian penilik, atau uskup, menjadi pemimpin yang berbeda dengan penatua. Paulus merangkum pelayanannya di Efesus dengan mengatakan bahwa dia telah memberi kesaksian tentang Injil kasih karunia Allah (ay. 24), memberitakan Kerajaan Allah (ay. 25), yaitu dua ungkapan yang artinya sama dan dapat dipertukartempatkan. Di dalam Kisah Para Rasul biasanya Kerajaan Allah mengacu kepada alam keselamatan pada akhir zaman (14:22). Tetapi di dalam bagian ini, Kerajaan Allah merupakan rangkuman dari seluruh pemberitaan Paulus di Efesus dan mengacu pada berkat-berkat penebusan di dalam Kristus yang dapat dinikmati saat ini.

* Kis 20:22 - sebagai tawanan Roh,
Paulus pergi ke Yerusalem karena dorongan ilahi. Alkitab terjemahan baru LAI mungkin tepat dalam menerjemahkan sebagai tawanan Roh, dan bukan hanya menunjuk pada dorongan hati Paulus.

* Kis 20:23 - tawanan
Roh Kudus telah menunjukkan kepada Paulus, mungkin melalui ucapan para nabi (lih. 21:1-14), bahwa tawanan (istilah yang sering kali mengacu kepada pemenjaraan) dan penyiksaan sedang menantinya.

* Kis 20:28 - jemaat Allah yang diperoleh-Nya dengan darah-Nya sendiri // jemaat Allah
Ayat ini menghadirkan suatu masalah tekstual yang sulit. Terjemahan yang paling wajar dari ayat ini ialah, jemaat Allah yang diperoleh-Nya dengan darah-Nya sendiri. Tetapi, di dalam konteks ini. Allah mengacu kepada Bapa dan tidak pernah Alkitab menyebut tentang darah Allah. Karena itu beberapa naskah kuno menerjemahkannya sebagai jemaat Tuhan. Sekalipun demikian, penerjemahan semacam ini kurang tepat; jemaat Allah tetap merupakan terjemahan yang lebih baik. Bisa saja ayat ini diterjemahkan dengan, yang diperoleh-Nya dengan darah Anak-Nya seperti halnya terjemahan baru LAI (Bruce. Commentary).

* Kis 20:29-30 - serigala-serigala yang ganas
Paulus menubuatkan bahwa kesulitan akan menimpa gereja di Efesus dari dua sisi: serigala-serigala yang ganas akan masuk ke dalam jemaat dari luar, dan guru-guru palsu akan muncul dari antara mereka sendiri untuk membuat para murid meninggalkan kepercayaan mereka. Bertumbuhnya ajaran sesat di Efesus digambarkan di dalam I Timotius 1:3-7.

* Kis 20:33-35
Paulus mengingatkan orang-orang Efesus bahwa kebiasaannya membuat tenda bukan hanya untuk menyokong hidupnya sendiri, tetapi juga untuk menyokong kebutuhan orang-orang yang bersama dengannya. Dia mengutip perkataan Tuhan yang tidak tercatat di dalam Injil, yaitu tentang kebahagiaan orang yang memberi. Jadi sedikit sekali perkataan otentik Kristus yang bisa tetap diingat kalau berada di luar Injil. Tujuan utama dari kebiasaan memberi di dalam gereja mula-mula adalah untuk membantu saudara seiman yang kekurangan dan bukan untuk mendukung pemberitaan Injil seperti sekarang ini.

* Kis 20:36-38 - tidak akan melihat mukanya lagi
Perkiraan para penatua Efesus bahwa mereka tidak akan melihat mukanya lagi tidak usah dipahami sebagai sebuah nubuat yang pasti bahwa Paulus tidak akan berkunjung ke Efesus lagi. Surat-surat penggembalaan menunjukkan bahwa Paulus pernah melayani di sana sesudah dilepaskan dari penjara di Roma. Sekalipun demikian, sebagaimana halnya 20:22, 24, ayat ini memang menunjukkan bahwa kesulitan besar dan bahkan mungkin kematian sedang menanti Paulus.




Daftar Label dari Kategori Renungan Katolik 2022




Nama-Nama Bayi Katolik Terlengkap

Kalender Liturgi Katolik 2024 dan Saran Nyanyian

Kalender Liturgi Katolik September 2024 dan Saran Nyanyian


Orang Kudus Katolik Dirayakan September
Santo Santa 8 September - Pesta kelahiran Santa Perawan Maria

MAZMUR TANGGAPAN & BAIT PENGANTAR INJIL
- PASKAH
- KENAIKAN
- PENTAKOSTA
- BIASA



NEXT:
Renungan Katolik Minggu, 4 Desember 2022 - Matius 3:1-12 (Penjelasan) - BcO Yesaya 14:1-21 (Penjelasan) - HARI MINGGU ADVEN II (Th. A/I)

PREV:
Renungan Katolik Jumat, 2 Desember 2022 - Matius 9:27-31 (Penjelasan) - BcO Yesaya 11:10-16 (Penjelasan) - Hari Biasa Pekan I Adven





Arsip Renungan Katolik 2022..


Jadwal Misa Gereja Seluruh Indonesia
1. Map/Peta Gereja Katolik di Jakarta
2. Map/Peta Gereja Katolik di Surabaya
3. Map/Peta Gereja Katolik di Makassar
4. Map/Peta Gereja Katolik di Bandung
5. Map/Peta Gereja Katolik di Medan
6. Map/Peta Gereja Katolik di Depok
Agustus - Hati Maria Yang Tidak Bernoda(3)
April - Sakramen Maha Kudus (6)
Bulan Katekese Liturgi(5)
Bulan November - Jiwa-jiwa Kudus di Api penyucian(4)
Bulan Oktober - Bulan Rosario(1)
Bulan Oktober - Bulan Rosario suci(4)
Desember - Bunda Maria yang dikandung tanpa noda(4)
Februari - Keluarga Kudus Yesus Maria Yosep(5)
Ibadah(1)
Januari - Bulan menghormati Nama Yesus(5)
Juli - Darah Mulia(2)
Juni - Hati Kudus Yesus(10)
Maret - Pesta St. Yosep(3)
Mei - Bulan Maria(8)
Penutup Bulan Rosario(1)
Peringatan Arwah(2)
Rabu Abu(1)
SEPTEMBER - TUJUH DUKA MARIA(7)